Mutiara Hadits : Budi Pekerti Yang Luhur

islamic-art-15

Dari Abdillah bin ‘Amr bin al-‘Ash semoga Allah meridhai keduanya, dia berkata: “Rasulallah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bukanlah orang yang suka berkata keji tidak pula dalam perbuatannya. Dan adalah beliau bersabda: “Sesungguhnya sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik budi pekertinya” HR. Bukhari dan Muslim.

Keterangan : 

Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam adalah manusia pilihan Allah di antara para hambaNya, oleh karenanya, perbuatan beliau adalah benar, perkataannya jujur, adil di dalam menghukumi, seluruh sifat-sifat beliau berada pada tingkat sempurna dan lurus. Dan cukup bagi kita apa yang telah di sifati padanya, oleh seorang wanita yang jujur, yaitu ‘Aisyah ummul mukminin semoga Allah meridhainya, yang mana beliau pernah berkata: “Bahwasannya akhlak beliau adalah al-Qur’an“.

Dalam sebuah haditsnya Rasulallah Shalallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda: “Orang yang paling dekat dengan mejelisku pada hari kiamat kelak adalah orang yang paling baik akhlaknya“. Dalam sebuah ayatNya Allah Ta’ala berfirman:

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu“. (QS al-Ahzaab: 21).

Dalam ayat yang lain Allah juga berfirman, menganjurkan agar kita mengikuti beliau Shalallahu ‘alaihi wa sallam:

“Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu”.(QS ‘alii Imraan:31).

Di dalam hadits ini menunjukaan atas agungnya budi pekerti yang baik, yaitu berakhlak dengan adab-adab yang ada di dalam al-Qur’an.

Oleh : Muhammad bin Ali Al Jamaah

 

About Auther:

Info Biografi

Beasiswa Sekolah Kedinasan IPDN STAN AKPOL Dll
Hello. Add your message here.