Mutiara Hadits : Islam Memerintahkan Agar Menunjukkan Kecintaan Karena Allah

Yuk bagikan infonya...

allah13

Dari Miqdam bin Ma’di Karib RA, dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Jika seseorang mencintai saudaranya (sesama muslim), maka hendaklah ia memberitahunya bahwa ia mencintainya.”

(Sunan Abu Daud, no. 5124, lafaz darinya, Jami’ Tirmidzi, no. 2391. Imam Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini Hasan Shahih Ghorib. Dishahihkan oleh Albani).

Beberapa faedah hadits ini adalah :

  1. Islam mengajarkan agar mencintai seseorang karena Allah SWT. Yaitu berlemah lembut kepada orang yang ia cintai. Dari ciri-ciri seseorang cinta karena Allah SWT ialah ta’at kepada Allah SWT serta melakukan perintahNya dan menjauhi apa-apa yang dilarangNya karena iangin mendapatkan ridho Allah SWT
  2. Islam menganjurkan agar menunjukkan rasa cinta karena Allah SWT. Jika seseorang mencintai orang yang ia cintai, hendaklah ia memeberitahukan kepadanya kalau ia mencintainya sehingga hatinya merasa luluh dan timbul rasa cinta kepadanya.
  3. Barang siapa yang mencintai seseorang karena urusan dunia, maka tujuan dunia tersebut akan sirna. Hendaklah seseorang itu mencintai orang lain karena Allah SWT, agar ia mendapatkan derajat seperti orang yang mencintai karena Allah SWT sehingga ia tulus mencintainya, sesungguhnya hal itu merupakan salah satu dari golongan orang yang ke tujuh yang dapat naungan Allah SWT pada hari yang mana tidak ada naungan selain naunganNya.

Perawi hadits :

Abu Karimah Miqdam Ma’dikarb bin Amru Alkindi RA, sahabat yang mulia. Ia tinggal di kota Hamash, ia salah satu orang pendatang yang datang kepada Rasullullah RA. Ia mengikuti perang di perang Islam di Syam dan Irak dan syahid pada perang Yarmuk dan Qodisiyah dan dia tidak menyelisihi orang muslim bersama kaum msulimin melawan musuh-musuhnya dan diriwayatkan darinya dalam kitab-kitab sunnah sebanyak 42 hadits. Dia merupakan orang Syam dan di nergeri Syam pula ia wafat pada tahun 87 H yang umurnya 91 tahun.

Referensi : Dr. Muhammad Murtaza bin Aish, 90 Hadits Pilihan, Riyadh, KSA, 2016

Baca juga : 


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Kinaya Residence Andara 900 Meter Dari Pintu Tol
Hello. Add your message here.