Mutiara Hadits : Keutamaan Lemah Lembut Dan Cela Bagi Pemarah

islamic-art-9

Dari Abu Hurairah semoga Allah meridhainya, bahwasannya Rasulallah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Bukanlah orang yang kuat, orang yang selalu menang gulat, akan tetapi orang yang kuat adalah orang yang mampu menahan dirinya ketika marah” HR. Bukhari dan Muslim

Keterangan :

  • “Orang yang selalu menang gulat” maksudnya ialah kuat dalam mengalahkan lawannya, dan yang di maksud di dalam hadits ini bukanlah pujian padanya, walaupun ada sisi pujiannya kalau berada pada tempatnya. Akan tetapi yang di maksud adalah dia bisa menguasai jiwanya di saat dia sanggat marah, dan bisa berhias dengan sifat lembut dan pemaaf.
  • Dan hadits ini juga menunjukan atas terpujinya sifat lemah lembut dan tercelanya sifat pemarah, karena hal itu bisa mengantarkan seseorang kepada kebinasaan. Dan dalam sebuah riwayat dikisahkan ada seorang laki-laki yang datang kepada Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam, lalu meminta wasiat. Maka beliau bersabda: “Jangan marah”. Orang tersebut mengulanginya berkali-kali, dan beliau tetap bersabda: “Jangan marah”. HR Bukhari.
  • Sebagaimana juga ada sebuah riwayat yang mengatakan: “Bahwa seorang muslim yang bersikap lemah lembut akan mendapatkan derajatnya seperti orang yang selalu berpuasa di siang hari dan shalat di malam hari“.

Oleh : Muhammad bin Ali Al Jamaah

About Auther:

Info Biografi

Beasiswa Sekolah Kedinasan IPDN STAN AKPOL Dll
Hello. Add your message here.