Inilah Emmanuel Macron, Presiden Prancis yang Mengatakan Islam Agama yang Sedang Mengalami Krisis

Emmanuel Macron / Idtoday.co
Emmanuel Macron / Idtoday.co

“Islam adalah agama yang sedang mengalami krisis di seluruh dunia saat ini” itulah di antara pernyataan Presiden Prancis, Emmanuel Macron yang menuai banyak kritik dari berbagai tokoh Islam dunia.

Macron mengatakan bahwa pembunuhan seorang guru sejarah di Paris karena mendiskusikan dan memperlihatkan kartun Nabi Muhammad sebagai “aksi kejam terorisme Islam”

Macron juga mendukung pencetakan ulang kartun Nabi Muhammad oleh majalah Charlie Hebdo sebagai bentuk kebebasan berekspresi.

Itulah beberapa pernyataan kontroversial yang dilontarkan Macron uang dianggap “anti Islam”. Siapakah Macron? Berikut ini profil lengkap Macron yang dikutip dari Wikipedia.

Emmanuel Jean-Michel Frédéric Macron lahir di Amiens, Prancis pada tanggal 21 Desember 1977 adalah seorang politikus Prancis yang menjabat sebagai Presiden Prancis dan ex-officio Pangeran Andorra sejak tanggal 14 Mei 2017.

Sebelumnya, Macron merupakan mantan bankir investor Prancis. Pada 26 Agustus 2014 ia dilantik sebagai Menteri Ekonomi, Pembaruan Industri dan Urusan Digital dalam pemerintahan Manuel Valls. Pada Pemilihan umum Presiden Prancis 2017, ia mengalahkan Marine Le Pen dengan meraup 66,06 persen suara jauh mengungguli Marine Le Pen, yang hanya meraup 34 persen suara. Kemenanganya menjadikan ia sebagai Presiden Prancis termuda dalam sejarah dengan usia 39 tahun.

Kehidupan Awal dan Pendidikan

Macron adalah putra dari Jean-Michel Macron, Profesor Neurologi di Universitas Picardy, dan Françoise Macron-Noguès, MD. Ia akrab dengan neneknya, seorang kepala sekolah yang tumbuh dalam rumah tangga iliterasi, dan tinggal dengannya selama beberapa waktu. Ia mempelajari piano selama sepuluh tahun, mendapatkan penghargaan ketiga di Konservatori Amiens.

Ia menempuh pendidikan selama beberapa tahun di lycée La Providence in Amiens yang didirikan oleh Yesuit sebelum ia melanjutkan di sekolah tinggi élite Lycée Henri-IV di Paris. Ia mempelajari Filsafat di Universitas Paris-Ouest Nanterre La Défense, mendapatkan gelar DEA. Ia bekerja sebagai asisten Paul Ricoeur antara 1999 dan 2001 di mana ia membantu menyunting buku karya Ricoeur La Mémoire, l’histoire, l’oubli. Ia juga mendapatkan sebuah gelar dalam bidang Urusan Publik di Sciences Po, sebelum ikut serta dalam pelatihan sebagai pegawai negeri sipil senior di École nationale d’administration (ENA), lulus pada 2004.

Karier Publik dan Swasta

Macron bekerja sebagai Inspektur Keuangan dalam Kementerian Ekonomi Prancis antara 2004 dan 2008. Pada 2007, ia menjabat sebagai deputi rapporteur pada Komisi untuk mempengaruhi pertumbuhan Prancis yang dikepalai oleh Jacques Attali. Ia kemudian meninggalkan jabatan tersebut untuk menjadi bankir investor di Rothschild & Cie Banque.

Karier Politik

Macron adalah anggota Partai Sosialis dari tahun 2006 hingga 2009. Dari tahun 2012 hingga 2014, ia menjabat sebagai deputi sekretaris jenderal Élysée, seorang anggota senior staf Presiden Hollande. Ia dilantik menjadi Menteri Ekonomi, Industri dan Data Digital dalam Kabinet Valls kedua pada 26 Agustus 2014, menggantikan Arnaud Montebourg.

Yuk bagikan infonya…

About Auther:

Info Biografi

Beasiswa Sekolah Kedinasan IPDN STAN AKPOL Dll
Hello. Add your message here.