Cara Memiliki Keyakinan dan Kekuasaan Dalam Berurusan dengan Orang Lain, Kunci Keberhasilan dalam Segala Urusan

Yuk bagikan infonya...

(mantelligence.com) 

Cara Memiliki Keyakinan dan Kekuasaan Dalam Berurusan dengan Orang Lain (1995) menjelaskan tentang cara menjalin hubungan antar manusia yang sukses. Di dalam buku ini, Anda akan belajar sebanyak yang bisa Anda lakukan tentang sifat manusia seperti apa adanya, bukan sebagaimana kita pikirkan bagaimana seharusnya.

Siapa penulis buku ini? 

Les Giblin, salah seorang pemenang National Salesman Award, telah menyelenggarakan lebih dari seribu seminar mengenai keterampilan hubungan antar manusia. Program-program audio visualnya, yang didasarkan pada seminar tersebut telah membantu jutaan orang. Les Giblin adalah pendiri dan pemimpin dari Les Giblin Clinic on Human Relations.

Teknik dan metode yang disajikan dalam buku ini adalah berdasarkan pengalamannya selama bertahun-tahun menjalankan klinik hubungan antar manusia.

(Google)

Untuk siapa buku ini?

Siapapun yang ingin memahami dan mempraktekkan hubungan antar manusia yang sukses, termasuk dalam meyakinkan dan memengaruhi orang lain.

Kunci menjalin hubungan antar manusia

Salah satu alasan besar mengapa begitu banyak orang tidak mempunyai keyakinan dalam berurusan dengan orang lain adalah karena mereka tidak memahami apa yang mereka hadapi. Kita selalu tidak yakin dengan diri sendiri dan tidak memiliki keyakinan ketika berurusan dengan apa yang tidak kita ketahui.

Buku ini memberikan metode praktis untuk mempraktekkan pengetahuan Anda tentang sifat manusia. Bagaimana manusia beraksi dan bereaksi, dan bagaimana Anda bisa memanfaatkan hal-hal ini untuk memperoleh apa yang Anda inginkan. Sebab pada dasarnya, kita semua menginginkan penerimaan dan pengakuan orang lain.

Beberapa insight menarik yang bisa Anda pelajari dari buku ini antara lain:

  • bagaimana membuat sifat manusia bermanfaat bagi Anda;
  • bagaimana mengendalikan tindakan dan sikap orang lain;
  • apa teknik untuk menjalin dan memelihara persahabatan;
  • apa saja yang dilakukan untuk menangani orang lain secara pribadi; dan
  • apa petunjuk hubungan antar manusia yang bisa Anda kerjakan.
1. Cara membuat sifat manusia bermanfaat bagi Anda

Kita semua tentu menginginkan dua hal dari kehidupan yakni sukses dan kebahagiaan. Gagasan tentang sukses mungkin berbeda bagi setiap orang. Namun ada satu faktor besar yang harus dipelajari oleh kita semua untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan yakni orang lain. Ini adalah satu denominator umum bagi semua keberhasilan dan kebahagiaan.

Hanya belajar cara menyesuaikan diri dengan orang lain bukanlah jaminan untuk bisa meraih sukses dan bahagia. Hubungan antar manusia adalah ilmu berurusan dengan orang lain, dengan suatu cara tertentu supaya ego kita dan ego mereka tetap utuh.

Banyak orang gagal dalam berurusan dengan orang lain karena mereka tidak mengembangkan kepribadian yang memungkinkan mereka bisa berurusan secara sukes dengan orang lain.

Masalah kepribadian seperti sikap rendah diri, takut dan pemalu, pada dasarnya adalah masalah dalam berurusan dengan orang lain. Dan setiap orang yang kita temui sesungguhnya ingin merasa dirinya penting dan unggul dalam sesuatu.

Bila tingkat harga diri orang tinggi, mereka akan mudah diajak berurusan. Mereka periang, pemurah, toleran, dan bersedia mendengarkan gagasan orang lain. Mereka telah memenuhi kebutuhan primernya dan bisa memikirkan kebutuhan orang lain.

Kepribadian mereka sendiri begitu kuat dan kokoh sehingga mereka berani mengambil beberapa resiko. Mereka bisa mengakui kepada diri sendiri bahwa mereka telah membuat kesalahan.

Bagi orang yang mempunyai harga diri rendah, bahkan pandangan yang mengandung celaan atau sepatah kata kasar bisa menjadi bencana. Setelah menyadari bahwa harga diri rendahlah yang menyebabkan timbulnya pertikaian dan masalah, Anda akan menambah masalah dengan berusaha lebih menjatuhkan orang-orang ini. Anda harus menghindari kata-kata yang kasar dan menyakiti.

Bila Anda punya hubungan baik dengan diri Anda maka Anda akan punya hubungan baik dengan orang lain. Cobalah cari hal-hal kecil yang bisa membuat Anda memuji orang lain.

Carilah segi-segi yang baik pada diri orang yang Anda ajak berurusan. Bentuklah kebiasaan memberikan paling sedikit lima pujian tulus setiap hari. Dan perhatikan betapa menjadi lebih mulus hubungan Anda dengan orang lain.

Perhatikan pula tiga cara untuk membuat orang merasa penting. Ketentuan yang pertama ialah meyakinkan diri Anda bahwa orang lain itu penting.

Kedua, perhatikan orang lain. Kalau seseorang “memperhatikan” diri kita, berarti dia menaruh penghargaan besar pada diri kita. Itu sama saja dengan mengatakan bahwa dia mengakui diri kita penting. Perlakukanlah hal itu juga bagi orang lain.

Ketiga, jangan merasa menjadi majikan orang lain. Kenyataan dasar tentang sifat manusia yang kita hadapi sederhana saja, yakni setiap orang perlu merasa dirinya penting dan merasa bahwa orang lain menyadari segi pentingnya.

Cara paling efektif yang pernah ditemukan untuk memberikan kesan kepada orang lain adalah membiarkan dia tahu bahwa Anda terkesan olehnya.

2. Cara mengendalikan tindakan dan sikap orang lain

Apakah Anda menginginkan agar orang lain jadi penuh semangat menerima gagasan Anda, menyetujui rencana Anda atau bahkan membeli barang yang Anda jual?

Ambillah sikap dan tindakan yang Anda inginkan dinyatakan oleh orang lain. Semangat bisa menular. Bertindaklah dengan semangat dan Anda akan membangkitkan semangat pada diri orang lain.

Dalam berurusan dengan orang lain, kita melihat sikap kita sendiri terpantul kepada kita dalam perilaku mereka. Ini hampir sama seperti kalau Anda berdiri di muka cermin. Kalau Anda tersenyum, orang yang dicermin juga tersenyum. Kalau Anda berteriak, orang yang di cermin juga berteriak kembali.

Sama sepertI Anda bisa membuat orang lain bersemangat dengan menunjukkan semangat Anda sendiri, Anda pun bisa membuat orang lain punya kepercayaan pada Anda dan apa yang Anda usulkan. Kalau Anda menginginkan agar orang lain menyukai Anda, tunjukkanlah kepada mereka bahwa Anda yakin akan menang.

Hal-hal kecil mengungkapkan diri Anda. Dan keyakinan memperlihatkan diri dalam hal-hal kecil. Di alam bawah sadar, kita menilai orang lain dengan “petunjuk” kecil seperti cara seseorang berjalan, jabat tangan yang menunjukkan kejiwaan, dan nada suara.

Orang yang punya perasaan penuh keyakinan melangkah dengan gagah. Bahunya tertarik ke belakang dan matanya menatap ke depan.

Jabat tangan yang mantap menunjukkan keyakinan diri. Dan suara Anda mengkomunikasikan lebih dari sekedar gagasan. Suara mengkomunikasikan perasaan Anda tentang diri sendiri. Jadi, apakah Anda menyadari atau tidak, Anda mengendalikan tindakan dan sikap orang lain dengan tindakan dan sikap Anda sendiri.

3. Teknik untuk menjalin dan memelihara persahabatan

Kita tidak bisa memaksa orang lain untuk menyukai diri kita, tetapi kita bisa menarik mereka untuk menyukai kita. Ada tiga prinsip dasar untuk menarik perhatian orang lain:

Pertama, penerimaan. Kita semua ingin untuk diterima seperti apa adanya. Penerimaan adalah vitamin. Jadi, janganlah Anda menetapkan standar pribadi yang kaku tentang bagaimana Anda berpikir orang lain harus berbuat.

Beri orang lain hak untuk menjadi dirinya sendiri. Kalau dia agak aneh, biarkan saja demikian. Jangan memaksa agar dia melakukan segala hal yang Anda lakukan dan menyukai segala hal yang Anda sukai.

Biarkan orang lain santai dan nyaman ketika berada di dekat Anda. Dengan menyukai orang lain seperti apa adanya, Anda memberinya kekuatan untuk mengubah dirinya sendiri.

Kedua, persetujuan. Bila Anda punya kepribadian tipe positif, Anda akan mencari hal-hal yang bisa Anda setujui. Kepribadian yang positif mengeluarkan yang terbaik dari diri kita, dengan meningkatkan sesuatu yang bisa orang lain setujui.

Ketiga, penghargaan adalah keajaiban. Perlihatkan apresiasi dan penghargaan Anda pada orang lain.

Beberapa cara untuk memperlihatkan penghargaan misalnya: ucapkan terima kasih dengan tulus pada orang lain, perlakukan orang lain sebagai orang “istimewa”, jangan membuat orang lain menunggu Anda bila tidak terpaksa sekali, dan banyak cara positif lainnya. Biarkan orang lain tahu bahwa Anda menghargai mereka.

Gunakan keajaiban senyuman Anda untuk membuat orang lain bersikap hangat kepada Anda. Jangan berusaha mati-matian untuk membuat orang lain menyukai Anda. Tidak ada manfaatnya terlalu mempesona dan berusaha terlalu keras. Mengalir dan jadilah apa adanya, dengan itikad baik dan pandangan yang positif.

“Temuilah seseorang untuk pertama kalinya, dan tersenyumlah. Ia akan merasa seakan-akan sudah mengenal Anda selama hidupnya.” ~ Les Giblin

4. Cara menangani orang lain secara pribadi

Bila Anda menginginkan agar orang lain membantu Anda, dan mengarahkan segenap tenaga dan perhatiannya, Anda harus meminta gagasan mereka disamping tenaga mereka. Gunakanlah prinsip “manajemen penggandaan”, yang memberi setiap anggota tim hak suara tentang bagaimana tim harus beroperasi.

Jika Anda menginginkan agar orang lain membantu Anda, jadikanlah dia anggota tim Anda. Jangan hanya mengatakan “tolong beri saya nasihat yang baik”. Pastikan jika Anda meminta nasihat, Anda benar-benar meminta nasihat. Jangan meminta nasihat kalau sebenarnya yang Anda kehendaki simpati atau tepukan di punggung.

Jadi ingatlah, mintalah kepada orang lain nasihat, gagasan, saran dan benar-benar memintanya. Anda bukan hanya akan mendapat beberapa saran yang baik untuk membantu Anda memecahkan masalah, tetapi Anda juga memberikan pujian kepada orang lain.

Pujian yang tulus akan melepaskan energi pada diri orang lain, membangkitkan vitalitasnya secara fisik, disamping meningkatkan semangatnya. Tingkatkan kebahagiaan dan kedamaian jiwa Anda dengan memberikan tiga ucapan terima kasih yang tulus setiap hari.

“Ukuran kesehatan jiwa adalah kemampuan untuk menemukan kebaikan dimana-mana.” ~ Ralph Waldo Emerson

5. Petunjuk hubungan antar manusia bagi Anda

Rencanakanlah tindakan sederhana yang efektif, yang akan mendatangkan sukses dan kebahagiaan bagi Anda. Pengetahuan tentang hubungan antar manusia adalah salah satu ramuan dalam formula mencapai sukses dan kebahagiaan Anda.

Anda harus memandang hubungan antar manusia sebagai keahlian yang dapat dipelajari. Anda harus memandang ke depan untuk memperoleh kepuasan sejati dan rasa mencapai tujuan dengan meningkatkan hubungan antar manusia. Pandangan positif ini memberi Anda perangsang untuk mencapai sasaran yang pasti.

Tuliskan dalam buku harian Anda, masalah utama yang Anda hadapi dalam hubungan antar manusia. Lalu langkah-langkah pasti yang akan Anda praktekkan. Lihatlah hasil yang Anda capai, apakah memuaskan atau tidak.

Keterampilan dalam hal hubungan antar manusia serupa dengan keterampilan di bidang lain manapun, dalam pengertian bahwa sukses tergantung pada pemahaman dan penguasaan atas prinsip dasar umum tertentu. Anda bukan hanya harus mengetahui apa yang harus dilakukan, tetapi juga mengapa Anda melakukannya.

Kesimpulan Buku
  • Salah satu denominator umum bagi semua keberhasilan dan kebahagiaan Anda adalah orang lain.
  • Setiap orang yang kita temui sesungguhnya ingin merasa dirinya penting dan unggul dalam sesuatu.
  • Cara paling efektif untuk memberikan kesan kepada orang lain adalah membiarkan orang lain tahu bahwa Anda terkesan olehnya.
  • Anda mengendalikan tindakan dan sikap orang lain dengan tindakan dan sikap Anda sendiri.
  • Tiga prinsip dasar untuk menarik perhatian orang lain yakni penerimaan, persetujuan dan penghargaan.

Sumber : Pimtar


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Wakaf Buku IQRO Gratis Untuk Indonesia
Hello. Add your message here.