Kumpulan Kata-kata Bijak Bung Hatta yang Penuh Makna dan Inspiratif

Yuk bagikan infonya...

Bung Hatta/Merdeka.com
Mohammad Hatta/Merdeka.com

“Indonesia merdeka bukan tujuan akhir kita. Indonesia merdeka hanya syarat untuk bisa mencapai kebahagiaan dan kemakmuran rakyat” – Mohammad Hatta 

Mohammad Hatta atau biasa dikenal Bung Hatta merupakan proklamator bangsa Indonesia. Hatta adalah salah satu putra terbaik bangsa yang telah membawa bangsa Indonesia merdeka. Tidak hanya itu, Bung Hatta juga dikenal sebagai seorang ilmuwan yang sangat sederhana dan bijaksana.

Bapak proklamator ini lahir di Bukit Tinggi pada 12 Agustus 1902, merupakan keturunan ulama besar dari kakeknya yang bernama Syaik Abdurrahman. Tidak heran apabila sejak kecil Bung Hatta sudah diajarkan ilmu agama dan terdidik sebagai sosok yang dikenal disiplin.

Kemudian pada 17 Agustus 1945, Hatta bersama Soekarno resmi memproklamasikan kemerdekaan Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur, Jakarta. Setelah itu Bung Hatta resmi dipilih untuk pertama kali, menjadi Wakil Presiden RI mendampingi Soekarno.

Meskipun telah tiada, akan tetapi jasa, pemikiran, pengorbanan, semangat dan perjuangan Bung Hatta terus dijadikan inspirasi oleh putra-putri Indonesia. Berikut ini kata-kata bijak Bung Hatta yang inspiratif dan penuh makna.

Kata-kata Bijak Bung Hatta Tentang Perjuangan

Bung Hatta juga dikenal sebagai ilmuwan yang gemar akan membaca. Kecintaan terhadap buku telah melahirkan gagasan serta pemikiran yang luar biasa tentang kebangsaan. Berikut ini beberapa kata bijak Bung Hatta yang penuh semangat.

1. Perjuanganku melawan penjajah lebih mudah, tidak seperti kalian nanti. Perjuangan kalian akan lebih berat karena melawan bangsa sendiri.

2. Pemimpin sejati adalah pemimpin yang sanggup menyediakan penggantinya.

3. Maka dengan tercapainya penyerahan kedaulatan, perjuangan belum selesai.

4. Kematian adalah yang terakhir dalam waktu tetapi sekaligus yang awal dari kekalahan.

5. Memang benar pepatah Jerman: ‘Der Mensch ist, war es iszt’, artinya: ‘sikap manusia sepadan dengan caranya ia mendapat makan’.

6. Untuk mencapai cita-cita yang tinggi, manusia (pahlawan) melepaskan nyawanya pada tiang gantungan, mati dalam pembuangan, tetapi senantiasa menyimpan dalam hatinya luka wajah tanah air yang duka.

7. Membaca tanpa merenungkan adalah bagaikan makan tanpa dicerna.

8. Selama dengan buku, kalian boleh memenjarakanku dimana saja, karena dengan buku, aku merasa bebas.

9. Malahan kita berada pada permulaan perjuangan yang jauh lebih berat dan lebih mulia, yaitu perjuangan untuk mencapai kemerdekaan daripada segala macam penindasan.

10. Filosofi meluaskan pandangan serta mempertajam pikiran, sekaligus berguna untuk menerangkan pikiran dan penetapan hati.

Kata-kata Bijak Bung Hatta Tentang Kebangsaan

11. Betul, banyak orang yang bertukar haluan karena penghidupan, istimewa dalam tanah jajahan dimana semangat terlalu tertindas, tetapi pemimpin yang suci senantiasa terjauh daripada godaan iblis itu.

12. Biarlah pengalaman masa lalu kita menjadi tonggak petunjuk, dan bukan tonggak yang membelenggu kita.

13. Aku rela dipenjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.

14. Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-citanya.

15. Koperasi juga bisa mendidik toleransi dan rasa tanggung-jawab bersama. Dengan demikian, koperasi bisa mendidik dan memperkuat demokrasi sebagai cita-cita bangsa.

16. Hari siang bukan karena ayam berkokok, akan tetapi ayam berkokok karena hari mulai siang. Begitu juga dengan pergerakan rakyat. Pergerakan rakyat timbul bukan karena pemimpin bersuara, tetapi pemimpin bersuara karena ada pergerakan.

17. Kita dapat mengukur keberadaan kita terhadap Allah dengan kepekaan kita terhadap penderitaan dan kesusahan orang lain.

18. Indonesia merdeka bukan tujuan akhir kita. Indonesia merdeka hanya syarat untuk bisa mencapai kebahagiaan dan kemakmuran rakyat.

19. Berpuluh-puluh pemimpin kita yang meringkuk dalam bui sengsara dalam pembuangan di Boven Digul, dengan tiada mempunyai pengharapan akan kembali lagi. Berapakah diantara saudara-saudara yang masih kenal akan nama-nama mereka?

20. Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar, kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur sulit diperbaiki.

Kata-kata Bijak Bung Hatta yang Inspiratif

21. Untuk mencapai cita-cita yang tinggi, manusia (pahlawan) melepaskan nyawanya pada tiang gantungan, mati dalam pembuangan, tetapi senantiasa menyimpan dalam hatinya luka wajah tanah air yang duka.

22. Keberanian bukan berarti tidak takut, keberanian berarti menaklukkan ketakutan.

23. Menegakkan kedaulatan rakyat adalah ‘mendidik rakyat’ supaya tahu berpikir, supaya tidak lagi membebek di belakang pemimpin-pemimpin. Supaya keinsafan rakyat akan hak dan harga diri bertambah kuat dan pengetahuannya tentang hal politik, hukum dan pemerintahan bertambah luas.

24. Tak ada harta pusaka yang sama berharganya dengan kejujuran.

25. Masa depan orang Islam secerah janji-janji Allah.

26. Hamba-hamba Allah penghuni surgawi, harus menggunakan bahasa yang halus dan sopan.

27. Hari siang bukan karena ayam berkokok, akan tetapi ayam berkokok karena hari mulai siang. Begitu juga dengan pergerakan rakyat. Pergerakan rakyat timbul bukan karena pemimpin bersuara, tetapi pemimpin bersuara karena ada pergerakan.

28. Kematian adalah yang terakhir dalam waktu tetapi sekaligus yang awal dari kekalahan.

29. Tak ada harta pusaka yang sama berharganya dengan kejujuran.

30. Perjuanganku melawan penjajah lebih mudah, tidak seperti kalian nanti. Perjuangan kalian akan lebih berat karena melawan bangsa sendiri.

31. Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita.

32. Maka dengan tercapainya penyerahan kedaulatan, perjuangan belum selesai.

33. Filosofi meluaskan pandangan serta mempertajam pikiran, sekaligus berguna untuk menerangkan pikiran dan penetapan hati.

34. Malahan kita berada pada permulaan perjuangan yang jauh lebih berat dan lebih mulia, yaitu perjuangan untuk mencapai kemerdekaan daripada segala macam penindasan.

35. Indonesia merdeka bukan tujuan akhir kita. Indonesia merdeka hanya syarat untuk bisa mencapai kebahagiaan dan kemakmuran rakyat.

Sumber : Merdeka.com

Yuk Bagikan inspirasinya…


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

BUKU TES TNI POLRI AKMIL AKPOL 2024
Hello. Add your message here.