Mutiara Hadits : Islam Agama Yang Menjaga Hak-hak

Yuk bagikan infonya...

islamic-art-51

Dari Ma’qil bin Yasar RA, ia berkata : saya mendengar Nabi SAW bersabda “Tidaklah seorang hamba yang Allah beri amanat kepemimpinan, namun dia tidak menindaklanjutinya dengan baik, selain tidak akan mendapat bau surga.” (Shahih Bukhari,no. 7150, lafaz darinya dan Shahih Muslim, no. 227-142).

Beberapa faedah hadits ini adalah :

  1. Hadits ini mengancam keras kepada perbuatan curang dan khianat di dalam bersosialisasi antara masyarakat sebagai pejabat atau penanggung jawab, baik dalam urusan negara atau pun urusan semisalnya atau urusan di yayasan atau organisasi atau pun pada urusan keluarga dan individual. Sifat khianat menjadikan orang yang melakukannya tidak masuk surga dan wajib baginya menerima adzab yang pedih di neraka Jahanam.
  2. Hadits ini salah satu hadits peringatan. Hadits peringatan mengindikasikan kepada perjanjian, baik itu peringatan yang dipenuhi atau pun tidak. Karena Allah SWT telah menjadikan sebab yang dapat menahan dari hal tersebut, di antaranya : syafa’at, kebaikan yang dapat menghapus, ampunan Allah SWT atas kehendakNya bagi siapa yang tidak menyukutukanNya.
  3. Islam agama yang penuh amanah kepada orang yang memeluknya dan agama yang menjaga hak-hak baik individu maupun sosial.

Perawi hadits

Ma’qil bin Yasar Al-muzni Al-bashri RA, datang kepada Nabi SAW dari negeri Syam, ia masuk Islam sebelum perdamaian Hudaibiyah, berbai’at kepada Nabi SAW di bawah pohon, yang mana ia mengangkat ranting-ranting pohon dari wajah Nabi SAW dan ia berbai’at di bawahnya. Ia telah meriwayatkan hadits di dalam kitab Sunnah 34 hadits.

Setelah Nabi SAW wafat, Ma’qil bin Yasar mengikuti peperangan kepada orang yang murtad pada masa kekhalifahan Abu Bakar As-Siddiq RA dan ia berperan besar pada pembebasan Kota Paris.

Yang mana Umar bin Khattab RA memeberikan kepadanya urusan di kota Bashrah, lalu ia menggali sungai atas perintah Umar RA, lalu ia tinggal di kota Bashrah dan membangun tempat tinggal di dalamnya sehingga ia wafat pada tahun 65 H, ada yang mengatakan 60 H atau lain dari itu.

Referensi : Dr. Muhammad Murtaza bin Aish, 90 Hadits Pilihan, Riyadh, KSA, 2016

Ayo bagikan sebagai sedekah…

  


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Kinaya Residence Andara 900 Meter Dari Pintu Tol
Hello. Add your message here.