Rahasia Bill Gates untuk menjaga pikirannya tetap tajam dan bekerja maksimal

Yuk bagikan infonya...

Bill Gates / Google
Bill Gates / Goalcast.com

Pendiri Microsoft dan salah satu orang terkaya dunia Bill Gates mengatakan setiap orang butuh menjaga pikirannya tetap tajam agar bisa bekerja maksimal. Gates mengatakan agar hal itu dapat dicapai, maka setiap orang harus meluangkan waktunya untuk bisa tidur minimal tujuh jam setiap malam.

Gates mengatakan, hal ini ia ketahui setelah membaca salah satu buku favoritnya yang berjudul Why We Sleep yang ditulis Matthew Walker, seorang ahli tidur dan Direktur Pusat Ilmu Tidur Manusia dari University of California Berkeley. Gates mengatakan setelah membaca buku Why We Sleep karangan Walker, membuat Gates berpikir ulang tentang praktik tidurnya sendiri.

Sebelumnya, Gates berpandangan bahwa banyak tidur merupakan sikap orang malam. Cara berpikir seperti itu sudah ada di benak Gates sejak ia mendirikan dan membesarkan Microsoft.

“Walker mengajari saya banyak tentang kegiatan dasar ini yang dibutuhkan setiap orang di Bumi,” tulis Gates di blog-nya seperti dilansir CNBC.

Gates mengatakan, dulua ia berpikir sangat berbeda tentang tidur. Selama hari-hari pertamanya di Microsoft, Gates bekerja hingga larut malam untuk menyelesaikan proyek atau mengejar tenggat waktu.

“Kami sangat hardcore tentang hei, jika Anda mengerjakan sepotong kode, maka selesaikan saja, jangan khawatir tentang tidur,” kata Gates dalam film dokumenter Netflix “Di dalam Otak Bill.” Gates berusia 20-an ketika ia mendirikan Microsoft dengan teman dan teman sekelasnya, Paul Allen.

Namun Gates mengaku, dampak kurang tidur sangat terasa. Gates mengaku mudah mengantuk, ia tidak mampu berkonsentrasi pada pekerjaannya, ia mudah merasa lelah dan Gates kerap juga mengambil keputusan yang buruk.

“Saya tahu saya tidak setajam ketika saya bekerja dengan sebagian besar didukung kafein dan adrenalin, tetapi saya terobsesi dengan pekerjaan saya, dan saya merasa bahwa banyak tidur malas,” tulis Gates di blog-nya.

Sekarang, pada usia 64, Gates perlu tidur tujuh jam penuh untuk merasa kreatif dan bahagia pada hari berikutnya, katanya.

Gates menulis bahwa orang hampir pasti membutuhkan tujuh hingga delapan jam semalam, “bahkan jika Anda meyakinkan diri sendiri sebaliknya.”

Dan tidur jauh dari malas; tubuh Anda membutuhkannya untuk berfungsi. “Tidur melayani semua aspek tubuh kita dalam satu atau lain cara: molekul, keseimbangan energi, serta fungsi intelektual, kewaspadaan dan suasana hati,” Merrill Mitler, seorang ahli tidur dan ahli saraf mengatakan kepada National Institute of Health.

Seperti yang dikatakan Gates di blognya, “tidur sangat meningkatkan kebugaran evolusi kita – hanya dengan cara yang tidak bisa kita lihat.”

Jika Anda mendapati bahwa ambisi Anda juga menghalangi mata tertutup Anda, atau jika Anda hanya bagian dari 30% orang dewasa yang menderita insomnia, Gates memberikan beberapa tips dari buku yang membantunya menjadi tidur yang lebih baik.

Sebagai permulaan, Gates merekomendasikan menyingkirkan bola lampu LED di kamar Anda. Mereka memancarkan lebih banyak cahaya biru daripada lampu tradisional, yang dapat mempengaruhi siklus tidur-bangun Anda.

Suhu adalah aspek kunci lain dari lingkungan tidur Anda, karena suhu tubuh Anda berkurang untuk memulai tidur. Gates mencatat bahwa 65 derajat tampaknya menjadi sweet spot, dan penelitian menegaskan bahwa ini benar.

Minum alkohol untuk tertidur bukanlah kebiasaan yang baik, tulis Gates. Minuman keras telah terbukti mengurangi tidur nyenyak, menurut Mayo Clinic.

Akhirnya, Gates menyarankan untuk mengambil tidur siang singkat sebelum jam 3 sore. Namun, tidur terlalu lama di siang hari akan membuat lebih sulit untuk tertidur di malam hari, menurut Mayo Clinic.

“Ini kemungkinan akan meningkatkan kreativitas dan kesehatan koroner Anda serta memperpanjang hidup Anda,” kata Gates.

Sumber : Kontan.co.id


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

BUKU TES TNI POLRI AKMIL AKPOL 2024
Hello. Add your message here.