Rektor Unair Beberkan ‘Rahasia Dapur’ untuk Lolos SNMPTN 2022 

Yuk bagikan infonya...

Rektor Unair Mohammad Nasih / Google

Universitas Airlangga (Unair) menembus jajaran teratas sejumlah pemeringkatan perguruan tinggi. Dalam peringkat versi UniRank (sebelumnya 4ICU) misalnya, Unair ada di posisi ke-4 se-Indonesia dan menduduki ranking ke-50 se-Asia.

Kemudian dalam versi QS WUR 2022, universitas ini juga berdiri di peringkat nomor empat di Indonesia. Untuk kategori Graduate Employability Rankings 2022 versi QS WUR, Unair bahkan ada di posisi ke-3.

Baca Juga: Kuliah Gratis Lulus Langsung Kerja! Inilah Syarat Utama Daftar Kuliah di 34 Sekolah Kedinasan Negara

Merujuk beberapa fakta ini, tentunya tidak heran jika Unair diminati banyak calon mahasiswa baru, contohnya dalam SNMPTN 2022 yang kian dekat.

Lantas, apa ukuran yang digunakan perguruan tinggi tersebut dalam menerima peserta didik? Rektor Unair Mohammad Nasih membeberkan rahasianya dalam Sosialisasi SNMPTN & UTBK SBMPTN Unair 2022 yang berlangsung secara daring, Jumat (28/01/2022).

“Untuk posisi SNMPTN, sesungguhnya parameternya kita gampang saja. Yang pertama adalah secara kelembagaan, sangat ditentukan oleh indeks sekolah. Indeks sekolah yang lebih tinggi dalam arti posisi yang lebih baik, misalnya masuk dalam lima atau 10 besar nasional, ini akan mempunyai peluang lebih tinggi dibanding yang tidak masuk dalam 1000 nasional. Karena kita ngitungnya di sana,” ujar Nasih.

Baca Juga : Jadwal Pendaftaran Sekolah Kedinasan, TNI/POLRI dan CPNS/PPPK 2022

Nasih menuturkan, faktor kedua yang menentukan kelulusan SNMPTN 2022 adalah peringkat siswa yang bersangkutan.

“Kemudian yang kedua tentu saja adalah posisi terbaik dari masing-masing peserta. Nah, ini juga akan menentukan karena tidak mungkin bagi kami untuk bisa menerima mereka-mereka yang dalam posisi tertinggal. Buncit misalnya, 40 persen dari 40 kemudian ranking 40 pada prodi-prodi yang keketatannya sangat baik,” papar Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) 2021 tersebut.

Khususnya untuk memilih prodi di Unair, Nasih menegaskan indeks sekolah dan peringkat siswa di sekolah adalah dua hal yang wajib menjadi pertimbangan.

Baca Juga: Informasi Lengkap SNMPTN 2022 Jadwal, Tahapan, Syarat dan Link Pendaftaran

“Sehingga tolong dalam memilih program studi khususnya dalam SNMPTN itu mempertimbangkan bener indeks sekolah atau ranking sekolah Anda masing-masing di nasional dan yang kedua adalah ranking anda di sekolah,” pungkasnya.

Namun, Nasih juga memberi catatan bahwa hal ini tidak hanya berlaku di universitas yang dipimpinnya saja, sebab hampir semua perguruan tinggi punya mekanisme yang sama.”Ini tidak hanya berlaku di Unair lho ya, hampir di semua perguruan tinggi mekanismenya kurang lebih sama. Indeks sekolah itu akan menjadi komponen utama dalam proses penerimaan SMPTN ditambah dengan ranking anda (atau) posisi anda di sekolah,” ucap Nasih.

Sumber: Detik


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Formasi CPNS untuk SMA Di 8 Instansi Pemerintah
Hello. Add your message here.