Mengenal Politeknik Energi dan Mineral Akamigas (Kementerian ESDM)

Yuk bagikan infonya...

(akamigas.ac.id)
Buku Panduan Resmi Tes Akademik Kampus Kedinasan 

Politeknik Energi dan Mineral Akamigas (PEM Akamigas) adalah Perguruan Tinggi di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral yang bertugas menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi, penelitian, dan pengabdian masyarakat di bidang energi dan sumber daya mineral.

PEM Akamigas didirikan dalam rangka pengembangan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia di sub sektor minyak dan gas bumi guna merespon kebutuhan tenaga kerja terampil di tingkat nasional maupun internasional. Pengelolaan yang lebih efektif dan efisien menjadi hal yang mutlak dilakukan menyikapi perubahan dan tantangan yang dihadapi PEM Akamigas. Kepuasan para stakeholder khususnya pengguna lulusan PEM Akamigas merupakan fokus utama yang harus dijaga melalui pembelajaran yang berkualitas.

PEM Akamigas telah meluluskan ribuan tenaga kerja indonesia yang profesional dan kompeten di bidang minyak dan gas bumi yang tersebar baik di dalam maupun luar negeri. Tingginya minat siswa-siswi SMA/SMK sederajat untuk melanjutkan pendidikan di PEM Akamigas ini, mengindikasikan bahwa PEM Akamigas mendapat apresiasi dan kepercayaan dari masyarakat.

Program Studi

1. Teknik Pengolahan Migas

Program Studi ini berkaitan dengan proses pengolahan energi migas, bioenergi, dan petrokimia. Setelah menyelesaikan program studi ini diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan di bidang teknik pengolahan pada sektor energi migas, bioenergi, dan petrokimia yang terampil, ahli, profesional, berintegritas, dan mampu bersaing di pasar global.

Lulusan PEM Akamigas Program Studi Teknik Pengolahan Minyak dan Gas akan berkesempatan kerja di industri migas dan petrokimia, termasuk bioenergi.

2. Teknik Produksi Migas

Program Studi ini berkaitan dengan proses eksplorasi dan eksploitasi energi dan sumber daya mineral. Setelah menyelesaikan program studi ini diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan profesional yang bermoral dan mampu melaksanakan pekerjaan rutin, memecahkan masalah, mengevaluasi kegiatan, merencanakan dan mengoptimalkan produksi sesuai perkembangan ilmu dan teknologi.

Lulusan PEM Akamigas Program Studi Teknik Produksi Minyak dan Gas, akan berkesempatan bekerja di industri  yang bergerak di bidang energi, migas, panas bumi, tambang, konstruksi, dan manufaktur serta industri supportingnya.

3. Teknik Instrumentasi Kilang

Program Studi ini berkaitan dengan instrumentasi dan kelistrikan dalam penguasaan teknologi instrumentasi lapangan yang meliputi instalasi, operasi maupun maintenance pada industri sektor energi dan mineral. Setelah menyelesaikan program studi ini diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan di bidang teknik instrumen pada sektor energi dan mineral yang terampil, ahli, profesional dan berintegritas tinggi serta mampu bersaing di pasar globaL

Lulusan PEM Akamigas Program Studi Teknik Instrumentasi Kilang akan berkesempatan kerja di industri migas dan petrokimia.

4. Teknik Mesin Kilang

Program Studi ini berkaitan dengan bidang operasi, pemeliharaan, evaluasi, dan optimalisasi unjuk kerja, inspeksi/quality control, perancangan, dan konstruksi peralatan mekanik yang ada di kilang migas, petrokimia, lapangan migas, dan pembangkitan. Setelah menyelesaikan kuliah di program studi ini mahasiswa akan memiliki kemampuan yang profesional dan berintegritas tinggi, mampu menyesuaikan dengan perkembangan IPTEK, memiliki kemampuan manajerial dan siap kerja di bidangnya.

Lulusan PEM Akamigas Program Studi Teknik Mesin Kilang berkesempatan untuk bekerja di industri Perancangan, Operasi, dan Konstruksi (Kilang Migas, LNG, LPG, CNG, dan Petrokimia, Lapangan Produksi Migas, Pemboran, Pembangkitan, Transmisi dan Distribusi Gas); Manufaktur peralatan mekanik (Industri : Perpipaan, Tanki, Alat Penukar Kalor, Boiler, Pompa, Kompresor, Fan, Blower, Turbin, Diesel dan Gas Engine); Pertambangan; Jasa Inspeksi; Jasa Pemeliharaan; Konsultan Teknik; Instansi Pemerintah/Industri lain yang membutuhkan SDM bidang mekanik.

5. Logistik Migas

Program studi ini berkaitan dengan pengelolaan logistik dan rantai pasok baik untuk produk maupun material pada industri sektor energi dan sumber daya mineral.  Mahasiswa akan mempelajari berbagai aspek logistik dan rantai pasok mulai dari sistem pengadaan, sistem ekspor impor, sistem logistik produk migas, sistem persediaan, sistem pergudangan, sistem distribusi, dan sistem transportasi.  Setelah menyelesaikan program studi ini, mahasiswa diharapkan memiliki disiplin, integritas dan profesionalitas tinggi dalam  menginternalisasi kebiasaan kesehatan dan keselamatan kerja, melakukan optimasi dan perancangan sistem logistik dan rantai pasok, dan bekerja dalam team work.

Lulusan PEM Akamigas Program Studi Logistik Minyak dan Gas yang berkesempatan kerja di industri migas (baik hulu maupun hilir), petrokimia, tambang, dan industri yang bergerak dalam bidang logistik dan rantai pasok.

Pola Seleksi Mahasiswa

Proses Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Politeknik Energi dan Mineral Akamigas Tahun Akademik 2020/2021 akan dilaksanakan dalam 2 pola seleksi, yaitu:

1. Jalur Umum, peserta PMB dengan pembiayaan pendidikan secara swadaya, tidak melalui beasiswa kerja sama pemerintah maupun BU/BUT (industri).

2. Jalur Kerjasama, peserta PMB dengan pembiayaan pendidikan melalui beasiswa kerja sama pemerintah maupun BU/BUT (industri). Untuk jalur kerja sama, PEM Akamigas membuka Program Lulusan SLA, yaitu calon mahasiswa dengan pendidikan terakhir SMA/MA IPA atau SMK Teknik dan Program Alih Jenjang, yaitu calon mahasiswa yang telah lulus Diploma/Strata Diploma I/II/III (DI/DII/DIII) dari PEM Akamigas, atau telah lulus Diploma III (DIII) dari Perguruan Tinggi Lain.

Persyaratan Pendaftaran

  • Lulus SMA/MA IPA atau SMK Teknik bagi calon peserta yang mendaftar program lulusan SLA atau lulus Program Diploma bagi calon peserta yang mendaftar program alih jenjang,
  • Memiliki nilai rapor SLA dengan nilai minimum 70 untuk mata pelajaran dari kelompok muatan peminatan kejuruan untuk lulusan SMK,
  • Melampirkan fotokopi sertifikat kejuaraan tingkat Kota/Kab/Prov/Nasional/Internasional dan/atau sertifikat kompetensi (bila ada),
  • Berbadan sehat dan tidak buta warna (parsial maupun total) yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter dari Instansi Pemerintah,
  • Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita,
  • Melampirkan fotokopi Kartu Keluarga/Kartu Tanda Penduduk,
  • Melampirkan surat keterangan bebas narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah/Kepolisian/BNN dan fotokopi kartu keanggotaan BPJS yang masih berlaku (disertakan jika sudah dinyatakan lulus ujian tulis mandiri),
  • Melakukan pendaftaran secara online.

Tata Cara Pendaftaran

1. Jalur Umum

  • Melaksanakan pendaftaran online di website pmb.akamigas.ac.id untuk mendapatkan nomor booking (pastikan email yang dicantumkan adalah email aktif),
  • Membayar biaya pendaftaran melalui SPC BNI di teller maupun melalui ATM dengan kode bayar 9153 untuk PEM Akamigas dan diikuti dengan nomor booking,
  • Login pada portal pmb.akamigas.ac.id dengan menggunakan nomor booking sebagai nomor ujian dan nomor registrasi/nomor pin yang ada pada bukti pembayaran (10 digit gabungan huruf dan angka) sebagai password. Dilanjutkan dengan mengisi biodata dengan lengkap untuk kemudian mencetak kartu ujian.

2. Jalur Kerja Sama

  • Calon peserta PMB, didaftakan secara kolektif oleh pihak sponsor/instansi/industri,
  • Biaya Pendaftaran calon peserta PMB dibayarkan secara kolektif oleh pihak sponsor/instansi/industri,
  • Pengisian biodata calon peserta PMB dilakukan oleh pihak sponsor/instansi/industri yang kemudian dilakukan pencetakan kartu ujian.

Pada tahun 2020 pendaftaran mahasiswa baru dilaksanakan pada tanggal 23 April – 22 Mei 2020.

Beasiswa

PEM Akamigas membuka kesempatan bagi mahasiswa jalur umum yang memiliki prestasi luar biasa di bidang akademik maupun non akademik untuk mendapatkan keringanan biaya pendidikan berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Kementerian ESDM melalui PEM Akamigas memberikan beasiswa penuh bagi mahasiswa yang secara ekonomi tidak mampu dari daerah tertinggal, terpencil, terdepan dan terluar atau dari daerah operasi bidang energi dengan syarat memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) selama di SLA dan/atau surat keterangan penghasilan orang tua/wali yang dilampirkan pada saat pendaftaran online dan ditunjukkan pada saat pendaftaran ulang.

Kampus Politeknik Energi dan Mineral Akamigas berlokasi di Jl. Gajah Mada No. 38 Cepu, Blora, Jawa Tengah 58315; Telp. 0296-421897; Fax. 0296-425939; Email : info@akamigas.ac.id; Website : https://akamigas.ac.id/ dan https://pmb.akamigas.ac.id/

Referensi : PEM Akamigas

Artikel Pilihan

Yuk bagikan sebagai sedekah…


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Buku Tes Sekolah Kedinasan TNI POLRI CPNS PPPK 2021
Hello. Add your message here.