Jadwal Lengkap Pelaksanaan SKD Sekolah Kedinasan 2021

Yuk bagikan infonya...

Ilustrasi/Karakterunsulbar.com

Kompas – Sekolah kedinasan yang ada di bawah 8 kementerian/lembaga kembali membuka penerimaan mahasiswa/taruna baru untuk tahun ajaran 2021.

Siswa yang nantinya diterima dan menjalani pendidikan di sekolah kedinasan ini, ketika lulus secara otomatis akan menjadi seorang calon aparatur sipil negara (CASN).

Tak jauh berbeda dari pelamar CPNS pada umumnya, pelamar sekolah kedinasan juga akan menjalani seleksi yang disebut sebagai Seleksi Kemampuan Dasar (SKD).

Jadwal SKD sekolah kedinasan

Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengumumkan pelaksanaan SKD untuk sekolah kedinasan sudah dimulai pada Senin (31/5/2021).

Berikut ini jadwal lengkap pelaksanaan SKD untuk masing-masing sekolah kedinasan:

1. PKN-STAN

Berdasarkan Pengumuman Nomor PENG-40/PKN/2021, jadwal SKD untuk sekolah kedinasan yang ada di bawah naungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ini akan dilaksanakan pada 25-31 Juni 2021.

Sementara pengumuman jadwal dan lokasi tes baru akan diumumkan pada 21 Juni mendatang.

Untuk saat ini, seleksi calon mahasiswa Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN-STAN) masih ada di tahap seleksi administrasi yang hasilnya baru akan diumumkan 16 Juni nanti.

2. IPDN

Untuk sekolah kedinasan di bawah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pelaksanaan SKD akan segera dimulai, tepatnya pada 3 Juni 2021.

Sesuai Surat Pengumuman Nomor 810/1234/IPDN, SKD bagi calon taruna dan taruni Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) akan dilakukan hingga 25 Juni 2021 secara bergilir, sehingga SKD tidak dilakukan serentak di semua provinsi.

Info jadwal SKD Calon Praja IPDN 2021 dapat diakses di laman berikut ini.

3. STIS

Selanjutnya adalah SKD di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang ada di bawah Badan Pusat Statistik (BPS).

Melansir informasi terbaru di akun Instagram @polstatstis, pelaksanaan SKD atau seleksi tahap 1 akan dimulai esok, Selasa (1/6/2021) hingga 10 Juni 2021.

Untuk pelaksanaan SKD di masing-masing lokasi tes diselenggarakan dalam kurun waktu yang berbeda-beda, mulai 1-10 hari.

4. STMKG

Berikutnya, jadwal SKD untuk pendaftar Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) yang ada di bawah BMKG.

Mengutip informasi di laman PTB STMKG, pelaksanaan SKD di lingkungan STMKG akan dilaksanakan sejak 7-20 Juni 2021.

SKD akan diselenggarakan di 20 lokasi berbeda di seluruh Indonesia.

Untuk pengumuman jadwal di masing-masing lokasi tes disebut baru akan diumumkan Selasa (1/6/2021).

Sedangkan hasil dari SKD nantinya akan diumumkan pada 25 Juni 2021.

5. STIN

Kemudian untuk Sekolah Tinggi Intelejen Negara (STIN) sudah memulai proses SKD sejak hari ini, Senin (31/5/2021).

Informasi itu disampaikan melalui laman PTB STIN.

Sayangnya tidak disampaikan berapa lama SKD ini digelar.

Informasi di laman tersebut hanya menjelaskan seleksi ini dilakukan secara seremtak di 14 kota.

6. Politeknik SSN

Mengacu informasi resmi dari laman Politeknik Siber dan Sandi Negara (SSN), pelaksanaan SKD untuk pendaftar sekolah kedinasan di bawah Badan Siber dan Sandi Nasional ini akan dilaksanakan pada 2-18 Juni 2021 di 14 lokasi.

Masing-masing lokasi memiliki jadwal yang berbeda-beda. Untuk informasi selengkapnya Anda bisa mengakses laman berikut ini.

7. Poltekip dan Poltekim

Berdasarkan Pengumuman Nomor SEK.2.KP.02.04-17, SKD untuk calon taruna dan taruni Poltekip dan Poltekim yang ada di bawah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) akan dilangsungkan pada 2-17 Juni 2021.

Mulainya pelaksanaan SKD di masing-masing provinsi akan berbeda. Begitu pula dengan lama pelaksanaannya, tergantung dari banyak atau sedikitnya jumlah pelamar yang akan mengikuti tes.

Anda dapat mengakses jadwal selengkapnya di laman berikut ini.

8. Sekolah Kedinasan di bawah Kemenhub

Terakhir adalah pelaksanaan SKD untuk sekolah kedinasan yang ada di bawah Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Secara total, Kemenhub memiliki 18 sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran mahasiswa baru di tahun ini.

Ke-18 sekolah tersebut meliputi sejumlah Politeknik Penerbangan, Politeknik Pelayaran, Politeknik Ilmu Pelayaran, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Politeknik Transportasi Darat, Politeknik Transportasi Sungai Danau Penyeberangan, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan, Politeknik Perkeretaapian indonesia, dan Politeknik Transportasi Darat Indonesia.

Ada pun jadwal pelaksanaan SKD untuk sekolah-sekolah itu hingga saat ini belum diumumkan.

Mengacu informasi dari laman Sipencatar Dephub, belum ada informasi yang dikeluarkan terkait tanggal pelaksanaan SKD bagi sekolah-sekolah kedinasan di bawah naungannya.

Di laman itu hanya dijelaskan, jadwal pelaksanaan SKD akan diumumkan melalui laman yang sama, setelah masa pembayaran PNBP BKN sebesar Rp50.000 berakhir di tanggal 23 Mei 2021.

Sumber : Kompas


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

BUKU TES CPNS PPPK TNI POLRI SEKOLAH KEDINASAN 2021-2022
Hello. Add your message here.