5 Ayat Al Qur’an yang Bisa Jadi Penawar Kala Patah Hati

Yuk bagikan infonya...

Ilustrasi/google
Ilustrasi/google

Patah hati merupakan bagian dari perjalanan hidup manusia. Pada satu titik, patah hati akan terasa berat sekali untuk dilalui. Berikut ini ialah ayat-ayat Al Qur’an sebagai pelipur lara akibat patah hati.

1. QS Al-Insyirah: 6

“Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan” QS Al-Insyirah: 6 (tafsir)

Ayat ini merefleksikan apa yang kita miliki dan melupakan apa yang telah hilang. Ayat ini membuat kita berpikir positif meski sesuatu berjalan salah. Ketika kita kehilangan satu hal, kita memperoleh hal lainnya.

2. QS Ar-Ra’ad: 28

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram” QS Ar-Ra’ad: 28 (tafsir)

Ayat ini membuat kita mengingat bahwa jika memberi hati sepenuhnya pada Allah maka hati merasa tenang. Kita harus membuat momen yang berat mengarahkan lebih dekat pada Allah ketimbang menjauh. Seseorang bisa menyalahkan takdir, padahal hanya Allah yang benar-benar memahami manusia.

3. QS Al-Baqarah: 216

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui” QS Al-Baqarah: 216 (tafsir)

Ayat ini mengingatkan pada pil obat pahit yang mesti ditelan karena kebutuhan untuk sembuh. Kadang kita lupa jika membenci sesuatu yang terjadi, padahal itu baik untuk kita. Misalnya ketika ditinggalkan kekasih, rasanya sungguh sakit. Tapi Allah ingin melindungi kita dari dosa.

4. QS Al-Baqarah: 186

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku” QS Al-Baqarah: 186 (tafsir)

Kita harus percaya Allah selalu mendengarkan umatnya kapan saja. Sangat menenangkan ketika tahu Allah selalu mendengar doa dan mengabulkannya dengan caranya sendiri.

5. QS Ar-Raa’d: 24

“Selamat sejahtera atasmu karena kesabaranmu. Maka alangkah nikmatnya tempat kesudahan itu” QS Ar-Raa’d: 24 (tafsir

Kata-kata ini menenangkan seberapa besar pun rasa sakit yang kita lalui. Ayat ini mengingatkan seberapa sakitnya sakit hati, itu tak akan berlangsung selamanya. Selalu ada cahaya harapan di ujung penderitaan.

Sumber : Patheos

Yuk bagikan sebagai sedekah…

Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Program Warisan Rp 1 Miliar Selengkapnya...
Hello. Add your message here.