10 Manfaat Teh Biru (Bunga Telang, Butterfly Pea, Clitoria Ternatea)

Yuk bagikan infonya...

(Life Style One)

Bunga Telang (Butterfly Pea) yang bernama Latin Clitoria Ternatea adalah tumbuhan merambat yang biasa ditemukan di pekarangan atau tepi hutan. Tumbuhan anggota suku polong-polongan ini berasal dari Asia tropis, namun sekarang telah menyebar ke seluruh daerah tropika.

Bunga telang terkenal karena bunganya yang berwarna biru cerah dan dapat dimakan. Selain banyak kegunaan kulinernya, bunga telang juga telah digunakan dalam Ayurveda serta pengobatan tradisional Asia dan Timur Tengah selama berabad-abad.

Melansir dari mybluetea.co.au, manfaat kesehatan bunga telang antara lain adalah meningkatkan daya ingat, meningkatkan suasana hati yang seimbang, dan sistem kekebalan yang sehat. Manfaat kesehatan ini juga semakin didukung oleh bukti-bukti sains modern.

(Life Style One)

Bunga telang dikenal juga untuk meningkatkan vitalitas dan proses penuaan yang sehat. Bunga ini penuh dengan antioksidan, termasuk pro antosianidin yang mendukung kolagen dan elastisitas kulit dan antosianin yang mendukung kesehatan rambut dan mata. Kedua bahan ini membantu meningkatkan siklus hidup sehat sel Anda secara keseluruhan.

Namun selain manfaat-manfaat positif tersebut, bunga telang tentu juga memiliki efek samping atau bahaya yang patut diwaspadai. Berikut ini adalah ulasan mengenai manfaat dan bahaya bunga telang yang telah kami rangkum khusus untuk Anda.

Manfaat Bunga Telang

Bunga telang yang diseduh biasa disebut dengan Blue Tea, adalah ramuan herbal bebas kafein, dibuat dengan merebus bunga kering atau segar dari tanaman Clitoria Ternatea. Hal terbaik dari minuman ini adalah kandungannya yang benar-benar bebas kafein, dan dikemas dengan antioksidan.

Seperti apa pun pada umumnya, segala sesuatu yang baik pasti tetap memiliki efek samping atau dampak yang tidak baik. Sama halnya dengan bunga telang, yang belakangan sedang populer dikonsumsi oleh masyarakat luas. Bunga telang memang membawa banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari teahow.com, berikut ini beberapa manfaat bunga telang.

1. Bantu Turunkan Berat Badan

Ilustrasi / Anlene.com

Manfaat bunga telang yang pertama adalah untuk membantu menurunkan berat badan. Dengan meningkatnya kesadaran tentang risiko kesehatan yang terkait dengan obesitas, semakin banyak orang yang mencari cara untuk menurunkan berat badan dan tetap bugar.

Minum teh untuk menurunkan berat badan telah menjadi tren, dan sepertinya teh biru atau teh bunga telang adalah penemuan terbaru. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity and Related Metabolic Disorders, teh bunga telang dapat membantu menurunkan berat badan dengan mencegah dan melawan penyakit hati berlemak.

Penyakit hati berlemak bertanggung jawab untuk menyebabkan penambahan berat badan, terutama di daerah perut. Teh bunga telang mampu membantu membakar lemak perut dengan melindungi dari penyakit hati berlemak.

Senyawa utama dalam teh bunga telang adalah katekin EGCG, epigallocatechin gallate, yang mempercepat proses pembakaran kalori dengan meningkatkan metabolisme. Studi telah menemukan bahwa bunga telang mengandung tingkat senyawa EGCG yang lebih tinggi dibandingkan dengan teh lainnya, menjadikannya minuman penurun berat badan yang manjur.

Antioksidan yang ditemukan dalam teh biru juga menunjukkan sifat anti-inflamasi dan diuretik yang membantunya mendetoksifikasi tubuh dan membantu melepaskan berat air yang terkumpul karena retensi air. Nikmati secangkir minuman berwarna cantik ini setelah makan untuk mendetoksifikasi dan meningkatkan metabolisme Anda.

2. Sebagai Parasetamol Alami

Ilustrasi Demam / Klikdokter.com

Manfaat bunga telang yang kedua adalah sebagai parasetamol alami. Jika Anda demam dan tidak memiliki obat-obatan apapun di samping Anda selain bunga telang, maka Anda tak perlu khawatir karena bunga telang diketahui sebagai Paracetamol alami.

Bunga ini memiliki sifat dan efek meniru yang mirip dengan Paracetamol, pereda nyeri, dan peredam demam. Menurut sebuah penelitian, ekstrak teh bunga telang ketika diberikan dalam dosis mulai dari 200-400 miligram, terbukti secara signifikan mampu menurunkan suhu tubuh hingga lima jam setelah menelan ekstrak tersebut.

Teh bunga telang membantu menurunkan demam dengan menyebabkan pembuluh darah di bawah kulit membesar; hal ini mendinginkan darah dengan meningkatkan aliran darah dan menurunkan suhu.

3. Bermanfaat untuk Kesehatan Mata

Ilustrasi / Tribunnews.com

Manfaat bunga telang yang ketiga adalah untuk membantu meningkatkan kesehatan mata. Seduhan bunga telang secara tradisional biasanya digunakan sebagai obat alami untuk mengobati penyakit mata. Minuman ini cukup populer di Indonesia karena alasan yang satu ini.

Tanaman ini dikemas dengan antioksidan yang mampu membantu meningkatkan kesehatan. Salah satu antioksidan tersebut adalah proanthocyanidin, yang bertanggung jawab untuk meningkatkan aliran darah ke kapiler mata. Hal ini membuat teh bunga telang efektif untuk mengobati kerusakan retinal, glaukoma, atau penglihatan yang kabur.

4. Memerangi Efek Diabetes

Ilustrasi Diabetes / Everydayhealth.com

Manfaat bunga telang yang keempat adalah sebagai bahan yang efektif untuk membantu melawan penyakit diabetes. Diabetes telah secara langsung bertanggung jawab atas banyak sekali kematian di seluruh dunia. Penelitian mengungkapkan bahwa bunga telang yang dapat mengubah warna sebenarnya efektif untuk penderita diabetes dalam menjaga kadar gula mereka dan menyembuhkan diabetes tipe II.

Minum secangkir teh bunga telang di antara waktu makan telah terbukti mengatur kadar gula darah dan menurunkan kadar glukosa darah. Minuman ini menghambat penyerapan glukosa berlebih dari makanan dan karenanya, membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus diabetes, yang diterbitkan dalam Journal of Applied Pharmaceutical Science, ekstrak bunga telang ditemukan sangat mampu mengurangi kadar glukosa serum dan meningkatkan berat badan. Studi tersebut menyimpulkan bahwa ekstrak bunga telang menunjukkan sifat anti-diabetes yang mirip dengan glibenklamid, obat anti-diabetes.

5. Kaya Antioksidan dan Nol Kafein

Teh Bunga Telang / Suara.com

Manfaat bunga telang yang kelima adalah kaya akan antioksidan dengan kandungan zero atau nol kafeinnya. Ekstrak bunga telang dikemas dengan antioksidan yang meningkatkan kesehatan. Faktanya, ini adalah satu-satunya tanaman yang tingkat antioksidannya sebanding dengan teh hijau.

Radikal bebas bertanggung jawab atas peradangan kronis, kekebalan tubuh yang rendah, dan sejumlah penyakit lain, termasuk kanker. Antioksidan, yang disebut Proanthocyanidin, ditemukan dalam bunga telang memberikan perlindungan terhadap kerusakan oksidatif yang dilakukan pada sel oleh radikal bebas. Siklotida yang ditemukan dalam bunga ini adalah peptida yang melawan radikal bebas.

Dan bukan hanya itu saja, teh bunga telang juga kaya akan flavonoid yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit. Selain itu, bunga juga telah terbukti berperilaku sebagai ekspektoran dan membantu meredakan batuk dan asma. Salah satu kelebihannya adalah Anda bisa mendapatkan manfaat teh yang menenangkan tanpa disertai rasa gugup setelah mengonsumsinya yang disebabkan oleh kafein.

6. Memiliki Sifat Anti Penuaan

Ilustrasi / Tribunnews.com

Manfaat bunga telang yang selanjutnya adalah ia memiliki sifat anti penuaan. Memiliki kulit yang bersih, bebas noda, dan tampak awet muda adalah dambaan setiap orang. Teh bunga telang dikemas dengan antioksidan yang bagus untuk rambut dan kulit Anda dan mencegah penuaan dini dengan melawan radikal bebas.

Ekstrak bunga telang ini mengandung senyawa Antosianin yang meningkatkan aliran darah di kulit kepala dan memperkuat folikel rambut.

7. Baik untuk Kesehatan Jantung

Ilustrasi / Liputan6.com

Manfaat bunga telang yang ketujuh adalah baik untuk kesehatan jantung. Bunga telang dikemas dengan antioksidan yang tidak hanya melindungi Anda dari infeksi tetapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Studi telah menemukan ekstrask bunga telang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi, yang adalah faktor risiko utama penyakit jantung.

Ekstrak bunga telang telah terbukti melindungi dari penyakit jantung dengan mengurangi Hiperlipidemia. Hiperlipidemia mengacu pada konsentrasi lemak atau lemak dalam darah yang sangat tinggi. Ini juga bertanggung jawab atas sejumlah penyakit jantung termasuk penyumbatan, pembekuan darah, dan serangan jantung.

8. Cegah Rambut Rontok Prematur

Ilustrasi / Merdeka.com

Manfaat bunga telang yang kedelapan adalah untuk membantu mencegah rambut mengalami kerontokan prematur. Kulit menunjukkan tanda-tanda penuaan dengan proses perusak protein yang disebut glikasi. Di sini, ekstrak bunga telang memiliki sifat anti-glikasi, artinya menghambat proses glikasi dan membuat kulit Anda tampak awet muda.

Elastin dan kolagen adalah senyawa penting yang menjaga kulit tampak awet muda dengan mencegah keriput dan menjaga elastisitas kulit. Flavonoid yang ditemukan dalam teh bunga telang telah terbukti meningkatkan kolagen dan elastisitas kulit. Salah satu flavonoid yang ditemukan dalam bunga ini adalah Quercetin, yang memperkuat sel-sel rambut dan kulit, serta mempertahankan hidrasi pada sel-sel kulit.

9. Baik untuk Kesehatan Otak

Ilustrasi / Medium.com

Manfaat bunga telang yang lainnya adalah ia memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan otak. Penelitian mendapati bahwa antioksidan yang ditemukan dalam ekstrak bunga telang mampu meningkatkan kekuatan otak, meningkatkan keterampilan kognitif dan memori, dan baik untuk sistem saraf pusat (SSP). Ekstrak bunga telang mengandung asetilkolin dan mengonsumsinya secara teratur dapat mencegah kehilangan memori, meningkatkan daya ingat dan keterampilan kognitif.

10. Bersifat Anti Inflamasi

Ilustrasi / Alodokter.com

Manfaat bunga telang yang terakhir adalah ia memiliki sifat anti inflamasi. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Research Journal of Pharmacy, kandungan antioksidan dalam teh bunga telang cukup tinggi untuk melawan peradangan penyebab penyakit.

Kandungan antioksidan yang tinggi ini bertanggung jawab atas sifat anti-inflamasi, yang tidak hanya membantu mengurangi peradangan tetapi juga melindungi dari sejumlah penyakit kronis. Ekstrak bunga telang juga menunjukkan sifat anestesi dan karena itu telah digunakan selama berabad-abad untuk meredakan nyeri dan pembengkakan. Teh bunga telang telah terbukti sama efektifnya dalam mengobati peradangan eksternal dan internal.

Bahaya Bunga Telang

Setelah mengetahui apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dari bunga telang, jangan lupa juga bahwa ekstrak bunga telang juga memiliki beberapa efek samping yang perlu diwaspadai. Manfaat dan bahaya bunga telang memang berjalan beriringan, dan hal ini tak bisa dihindari.

Dilansir dari ndtv.com, konsumsi ekstrak bunga telang yang berlebihan dapat menyebabkan mual dan diare. Wanita hamil dan menyusui juga disarankan untuk tidak mengonsumsi minuman ini, kecuali telah berkonsultasi dengan dokter. Namun selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi ekstrak bunga telang kapanpun itu.

Foto-foto Bunga Telang

Bunga Telang / Google
Bunga Telang / Google
Bunga Telang / Google
Bunga Telang / Google
Bunga Telang / Google

Sumber : Merdeka, Life Style One, Google


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Kuliah Gratis, Lulus Jadi PNS, Perwira TNI/POLRI...
Hello. Add your message here.