Nasihat Kesuksesan dari Bill Gates, Warren Buffett, Jeff Bezos, dan Jack Ma

Jeff Bezos, Orang Terkaya di Dunia (2019)
Jeff Bezos, Orang Terkaya di Dunia (2019)

Tahun 2019 segera berakhir dan kini saatnya melihat kembali pencapaian-pencapaian sepanjang tahun ini.

Para miliarder pun memberikan sejumlah nasihat kesuksesan yang diraih sepanjang tahun 2019 ini. Mereka antara lain Bill Gates, Warren Buffett, Jeff Bezos, hingga Jack Ma.

1. Warren Buffett: Investasi pada diri sendiri

Warren Buffett
Warren Buffett

Miliarder dan investor kawakan Warren Buffett mengatakan, investasi terbaik yang dapat Anda lakukan tak ada hubungannya dengan uang.

“Sejauh ini investasi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah (berinvestasi) pada diri Anda sendiri,” ujar Buffett.

Cara terbaik untuk berinvestasi pada diri sendiri, imbuhnya, adalah dengan belajar untuk berkomunikasi dengan lebih baik, baik dalam lisan maupun tulisan. Dengan demikian, nilai diri Anda akan naik 50 persen.

“Jika Anda tidak bisa berkomunikasi dengan seseorang, sama saja seperti mengedipkan mata pada gadis dalam kegelapan. Tidak akan terjadi apa-apa,” seloroh Buffett.

Cara kedua adalah dengan menjaga jasmani dan rohani sedari muda.

“Anda hanya memiliki satu jiwa dan raga di dunia ini. Anda tidak bisa menjaganya lagi ketika menginjak usia 50 tahun. Ketika itu, Anda akan sakit jika tidak melakukan apa-apa. Jadi, investasilah pada diri sendiri,” sebut Buffett.

Menurut Buffett, yang memiliki kekayaan lebih dari 89 miliar dollar AS, menambahkan bahwa ia meyakini kesuksesan yang hakiki dapat dilihat ketika seseorang menginjak usia 60 atau 70 tahun.

2. Jeff Bezos: Ubah pikiran

Jeff Bezos
Jeff Bezos

Bezos mulai membangun perusahaan yang kini menjadi Amazon, dimulai dari menjual buku dari garasi rumahnya di Seattle, AS pada tahun 1994. Kini kekayaan Bezos mencapai lebih dari 111 miliar dollar AS.

Bezos pun menjadi orang terkaya di dunia. Sepanjang kariernya, Bezos mengaku telah belajar pentingnya terbuka dan tak sungkan mengubah pikiran.

“Apa yang saya telah temukan adalah orang yang mengubah pikiran tanpa memperoleh daya baru, mereka memiliki satu set data sejak awal, namun mereka bangun dan menganalisa ulang berbagai hal dan mereka berkesimpulan, dan mereka mengubah pikiran,” ujar Bezos.

Menurut dia, orang yang sukses dalam hidup telah bekerja keras untuk mengenali keyakinan atau bias yang mereka pegang, serta secara aktif mencari bukti yang menyatakan keyakinan mereka salah.

Dengan memiliki pola pikir semacam ini, imbuh Bezos, maka Anda dan bisnis Anda akan lebih kreatif, fleksibel, dan pada akhirnya akan lebih sukses.

3. Bill Gates: Kelilingi diri dengan orang-orang yang tepat

Bill Gates
Bill Gates

Pendiri Microsoft Bill Gates selama bertahun-tahun adalah orang terkaya di dunia. Menurut Gates, ia memiliki cara untuk menahan egonya sejak menjadi miliarder pada usia 31 tahun.

Gates tetap rendah hati dengan melakukan hal-hal normal, seperti mencuci piring setiap usai makan malam dan mengantar anak-anaknya ke sekolah setiap pagi. Ia juga mengelilingi diri dengan orang-orang yang dapat mengendalikan egonya.

Ini termasuk sang istri, Melinda dan Warren Buffett. Ketiga anak Gates pun tetap membuatnya membumi dan tenang.

“Saya harus mengecek Instagram karena putri saya senang berkomunikasi di sana dan saya harus mengecek WhatsApp karena anak saya yang lain senang berkomunikasi dengan itu,” ujar Gates.

Ia mengatakan, jika dirinya tidak berkompromi seperti itu, ia akan disalahkan oleh anak-anaknya karena tidak memperhatikan mereka.

4. Jack Ma: Semua orang bisa sukses jika berusaha keras

Jack Ma
Jack Ma

Pendiri Alibaba dan miliarder Jack Ma menekankan bahwa semua orang bisa sukses seperti dirinya. Lulus kuliah, Ma ditolak kerja 30 kali sebelum akhirnya menjadi guru bahasa Inggris.

Kemudian, pada tahun 1995, ia diperkenalkan pada internet. Muncullah idenya untuk memulai situs belanja online Alibaba, padahal Ma tak punya keahlian internet ataupun uang.

Sekarang, kekayaan Ma mencapai 46 miliar dollar AS.

“Saya rasa semua orang bisa sukses jika berusaha keras,” ujar Ma.

“Saya mendirikan Alibaba Group pada tahun 1999 di apartemen saya. Para pendiri menyatakan, jika Jack Ma dan timnya bisa sukses, maka 80 persen orang di dunia juga bisa sukses. Sebab, kami hampir tidak memiliki apa-apa, kecuali keyakinan pada masa depan,” imbuhnya.

Menurut Ma, ada tiga kunci kesuksesan, yakni berpikir beda, tidak pernah menyerah, dan gunakan keahlian yang dimiliki saat ini.

“Jika semua orang setuju, maka tidak ada kesempatan. Agar sukses, penting untuk berpikir tentang hal-hal yang tidak dipikirkan orang lain,” ujar Ma.

Ia pun pernah 10 kali mendaftar kuliah di Harvard University dan selalu gagal. Ma berpandangan, jangan biarkan penolakan menghentikan Anda.

“Tentu saja Anda tidak senang ketika orang berkata “tidak.” Tidurlah dengan nyenyak, bangun, lalu coba lagi,” tuturnya.

Sumber : Kompas

About Auther:

Info Biografi

Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2020
Hello. Add your message here.