Mutiara Hadits : Keutamaan Memelihara Anak Perempuan

islamic-art-2000

Dari Anas RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda :

“Barang siapa yang memelihara dua anak perempuan, niscaya aku dan dia masuk surga seperti kedua hal ini, (perawi berkata) dan beliau memberi isyarat dengan kedua jari tangan beliau”

(Jami’ Tirmidzi, no. 1914, lafaz darinya dan Shahih Muslim, no. 149-2631. Imam Tirmidzi berkata bahwa hadits ini Hasan Ghorib. Dishahihkan oleh Albani)

Beberapa faedah hadits ini adalah :

  • Hadits ini menunjukkan bahwa terwujudnya anak perempuan merupakan nikmat. Sesungguhnya pendidikan terhadap mereka mudah dan perlakuan baik terhadap mereka dengan niat yang baik merupakan sebab masuk surga.
  • Hadits ini memerintahkan agar memelihara anak-anak perempuan dan mendekatkan diri kepada Allah dengan berinfak kepada mereka dengan perlakuan baik.

Perawi Hadits

Abu Hamzah Anas bin Malik Al-Anshari, pembantu Rasulullah SAW , lahir di Madinah sepuluh tahun sebelum tahun hijrah, masuk Islam ketika masih kecil, kemudian menemani Nabi SAW dan melayaninya selama beberapa tahun sampai Rasulullah SAW wafat. Kemudian pergi ke Damaskus, lalu ke Bashrah. Banyak meriwayatkan hadits, musnadnya mencapai 2286 hadits. Ia meninggal di Bashrah pada tahun 93 H. pada usia 100 tahun lebih.

Referensi : Dr. Muhammad Murtaza bin Aish, 90 Hadits Pilihan, Riyadh, KSA, 2016

Artikel utama : Himpunan 90 Hadits Pilihan

Artikel Pilihan :

Ayo bagikan sebagai sedekah…

About Auther:

Info Biografi

Beasiswa Sekolah Kedinasan IPDN STAN AKPOL Dll
Hello. Add your message here.