Mengenal AKMET Akademi Metrologi dan Instrumentasi, Gratis dan Lulus Kerja di Kementerian Perdagangan

Yuk bagikan infonya...

Mahasiswa AKMET /Google
Buku Panduan Resmi Tes Akademik Kampus Kedinasan 

Akademi Metrologi dan Instrumentasi (Akmet) merupakan Perguruan Tinggi di bawah Kementerian Perdagangan yang menyelenggarakan pendidikan program Diploma III bidang Metrologi dan Instrumentasi.

Lulusan pendidikan vokasi kemetrologian yang diselenggarakan oleh Akmet memiliki keunggulan dalam pemenuhan kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) Metrologi Nasional, karena selain diajarkan ilmu metrologi, mahasiswa juga dibekali dengan ilmu instrumentasi sehingga mahasiswa memiliki kemampuan yang baik dalam beradaptasi dengan kemajuan alat ukur.

Lulusan Akmet ini dapat berkarir sebagai pejabat fungsional penera di lingkungan Kementerian Perdagangan atau Dinas Pemerintahan Kabupaten/Kota yang membidangi unit Metrologi di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, lulusan dari program Diploma III Metrologi dan Instrumentasi Akmet ini akan memiliki kesempatan berkarir di industri yang berkaitan dengan bidang keteknikan (engineer).

Biaya Kuliah Gratis

Kuliah di Akmet gratis, mencakup seluruh biaya pendidikan, sehingga dalam pendaftaran, proses seleksi, hingga proses pendidikan setelah menjadi mahasiswa program Diploma III sampai dengan kelulusan, tidak akan dikenai biaya apapun.

Sebagai informasi untuk mengikuti seleksi pendaftaran di Akmet, pada tahun 2020, Akmet membuka pendaftaran pada tanggal 21 Februari – 14 Juni 2020.

Syarat Peserta

1. Calon mahasiswa berasal dari umum berijazah SMA/MA dengan jurusan IPA atau SMK dengan keahlian terkait bidang Ilmu Fisika (seperti Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Sipil, Instrumentasi, dan lainnya yang terkait).

2. Berusia tidak lebih dari 21 tahun.

3. Persyaratan nilai rapor untuk mata pelajaran Matematika, Fisika dan Bahasa Inggris minimal 70 dengan skala 100 dari Semester 1 Kelas X sampai dengan Semester 5 Kelas XII.

4. Surat Keterangan Konversi nilai skala 0-100 yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan (khusus bagi peserta yang nilainya menggunakan skala nilai huruf atau nilai skala 0-10).

5. Sehat jasmani dan tidak buta warna dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dan Tidak Buta Warna dari dokter Rumah Sakit Pemerintah (untuk peserta yang telah lulus Tes Kemampuan Akademik).

Syarat Dokumen Pendaftaran

1. Scan pasfoto.
2. Scan Ijazah (atau SKHU bagi lulusan 2019).
3. Scan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional.
4. Scan Akta Kelahiran.
5. Scan KK.

Kelimanya dalam bentuk file digital di-upload ke website.

Tahapan Seleksi

1. Seleksi administrasi
2. Tes Kemampuan Akademik (Materi yang diujikan: Matematika, Fisika, Bahasa Inggris, Pengetahuan Umum)
3. Psikotes

Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan online melalui Website akmet.kemendag.go.id 

Kampus Akademi Metrologi dan Instrumentasi beralamat di Jl. Daeng M. Ardiwinata km 3,4 Cihanjuang Bandung 40559, Telp. 081355000872, Email info@akmet.ac.id, Website akmet.ac.idakmet.kemendag.go.id

Referensi : AkmetKemendag

Artikel Pilihan

Yuk bagikan sebagai sedekah…


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Info Kuliah Gratis, Lulus Jadi PNS atau Perwira TNI/POLRI
Hello. Add your message here.