Berapa Kuota Pendaftaran Sekolah Kedinasan? Tahun 2020 Sebanyak 5.476, Ini Rinciannya

Yuk bagikan infonya...

IPDN/Google
Buku Panduan Resmi Tes Akademik Kampus Kedinasan

Peminat yang mendaftar di Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) atau Sekolah Kedinasan tidak kalah banyak dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Sebab untuk kalian yang berhasil masuk dan menjadi mahasiswa/taruna di salah satu sekolah kedinasan tersebut akan memperoleh beberapa keuntungan selama kalian menempuh pendidikan.

Keuntungannya antara lain, beberapa sekolah kedinasan memberikan bebas biaya selama pendidikan (gratis), tidak hanya itu setelah kalian lulus sekolah kedinasan kalian akan langsung mendapatkan pekerjaan dan diangkat menjadi Calon Aparatur Sipil Negara (ASN), adapun yang menyediakan asrama sehingga kalian tidak perlu mencari tempat kos bagi siswa yang berasal dari jauh. Nah maka dari itu tidak heran jika peminat dan pendaftar sekolah kedinasan sangat banyak.

Lalu berapa sih kuota yang disediakan oleh masing-masing sekolah kedinasan?

Sebagai contoh untuk tahun 2020, berdasarkan surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor B/435/M.SM.01.00/2020, Menpan RB meminta tujuh instansi/lembaga untuk membuka pendaftaran Sekolah Kedinasan. Tujuah instansi/lembaga tersebut yaitu :

  1. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)
  2. Kementerian Perhubungan (Kemenhub)
  3. Badan Pusat Statistik (BPS)
  4. Badan Intelijen Negara (BIN)
  5. Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)
  6. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)
  7. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)

Kuota Pendaftaran Sekolah Kedinasan

Dari tujuh sekolah kedinasan tersebut, Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika tidak membuka pendaftaran pada tahun 2020, karena hal itu maka ada enam instansi/lembaga tersebut, yang membuka pendaftaran sekolah kedinasan, dengan alokasi kuota sebagai berikut :

  1. Kementerian Dalam Negeri (Institut Pemerintahan Dalam Negeri / IPDN) dengan Kuota sebanyak 1200 orang.
  2. Badan Siber dan Sandi Negara (Sekolah Tinggi Sandi Negara / STSN) dengan Kuota sebanyak 100 orang.
  3. Badan Pusat Statistik (Politeknik Statistika STIS) dengan Kuota sebanyak 600 orang.
  4. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Politeknik Ilmu Pemasyarakatan / POLTEKIP dan Politeknik Imigrasi / POLTEKIM) dengan Kuota sebanyak 650 orang.
  5. Badan Intelijen Negara (Sekolah Tinggi Intelijen Negara / STIN) membuka kuota sebanyak 250 orang.
  6. Kementerian Perhubungan (Pendidikan Transportasi Darat “PTDI-STTD bekasi, PKTJ Tegal, PPI Madiun, POLTRANS SDP, POLTRADA Bali”, Pendidikan Transportasi Laut “STIP Jakarta, PIP Semarang, PIP Makassar, POLTEKPEL Surabaya, POLTEKPEL Sumatera Barat, POLTEKPEL Malahayati Aceh, POLTEKPEl Banten”, Pendidikan Transportasi Udara “PPI Curug, POLTEKBANG Surabaya, POLTEKBANG Makassar, POLTEKBANG Medan, POLTEKBANG Palembang, POLTEKBANG Jayapura”) dengan Kuota Penerimaan sebanyak 2.676 orang.

Seleksi Penerimaan

Seleksi penerimaan dilakukan secara bertahap, peserta akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sebagai salah satu tahapannya, tes SKD nanti menggunakan Sistem CAT BKN. Setelah Tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), selanjutnya tahapan seleksi akan ditentukan oleh masing-masing Instansi/Lembaga.

Pengumuman pendaftaran sekolah kedinasan terbaru kunjungi website Seleksi Nasional Sekolah Kedinasan, Badan Kepegawaian Negara dikdin.bkn.go.id dan website masing-masing Sekolah Kedinasan.

Referensi : Stanbrain

BELI BUKU 085773713808
BELI BUKU 085773713808 

Artikel Pilihan 

Yuk bagikan sebagai sedekah…


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Info Kuliah Gratis, Lulus Jadi PNS atau Perwira TNI/POLRI
Hello. Add your message here.