Politeknik Transportasi Darat (Bali)

Info Pendaftaran Sekolah Kedinasan
Info Pendaftaran Sekolah Kedinasan

Politeknik Transportasi Darat Bali (POLTRADA Bali) dulunya dikenal dengan sebutan Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BPPTD) Bali yang berdiri sejak tahun 2002 berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor Km 73 tahun 2002 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat. Dibangun diatas tanah seluas 16.130 m2  dan berlokasi di Jalan Batuyang no. 109x Batubulan Kangin, Gianyar Bali.

Pada saat awal berdiri BPPTD Bali dipimpin oleh Kepala Balai (Eselon III/b) dan dibantu oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Kepala Seksi Penyelenggara beserta staf

Seiring dengan perkembangan jumlah peserta diklat dan tambahan tupoksi dari STTD untuk mendidik Taruna/i Diploma II Pengujian Kendaraan Bermotor berdasarkan Keputusan Ketua Sekolah Tinggi Transportasi Darat, Nomer: SK. 23/X/KP.007/STTD 2006  tentang penyelenggaraan program studi Diploma II Pengujian Kendaraan Bermotor di BPPTD Bali, BPPTD Bali memperbaharui  Organisasi dan Tata Kerjanya.

Pada tanggal 7 Oktober  tahun 2008 diterbitkanlah Peraturan Menteri Nomor 50  tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat Bali yang baru. Sesuai dengan Ortaker yang baru, Kepala Balai (Eselon III/a) dibantu oleh 3 (tiga) Eselon  IV yaitu : Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Kepala Seksi Ketarunaan dan  Kerjasama, Kepala Seksi Penyelenggara dan 6 (enam) eselon V yaitu: Kepala Urusan Umum dan Keprotokolan, Kepala Urusan Keuangan dan Rumah Tangga, Kepala Sub Seksi Ketarunaan , Kepala Sub Seksi Kerjasama, Kepala Sub Seksi Akademik, Kepala Sub Seksi  Sarana dan Prasarana Diklat.

Mengikuti arahan dari Menteri Perhubungan bahwa BPPTD Bali harus menyelenggarakan organisasi dengan bentuk Badan Layanan Usaha (BLU), BPPTD Bali kembali memperbaharui  Organisasi dan Tata Kerjanya. Pada tanggal 26 September 2017 diterbitkanlah Peraturan Menteri Nomor  88  tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat Bali sebagai organisasi BLU. Terdapat perubahan nomenklatur, dimana Kepala Sub Bagian Tata Usaha berubah menjadi Kepala Sub Bagian Keuangan dan Umum.

Pada tahun 2019 dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia, dengan Nomor PM 30 tahun 2019 pada tanggal 10 Mei 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Transportasi Darat Bali. maka Balai Pendidikan dan Pelatihan Transpormasi Darat Bali berubah nomenklatur menjadi Politeknik Transportasi Darat Bali (POLTRADA Bali).

Diharapkan POLTRADA Bali dapat semakin mengembangkan organisasinya dan lebih bermanfaat untuk insan Perhubungan dan masyarakat umum , sesuai visi dan misi POLTRADA Bali  pada khususnya dan Kementerian Perhubungan pada umumnya.

Program Studi

1. Manajemen Transportasi Jalan (Diploma III)

Program Studi D-III MTJ merupakan program studi ke-1 (Pertama) di Indonesia dengan baku Nomenklatur “Manajemen Transportasi Jalan” jenjang diploma tiga, dimana memiliki keunggulan sebagai berikut:

– Kurikulum Diploma III Manajemen Transportasi Jalan telah terintegrasi dengan system sertifikasi kompetensi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat di Bidang ANDALALIN (Analisis Dampak Lalu Lintas), Terminal, dan Survey Lalu Lintas sehingga ketika lulus nanti langsung mendapatkan lebih dari 2 SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) secara otomatis.

– Taruna didesain untuk menjadi lulusan yang profesional dan tanggap terhadap kebutuhan masyarakat akan pelayanan jasa yang tertib, teratur, tepat waktu, bersih dan nyaman serta terampil dalam berperilaku gesit, ramah, sopan serta lugas sebagaimana semboyan Lima Citra Manusia Perhubungan.

Disamping itu Prodi D.III Manajemen Transportasi Jalan juga memiliki capaian pembelajaran yang menjadi keunggulan sebagai berikut:

– Mampu merencanakan, menerapkan, melakukan assessment transportasi yang terukur dengan standar prosedural yang baik.

– Mampu memecahkan permasalahan transportasi jalan melalui pendekatan ilmiah serta merencanakan dan mengembangkan metode melalui pendekatan berorientasi nilai-nilai profesional, logis komprehensif, kreatif dan inovatif.

– Mampu menguasai materi rekayasa lalu lintas dan transportasi darat secara kreatif, inovatif, dan kontekstual yang mendukung tugas profesionalnya sebagai perekayasa lalu lintas baik pada tingkat nasional maupun internasional.

– Mampu mengembangkan dan mengimplementasikan bidang kewirausahaan berbasis transportasi darat.

– Mampu menganalisa dan mengelola interaksi transportasi dengan tata guna lahan.

2. Teknologi Mekanika Otomotif (Diploma IV)

Program Studi D-III TMO merupakan program studi ke-1 (Pertama) di Indonesia dengan baku Nomenklatur “Teknologi Mekanika Otomotif” dan atau program studi ke -3 (ketiga) di Indonesia yang memiliki kekhususan di bidang ‘Pengujian Kendaraan Bermotor’ setelah Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) dan STTD Bekasi dengan baku nomenklatur “Pengujian Kendaraan Bermotor”, dengan keunggulan sebagai berikut :

– Kurikulum Diploma III Teknologi Mekanika Otomotif telah terintegrasi dengan system sertifikasi kompetensi pengujian kendaraan bermotor yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat selaku regulator dan penerbit tunggal kompetensi pengujian kendaraan bermotor.

– Taruna didesain untuk menjadi lulusan yang profesional dan tanggap terhadap kebutuhan masyarakat akan pelayanan jasa yang tertib, teratur, tepat waktu, bersih dan nyaman serta terampil dalam berperilaku gesit, ramah, sopan serta lugas sebagaimana semboyan Lima Citra Manusia Perhubungan.

– Program studi Teknologi Mekanika Otomotif Poltrada Bali menerapkan sistem pendidikan semi militer yang diasramakan selama masa pendidikan.

Disamping itu Prodi D.III Manajemen Transportasi Jalan juga memiliki capaian pembelajaran yang menjadi keunggulan sebagai berikut :

– Mampu mengembangkan dan mengimplementasikan bidang kewirausahaan berbasis Mesin Otomotif.

– Mampu menginovasi teknologi otomotif yang mengarah pada peningkatan efisiensi (material, energi, dan biaya).

– Mampu memeriksa dan menguji komponen-komponen atau bagian-bagian dari mobil penumpang umum dalam rangka memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

– Mampu memeriksa dan menguji komponen-komponen atau bagian-bagian dari mobil barang tunggal selain mobil tangki dalam rangka memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

– Mampu memeriksa dan menguji komponen-komponen atau bagian-bagian dari mobil bus tunggal lantai tunggal dalam rangka memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

– Mampu memeriksa dan menguji komponen-komponen atau bagian-bagian dari rangkaian mobil barang selain rangkaian mobil tangki dalam rangka memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

3. Manajemen Logistik (Diploma III)

Program Studi D-III ML merupakan program studi ke-1 (Pertama) di Indonesia yang menggunakan sistem boarding school (asrama) dengan keunggulan sebagai berikut :

– Kurikulum Diploma III Manajemen Transportasi Logistik telah terintegrasi dengan system sertifikasi kompetensi di bidang logistik, yang bekerjasama dengan LSP Insan Prima ALFI Institute.

– Taruna didesain untuk menjadi lulusan yang profesional dan tanggap terhadap kebutuhan masyarakat akan pelayanan jasa yang tertib, teratur, tepat waktu, bersih dan nyaman serta terampil dalam berperilaku gesit, ramah, sopan serta lugas sebagaimana semboyan Lima Citra Manusia Perhubungan.

Program studi Manajemen Transportasi Logistik Poltrada Bali menerapkan sistem pendidikan semi militer yang diasramakan selama masa pendidikan yang memiliki capaian pembelajaran yang menjadi keunggulan sebagai berikut :

– Mampu merencanakan dan menghitung biaya operasi kendaraan untuk menekan biaya produksi (efisiensi), menentukan rute perjalanan angkutan untuk meningkatkan keselamatan transportasi, kebutuhan armada angkutan dan manajemen pengelolaan terminal angkutan barang.

– Mampu menganalisis resiko penyebab terjadinya kecelakaan untuk meningkatkan keselamatan bagi awak angkutan serta lingkungan sekitar.

– Mampu memahami, mengidentifikasi, dan cara pengemasan berbagai jenis barang beracun dan berbahaya beserta cara penanganannya bila terjadi kecelakaan.

– Mampu menerapkan dan mengelola penyimpanan barang (manajemen pergudangan) yang berpatokan pada prinsip FIFO dan FEFO.

Politeknik Transportasi Darat

Jl. Batuyang 109x Batubulan, Sukawati, Gianyar – Bali
Phone : (0361) 298 734
Email : kontak@poltradabali.ac.id
Website : https://www.poltradabali.ac.id/

Paling Dicari : daftar beasiswa kuliah gratis, info pendaftaran sekolah kedinasandaftar sbmptn onlinependaftaran kuliah yang masih buka, biaya pendaftaran kuliahcara daftar sekolah secara online, cari di google 

Artikel Pilihan  

Yuk bagikan infonya… 

About Auther:

Info Biografi

Mobil Second Murah Toyota Honda Nissan..
Hello. Add your message here.