Terbaru dari Suzuki, Suzuki Swift 2018 (Juni) : Review, Harga dan Video

Setelah lama ditunggu, akhirnya Swift mendarat di kawasan Asia Tenggara. Sayangnya, bukan di Indonesia, melainkan di Thailand. Yang menarik, karena punya varian bermesin 1,2 liter turbo, Suzuki Swift masuk dalam kategori Eco Car yang pajaknya disubsidi oleh pemerintah. Program Eco Car merupakan inisiatif pemerintah setempat yang mendorong penjualan mobil dengan mesin kecil dan ramah lingkungan. Kalau di kita serupa LCGC, kurang lebih.

suzuki-swift-2018-front-medium-view-684532

Soal Swift baru, penantang kelas supermini (Honda Jazz, Kia Rio, Toyota Yaris, Hyundai i20) ini memang belum dipasarkan di Indonesia, namun berbagai varian sudah lebih dulu meluncur di beberapa negara seperti India, Inggris, dan sebagainya. Nah, selain model bermesin biasa, Suzuki juga memikirkan para pecinta kecepatan. Buktinya, mereka akan segera merilis Swift Sport generasi terbaru. Tenaganya mencapai 150 hp. Sebuah pencapaian tenaga yang cukup bagus untuk sebuah hatchback kecil.

Harga Suzuki Swift 2018

Varian 1.2L AT , Rp214,5 Juta (Perkiraan Harga) : 5 Kursi, 1198 cc, 90 hp

Varian 1.2L MT , Rp222,5 Juta , (Perkiraan Harga) : 5 Kursi, 1198 cc, 90 hp

Tanggal Peluncuran

2018

Warna Swift 2018

Swift 2018 tersedia dalam 8 warna yang berbeda – Silver Metallic, Burning Rad, Burning Rad, Mineral Grey, Super Black Pearl, Pure White, Blue Metallic and Fiery Red

suzuki-swift-2018-front-angle-low-view-875527

Overview

Suzuki Swift mendapat imbuhan kata new atau baru untuk model 2017. Modelnya kini berbagi platform yang sama dengan saudaranya, yakni Suzuki Baleno hatchback. Jika mengacu pada produk yang ada di luar Indonesia, Swift 2017 menggunakan sistem hybrid ringan SHVS seperti pada Suzuki Ertiga diesel. Selain itu, mesinnya lebih kecil, 1.2 liter. Tapi untuk pasar Indonesia tentu berbeda. Ada penyesuaian. Dengan platform Baleno, mesin Swift tentu sama. Jantung mekanis berkode K14, yang berarti kapasitas mesin 1.4L, seperti milik Ertiga dan Baleno.

Sedangkan fitur safety ada dual SRS airbag, rem ABS+EBD, dan kamera parkir mundur. Selain itu, pengatur suhu kabin juga sudah digital otomatis.

suzuki-swift-2018-rear-cross-side-view-839991

Salah satu varian yang menarik adalah hadirnya varian Suzuki Swift Sport 2017. Mobil ini memiliki mesin yang berbeda dan menghasilkan tenaga yang lebih besar. Inilah jawaban SUzuki untuk species mobil hot hatchback yang bertenaga, lincah, serta menyenangkan untuk dikendarai.

Interior & Fitur

Seperti eksterior, interior juga kurang peningkatan desainnya. Dasbor masih terkesan kaku. Untuk Swift generasi sebelumnya, desain seperti itu masih bisa diterima. Namun untuk Swift baru yang lebih modern, seharusnya bisa lebih baik. Untungnya kabin masih terasa cukup lega. Hal itu berkat peningkatan jarak sumbu roda 20 mm dan peningkatan dimensi dibandingkan Swift yang sudah dijual. Desain panel instrumennya sudah lebih baik dengan dua bagian dan di tengahnya MID sarat informasi.

suzuki-swift-2018-dashboard-view-115884

Varian atas Swift sudah lengkap. Ada keyless dengan tombol start/stop mesin, layar sentuh infotainment besar mendukung banyak koneksi, sistem navigasi, MID digital nan informatif, kontrol audio lengkap dari palang kemudi.

Eksterior

Bagian wajah sepertinya yang paling banyak dioperasi oleh Suzuki. Desain grille kentara berubah, nuansanya lebih modern. Ukurannya juga lebih besar. Di pasar luar negeri, menemani grille dan bumper ada lampu depan otomatis dengan teknologi LED

Desain keseluruhannya tak banyak berubah. Memang lekukan tubuh dibuat berbeda. Pilar hitam untuk efek atap floating juga baru. Tapi masih kurang bisa mendongkrak pesona penampilan Swift kalau dibandingkan kompetitor di kelasnya. Untungnya, platform baru serupa Baleno menjadikan Swift lebih ringan dari sebelumnya.

Mesin & Konsumsi BBM

Mesin Swift merupakan mesin keluarga. Selain Baleno dan Ertiga, sedan Suzuki Ciaz juga seharusnya memakai platform sama. Mesin 4-silinder 1.4 liter yang sayangnya masih VVT, kalau meminjam istilah Toyota masih VVT-i, belum dual VVT-i. Tenaga yang dihasilkan 95 PS dan torsi 130 Nm. Transmisinya manual 5-speed dan otomatis konvensional dan CVT. Kalau mau mengejar irit memang lebih pantas memakai CVT.

Sumber : oto.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…

About Auther:

Info Biografi

Jadwal & Harga Paket Umroh Tahun 2020
Hello. Add your message here.