Mutiara Hadits : Ciri-ciri Neraka

fire isolated over black background(moslemzone.com)   

Dari Abdullah RA yang berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Didatangkan neraka di hari itu, dalam keadaan ia memiliki 70.000 tali kekang, setiap tali kekang diseret 70.000 Malaikat.” (Shahih Muslim, No. 29-2842)

Beberapa faedah hadits ini adalah :

  1. Hadits ini menunjukkan besar ukuran neraka yang sangat luas serta menakutkan.
  2. Seseungguhnya Allah SWT telah menciptakan neraka Jahannam tempat orang-orang kafir, pelaku kejahatan, orang yang melakukan maksiat yang menyelisishi agama Islam serta ajarannya. Yang mana Allah SWT mengisinya dengan kemarahan serta kemurkaanNya serta menyediakan berbagai macam siksaan di dalamnya.
  3. Hadits ini mengajak agar berusaha untuk menggapai sebab-sebab masuk surga serta mewaspadai dari segala hal yang dapat memasukkan ke neraka yaitu menjauhi agama Allah serta ajarannya.

Perawi Hadits

Abdullah bin Mas’ud RA adalah salah seorang ahli ilmu dikalangan sahabat yang terkenal. Ia dikenal dengan bacaan Al-Qur’annya dari para sahabat yang lain. Musnadnya mencapai 848 hadits. Telah berperang bersama Rasulullah SAW dalam semua peperangan. Kemudian ikut berperang dalam perang Yarmuk di Syam sepeninggal Rasulullah SAW. Umar RA mengutusnya ke Kufah untuk mengajarkan Ilmu agama. Dan Utsman bin affan RA menjadikannya Amir Kufah, lalu memerintahkannya untuk kembali ke Madinah. Ia meninggal di Madinah tahun 32 H. pada usia 60 tahun lebih, dan dimakamkan di baqi’.

Referensi : Dr. Muhammad Murtaza bin Aish, 90 Hadits Pilihan, Riyadh, KSA, 2016

Artikel utama : Himpunan 90 Hadits Pilihan

Artikel Pilihan

Ayo bagikan sebagai sedekah…

About Auther:

Info Biografi

Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2020
Hello. Add your message here.