Tiga Amalan yang Diberikan Pahala Tanpa Batas

Ilustrasi/Google
Ilustrasi/Google

Diantara bentuk kasih sayang Allah kepada hambaNya adalah setiap amal kebaikan yag dikerjakan hambaNya akan dilipatgandakan pahalanya 10 kali lipat sampai 700 kali lipat.

Sementara diantara bentuk keadilan Allah adalah tidaklah hambaNya melakukan 1 kemaksiatan kecuali hanya ditulis 1 dosa saja. Tidak dilipatgandakan dan tidak dikurangi.

Namun ada 3 amalan yang dibalas dengan pahala tanpa batas. Apa saja amalan tersebut?

1. Puasa (baik puasa wajib maupun puasa sunah)

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Muslim no. 1151)

2. Sabar

Allah ta’ala berfirman, “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang diberikan pahala mereka tanpa batas.” (QS. Az-Zumar : 10)

3. Mudah Memaafkan

Allah ta’ala berfirman, “Maka barangsiapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya berada diatas tanggungan Allah. “(QS. Asy-Syura : 40)

Oleh : Akhmad Danardi (Pusatbukusunnah)

Yuk bagikan sebagai sedekah…

About Auther:

Info Biografi

Beasiswa Sekolah Kedinasan IPDN STAN AKPOL Dll
Hello. Add your message here.