Mutiara Hadits : Perintah Untuk Mencari Usaha yang Halal dan Baik

Yuk bagikan infonya...

islamic-art-60

Dari Abu Hurairah RA yang berkata Rasulullah SAW bersabda :

Seorang dari kalian mengikat satu ikatan kayu bakar, lalu ia memikulnya di atas punggungnya, kemudian ia jual adalah lebih baik baginya daripada harus meminta-minta kepada orang, baik orang itu memberi atau menolaknya. (Shahih Muslim, no. 107-1042, lafaz darinya dan Shahih Bukhari, no. 2074)

Beberapa faedah hadits ini adalah :

  1. Islam merupakan agama yang membangun kehidupan yang bahgaia dengan beramal sholeh serta mencari nafkah atau rezki secara halal dan baik. Maka dari itu dilarang untuk meminta-minta, karena di dalamnya terdapat kehinaan dan mengikuti hawa nafsu dan dikarenakan meminta-minta menunjukkan lemahnya semangat, ketamakan, dan kemalasan.
  2. Setiap pekerjaan yang dilakukan dengan cara halal dan baik, maka ia memiliki kemuliaan di dalam Islam. Setiap profesi yang mubah memiliki kemuliaannya jika dilakukan dengan sungguh-sungguh tanpa melalui jalan yang diharamkan.
  3. Islam memerintahkan seorang muslim agar mencari pekerjaan yang halal dan baik demi mendapatkan rizkinya dan rizki untuk keluarganya. Menciptakan cara cara yang diperbolehkan yang bisa menolongnya untuk bertahan hidup dengan kemuliaan dan ketentraman, sedangkan pengangguran , bermalas-malasan dan duduk berpangku tangan merupakan suatu yang buruk dalam Islam.

Perawi hadits

Abu Hurairah adalah Abdurrahman bin Shakhr Al Dausi Al-Yamani perawi hadits di dalam Islam. Diberi panggilan Abu Hurairah, karena ia suka bermain-main dengan seekor kucing. Ia mengembala kambing untuk keluarganya.

Masuk Islam tahun ke 7 H. sewaktu terjadi peristiwa penaklukan perkampungan Yahudi Khaibar. Menyertai Nabi SAW selama empat tahun. Ia menemani kemana pun beliau pergi dan dimanapun beliau singgah.

Ia bersungguh-sungguh dan intens dalam meriwayatkan hadits. Memelihara ilmu ilmu yang sangat banyak dari Nabi SAW. Ia adalah sahabat Nabi yang paling banyak meriwayatkan hadits dari beliau.

Ia meriwayatkan dari Nabi SAW sebanyak 5374 hadits dan termasuk ahli fiqihnya penduduk Madinah. Wafat di Madinah tahun 57 H. dan dimakamkan di perkuburan Baqi’.

Referensi : Dr. Muhammad Murtaza bin Aish, 90 Hadits Pilihan, Riyadh, KSA, 2016

Artikel utama : Himpunan 90 Hadits Pilihan

Artikel Pilihan

Ayo bagikan sebagai sedekah…

 


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Formasi CPNS Lulusan SMA Di 8 Instansi Pemerintah
Hello. Add your message here.