Mutiara Hadits : Generasi Terbaik Umat Ini dan yang Jelek Sesudahnya

Yuk bagikan infonya...

islamic-background18

Diriwayatkan dari sahabat Imran bin Husain semoga Allah meridhainya, dari Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda:

“Sebaik-baik umat adalah generasiku, kemudian setelah mereka, sesudah mereka, kemudian akan datang setelah mereka generasi yang suka memberi persaksian namun tidak layak diminta menjadi saksi, suka berkhianat dan tidak biasa dipercaya, senang berjanji namun tidak mereka penuhi, sampai mereka menjadi gemuk” HR Bukhari dan Muslim

Keterangan :

  • Generasi yang di maksud di sini adalah suatu generasi dari umat manusia. Terkadang di kategorikan dalam masa sebanyak seratus tahun dari sebuah generasi. Dan orang yang ada pada generasi pertama adalah orang-orang yang paling dekat dengan Rasulallah Shalallahu ‘alaihi wa sallam yang selalu menyertai beliau, sehingga dengan begitu mereka sanggup berpegang teguh dengan ajaran-ajaran beliau, oleh karenanya budi pekerti mereka begitu mulia, sifat-sifat yang mereka miliki begitu tinggi, dan perangai mereka begitu santun, Allah Ta’ala menjelaskan hal itu dalam sebuah firmanNya: “Adalah mereka keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka“. (QS al-Fath: 29). Senantiasa mereka berada dalam keadaan yang demikian itu, berpegang teguh di atas metode Nubuwah hingga datang generasi sesudahnya, orang-orang yang meninggalkan shalat, mengikuti hawa nafsu, yang akan melemparkan mereka pada kesesatan, adapun orang yang senang bersaksi namun tidak layak menjadi saksi, yang dhahir bahwasanya mereka telah terlebih dahulu dicap pernah melakukan persaksian yang bathil, dalam persengketaan yang terjadi diantara mereka dan penentangan seperti Jahiliyyah dan mereka tidak peduli dengan hal tersebut. Mereka berani berkhianat atas janji dan tanggungan mereka dalam jual beli dan transaksi. Mereka bernadzar untuk mengerjakan kebaikan namun tidak memenuhinya kecuali sesuai dengan kemauan dan kepongahan mereka.
  • Adapun nampaknya kegemukan di kalangan mereka karena mereka selalu sibuk dengan pertumbuhan badan-badan mereka dan membuatnya gemuk dengan segala macam makanan, mereka tidak lagi peduli dengan keta’an dan menunaikan kewajiban, dan mereka akan di datangkan pada hari kiamat dalam keadaan gemuk, tinggi, besar, banyak makan dan minum, akan tetapi di sisi Allah tidak ada nilainya walaupun hanya satu sayap nyamuk.

Oleh : Muhammad bin Ali Al Jamaah


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Buku Tes Sekolah Kedinasan TNI POLRI CPNS PPPK 2021
Hello. Add your message here.