CPNS 2024 Kementerian Agama Membuka 3.641 Formasi Penghulu, Sarjana Syariah atau Agama Islam Bersiaplah

Yuk bagikan infonya...

Ilustrasi Penghulu/liputan6.com

CPNS 2024 Kementerian Agama Membuka 3.641 Formasi Penghulu, Sarjana Syariah atau Agama Islam Bersiaplah

Kementerian Agama (Kemenag) akan membuka 3.641 formasi Penghulu Ahli Pertama dalam rekrutmen CPNS dan PPPK 2024.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor 9 Tahun 2019, Jabatan Fungsional Penghulu adalah jabatan sebagai pegawai pencatat nikah atau perkawinan yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan pelayanan dan bimbingan nikah atau rujuk, pengembangan kepenghuluan, dan bimbingan masyarakat Islam.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan usulan kuota formasi penghulu telah disetujui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Baca Juga : Buku Tes Sekolah Kedinasan TNI POLRI BUMN CPNS Tahun 2024

“Tahun 2024 akan ada formasi baru, jumlahnya 3.641 kuota Penghulu Ahli Pertama. Formasi itu sudah disetujui,” ungkap Kamaruddin saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) 2024 di Jakarta, Selasa (7/5/2024).

“Sementara untuk formasi Penghulu Madya dan Utama, sampai hari ini belum ada respons pasti dari Kemenpan RB, namun kita optimis usulan kita disetujui,” imbuhnya, dikutip dari laman Kemenag.

BELI DI SINI

Mengenai belum adanya respons Kemenpan RB terhadap usulan formasi Penghulu Madya dan Utama, Kamaruddin berasumsi hal itu bukan soal substansi, tapi persoalan teknis saja.

“Saya rasa kita juga perlu menyampaikan urgensi adanya Penghulu Madya dan Utama. Karena tugas penghulu bukan hanya mencatat peristiwa pernikahan, tapi seluruh dinamika sosial keagamaan di masyarakat juga harus direspons oleh penghulu,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Zainal Mustamin mengatakan kebutuhan jabatan penghulu fungsional secara nasional mencapai 16.263 orang, sementara yang tersedia saat ini hanya 9.054 penghulu.

“Penghulu yang akan pensiun hingga tahun 2027 sangat banyak, mencapai 2.383 orang. Jumlah ini sangat besar namun kita bersyukur kuota formasi tahun ini bertambah,” paparnya.

Zainal mengatakan, sebelumnya Kemenag menyampaikan kebutuhan 7.012 formasi Penghulu Ahli Pertama, namun hanya 3.641 yang disetujui oleh Kemenpan RB.

“Alhamdulillah di tahun ini mendapat kuota 3.641 CASN, separuh dari usulan awal,” imbuhnya.

Kapan Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 Dibuka?

Sebelumnya, Kemenpan RB mengonfirmasi bahwa pendaftaran rekrutmen CPNS dan PPPK 2024 akan dibuka Juni atau Juli.

“Untuk pelaksanaan seleksi CASN tahun 2024, rencananya akan dilaksanakan mulai Bulan Juni atau Juli setelah instansi menerima Surat Keputusan Menteri PANRB tentang penetapan kebutuhan/formasi pegawai ASN,” ujar Menpan RB Abdullah Azwar Anas dalam konferensi pers mengenai pengadaan ASN tahun 2024 di Jakarta, Jumat (3/5/2024).

Setelah memperoleh surat keputusan penetapan tersebut, kata Anas, instansi pemerintah berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk mengumumkan lowongan formasi dan persiapan seleksi tahun 2024.

Ia berharap pada awal Juli 2024 sudah ada pengumuman mengenai waktu dan lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

“Namun, untuk kepastian jadwal pengumuman oleh instansi, pendaftaran, dan seleksi, masih dinamis mengikuti perkembangan yang ada,” ungkap Anas.

Sumber : Kompas

***


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

BELI RUMAH JABODETABEK DI SINI
Hello. Add your message here.