5 Jenis Teh yang Bermanfaat untuk Menurunkan Berat Badan

Yuk bagikan infonya...

Teh daun mint (idntimes.com)
Teh daun mint (idntimes.com) 

Memiliki berat badan ideal merupakan sesuatu hal yang sangat diidam-idamkan oleh banyak orang. Terlebih bagi kamu yang memiliki berat badan berlebih atau bahkan berat badan yang kurang dari kata ideal.

Tak heran, berbagai macam cara dilakukan untuk mendapatkan berat badan ideal. Salah satu cara mendapatkan berat badan ideal dengan mengonsumsi makanan yang sehat, bergizi, dan diimbangi dengan olahraga rutin.

Selain makanan, kamu juga bisa memasukkan beragam jenis teh ke dalam menu diet sehari-hari. Ada beberapa jenis teh yang dapat mmebantu menurunkan berat badan. Minum teh bisa menjadi salah satu alternatif yang dapat kamu coba untuk menurunkan berat badan, sambil mengimbanginya dengan berolahraga dan pengaturan pola makan sehat.

Berikut ini lima jenis teh yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

1. Teh Hijau
Teh hijau (freedigitalphotos/zirconicusso)
Teh hijau (freedigitalphotos/zirconicusso)

Kepopuleran teh hijau sudah tidak perlu dipertanyakan. Hampir banyak orang sudah mengenal teh hijau dengan segudang manfaat baiknya untuk kesehatan. Para peneliti menemukan bahwa ekstrak teh hijau mampu meningkatkan metabolisme tubuh, khususnya jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Penelitian di Cina pun mengungkapkan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi teh hijau akan mengalami penurunan kadar lemak di perutnya. Hasil penelitian tersebut mengatakan bahwa orang yang minum teh hijau selama 90 hari rata-rata lingkar pinggangnya menurun hingga 1,9 cm dan berat badannya menurun sebanyak 1,3 kilogram.

2. Teh Daun Mint
Teh daun mint (idntimes.com)
Teh daun mint (idntimes.com)

Teh daun mint juga bisa kamu jadikan alternatif untuk mendapatkan berat badan ideal. Selain aroma dinginnya yang bikin rileks dan menyegarkan, ternyata jenis teh ini juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Namun, untuk mendapatkan khasiat teh daun mint ini, kamu perlu memerhatikan cara penyajiannya. Pastikan tidak menambahkan gula ke dalamnya karena gula tambahan mengandung kalori tinggi yang menjadi penghambat program diet.

3. Teh Oolong
Teh oolong (liputan6.com)
Teh oolong (liputan6.com)

Beberapa peneliti mempercayai bahwa teh oolong memiliki kemampuan yang lebih kuat untuk menurunkan berat badan dibandingkan teh hijau. Teh oolong mampu menghasilkan efeh thermogenesis, yaitu efek panas yang dapat membakar kalori lebih banyak dan menekan pembentukan lemak baru di dalam tubuh.

Secangkir teh oolong dianggap efektif bisa membantu menurunkan berat badan. Teh oolong adalah minuman tradisional Tiongkok yang berasal dari tanaman Camellia sinensis. Teh ini mengandung beberapa vitamin, mineral, dan antioksidan seperti theaflavin, thearubigins, dan epigallocatechin gallet (EGCG).

Menurut beberapa penelitian, minuman ini memiliki unsur untuk menurunkan lemak dan melawan obesitas dengan meningkatkan metabolisme, meningkatkan mobilisasi lemak, dan mencegah proliferasi sel lemak.

4. Teh Hitam
Teh hitam (alodokter.com)
Teh hitam (alodokter.com)

Teh hitam merupakan jenis teh hijau yang telah melalui proses fermentasi, sehingga warnanya menjadi lebih pekat dan kehitaman. Mengonsumsi teh ini secara teratur setiap hari akan menunjang penurunan berat badan dengan lebih cepat.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa seseorang yang minum teh hitam secara rutin akan mengalami kenaikan berat badan lebih lambat dibanding yang tidak mengonsumsinya.

5. Teh Rooibos
Teh rooibos (liputan6.com)
Teh rooibos (liputan6.com)

Teh rooibos juga dapat membantu kamu dalam proses menurunkan berat badan. Rooibos merupakan sejenis tanaman herbal dari Afrika yang diyakini dapat membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh. Banyak orang yang menyeduh teh rooibos ketika sedang menjalankan program diet.

Oleh : Nisa Mutia Sari (Liputan6)

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

BUKU TES TNI POLRI AKMIL AKPOL 2024
Hello. Add your message here.