Menurut Penelitian, Tinggal dengan Mertua Pasca Menikah Memang Tidak Dianjurkan

Yuk bagikan infonya...

menurut-penelitian-tinggal-dengan-mertua-pasca-menikah-memang-tidak-dianjurkan
Ilustrasi Tinggal Bersama Mertua (sayangianak.com)

Salah satu momok yang paling dihindari seorang istri adalah tinggal dengan mertua. Kebanyakan perempuan sukar kompromi dengan keputusan tinggal bareng mertua karena ada banyak perbedaan, mulai dari pola pikir dan gaya hidup serta kurangnya kebebasan selama harus serumah dengan mertua.

Dan hal ini selalu jadi ketakutan banyak perempuan baik yang hendak maupun sudah menikah. Menariknya, berdasarkan penelitian, tinggal bersama mertua ternyata bisa benar-benar membawa dampak buruk bagi kesehatan. Dilansir dari dailymail.co.uk, para ilmuwan mengatakan bahwa perempuan memiliki kemungkinan tiga kali lebih besar untuk menderita penyakit jantung serius apabila tinggal satu atap dengan ibu mertua.

Hal mendasar yang menyebabkan risiko tersebut adalah stres. Stres tersebut muncul karena tuntutan perempuan menjadi istri, ibu, serta anak sekaligus. Belum lagi bila di rumah tersebut terdapat anggota keluarga lain, peran para perempuan ini pun berlipat ganda. Belum lagi apabila di rumah tersebut terdapat saudara atau anggota keluarga lain, maka perannya akan semakin berlipat ganda.

Belum lagi tekanan psikis yang berkelanjutan Tekanan psikis yang berkelanjutan bisa menyebabkan tekanan darah tinggi bahkan diabetes. Penelitian tersebut dilakukan dengan sampel 91.000 pasangan sehat yang sudah menikah dan tinggal bersama mertua selama minimal 14 tahun. Antara 1990 sampai 2004, sebanyak 671 dari mereka didiagnosis penyakit arteri koroner. Sementara itu, 339 meninggal karena penyakit jantung dan 6.255 meninggal karena penyebab lain.

Bun, punya rumah sendiri bersama pasangan memang lebih dianjurkan untuk yang sudah menikah. Selain bebas mengatur rumah tangga, ia juga akan terhindar dari stres karena peran yang berlipat ganda. Tapi yang perlu digarisbawahi, penelitian ini hanya menjadi gambaran mengenai dampak bahayanya stres terus menerus akibat tinggal dengan mertua. Semua kembali lagi ke pilihan masing-masing, karena buktinya banyak juga yang bisa bahagia tinggal bersama mertuanya.

Oleh : Christina A, Sumber : sayangianak.com

Artikel pilihan : 

Ayo bagikan sebagai sedekah…


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Formasi CPNS Lulusan SMA Di 8 Instansi Pemerintah
Hello. Add your message here.