Bagaimana Mendapatkan Teman dan Mempengaruhi Orang Lain

Yuk bagikan infonya...

(goodreads.com)

Buku lama yang sangat legendaris dan isinya tetap RELEVAN hingga hari ini. Intisari buku ini LAYAK DIBACA SECARA BERULANG agar kita bisa konsisten mempraktekannya.

Berikut intisari 7 PRINSIP KUNCI dalam buku How to Win Friends and Influence People, yang perlu Anda kenang dan Anda praktekkan dalam keseharian Anda.

Prinsip 1 : Jangan pernah mengkritik orang atau apalagi menjelekkan orang lain

Kata-kata negatif Anda akan selalu dikenang orang itu, dan akan membuat orang itu sakit hati – dan ini ndak ada manfaatnya bagi sesama. Sekali lagi : jangan pernah mengkritik orang lain dalam lingkaran pergaulan atau dalam lingkungan kerja yang kita jalani.

Prinsip 2 : Berikan apresiasi yang jujur dan tulus

pada orang lain. Pujian dan apresiasi akan sangat membekas dalam hari orang lain itu. Dia akan mengenang Anda selamanya, jika Anda bisa memberikan pujian dan apresiasi yang tulus.

Prinsip 3 : Jadilah pendengar yang baik saat orang lain bercerita 

Dengarakan apa yang dia sampaikan dengan penuh perhatian. Tunjukkan minat Anda atas apa yang dia ceritakan. Ungkapkan antusiasme Anda atas apa saja yang dia sampaikan kepada Anda.

Prinsip 4 : Hargai pendapat orang lain

Hargai pendapat orang lain, dan bikin orang lain merasa bahwa dirinya penting dan berharga. Tunjukkan respek pada dirinya.

Prinsip 5 : Jangan pernah terlibat adu argumentasi yang berkepanjangan

Semakin banyak argumentasi yang Anda menangkan, akan makin sedikit teman Anda. Sebab orang lain akan menganggap Anda adalah orang yang kaku dan selalu ingin menang argumentasi demi menunjukkan ego Anda. Orang seperti ini tidak akan banyak disukai orang lain. Jangan jadi orang seperti ini.

Prinsip 6 : Tunjukkan respek pada opini dan pendapat orang lain

Jangan pernah bilang : “Anda salah. Yang benar seperti ini”. Sikap seperti ini bukan sikap yang elegan. Jika tidak sepakat dengan pandangan orang lain, sampaikan pandangan Anda dengan sopan seraya tetap menghargai opini orang lain tersebut.

Prinsip 7 : Jika diri kita salah, akui dengan terbuka dan segera minta maaf – seraya berjanji akan memperbaiki diri di kemudian hari

Jangan pernah ngeles kalau kita salah, dan enggan mengakui kesalahan, sambil terus menyalahkan orang lain. Sikap enggan mengakui kesalahan, dan keukeuh merasa paling benar, adalah sikap yang tidak disukai orang lain.

Praktekkan 7 PRINSIP di atas, maka Anda akan sukses dalam pergaulan bisnis dan karir Anda.

Penulis : Yodhia Antariksa


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Info Kuliah Gratis, Lulus Jadi PNS atau Perwira TNI/POLRI
Hello. Add your message here.