Mutiara Hadits : Anjuran untuk Merasa Puas dan Menjaga Kehormatan

islamic-background19

Dari Abu Hurairah semoga Allah meridhainya, dia berkata:

Rasulallah Shalallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda: “Lihatlah pada orang yang berada di bawah kalian dan jangan lah melihat orang yang berada di atas kalian. (karena) sesungguhnya hal itu lebih membuat kalian tenang, dan tidak merasa kurang dari nikmat yang Allah berikan”. HR Bukhari dan Muslim.

Keterangan :

Maksud sabda beliau adalah merasa Lebih tenang, nyaman dan cukup. Hadits ini menunjukkan atas wajibnya berpegang dengan budi pekerti yang utama dan mulia, karena hal itu termasuk sifat yang dimiliki oleh para ahli iman yang mana apabila ada salah satu di antara mereka di beri nikmat oleh Allah, maka mereka melihat orang yang berada di bawah mereka sehingga mereka bisa bersyukur atas nikmat yang ada pada pibadi masing-masing mereka, dan apabila ada yang tertimpa musibah, maka mereka melihat pada orang yang lebih besar musibahnya sehingga menjadikan mereka bisa bersabar. Allah Ta’ala telah menyebut sifat mereka serta memujinya, karena tidak ada keinginan yang mereka tuju melainkan hanya untuk mendapatkan keridhaan Allah pada setiap waktu dan tempat, mereka begitu menghayati firman Allah Ta’ala:

“Kami telah menentukan antara mereka penghidupan mereka dalam kehidupan dunia, dan Kami telah meninggikan sebahagian mereka atas sebagian yang lain beberapa derajat, agar sebagian mereka dapat mempergunakan sebagian yang lain. dan rahmat Tuhanmu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan”. (QS az-Zukhruf: 32)

Seorang penyair mengatakan:

Barangsiapa ingin mencari kemulian hidup

Dia akan sedih tatkala tidak memperolehnya

Jika engkau mau hidup bahagia, apa adanya

Maka ridhoilah nikmat yang kamu dapat

Ini apabila dalam urusan dunia adapun dalan urusan akhirat maka selayaknya bagi seorang mukmin untuk melihat kepada orang yang berada di atasnya, sehingga dirinya bisa terpacu untuk mengejarnya, hal itu sebagaimana firmannya Allah Ta’ala:

“Berlomba-lombalah kamu kepada (mendapatkan) ampunan dari Tuhanmu“. (QS al-Hadiid: 21).

Oleh : Muhammad bin Ali Al Jamaah

Ayo bagikan sebagai sedekah…

About Auther:

Info Biografi

Beasiswa Sekolah Kedinasan IPDN STAN AKPOL Dll
Hello. Add your message here.