5 Kesalahan Fatal dalam Melamar Kerja Sehingga Anda Gagal Mendapatkan Dream Job

(strategimanajemen.net)
(strategimanajemen.net)

Mencari dan mendapatkan pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Ditambah dengan keadaan ekonomi yang tidak menentu, dan banyaknya perusahaan yang melakukan penyusutan, seseorang akan dihadapkan dengan kompetisi yang sangat ketat.

Tak jarang banyak pekerja yang sebenarnya memiliki kualifikasi yang bagus tapi kesulitan dalam melamar atau mendapatkan pekerjaan. Agar kamu tidak menjadi salah satunya, kamu perlu tahu beberapa masalah dalam melamar kerja dan cara mengatasinya.

img_20191004_160252_923

Berikut ini adalah beberapa kesalahan dalam lamar kerja yang sebaiknya kamu hindari.

1. Kesalahan dalam Pembuatan CV

Kesalahan lamar kerja yang pertama adalah, keluputan dalam memerhatikan detail pembuatan CV. Padahal, setiap detail pada CV merupakan hal yang penting, dan punya perannya masing-masing menurut sudut pandang tiap perusahaan yang kamu tuju.

CV dan surat lamaran yang efektif akan cukup menarik perusahaan atau HRD. CV yang terlalu panjang juga tidak menjamin kamu diterima oleh perusahaan, malah tim rekruiter akan sulit menemukan hal yang mereka butuhkan dari CV kamu.

Buatlah CV yang spesifik menjelaskan kontribusi nyata yang bisa kamu tuliskan sebelum mulai membuat CV. Perusahaan akan lebih tertarik pada deskripsi pencapaian dan karakter diri kamu yang spesifik dibanding kalimat positif yang abstrak.

Secara spesifik, kamu bisa uraikan apa pencapaian dan kontribusimu yang terukur dan layak dibanggakan dalam pengelaman kerja sebelumnya.

Jika Anda masih fresh graduates, maka pencapaian dan pengalaman selama masa kuliah yang menonjol bisa kamu pamerkan dalam CV kamu.

2. Tidak Memperbarui Cover Letter

Kerap kali rasa malas hinggap ketika berkaitan dengan memperbarui resume dan cover letter dalam proses pencarian kerja. Padahal hal ini sangat penting, dalam meningkatkan kesempatanmu untuk mendapatkan pekerjaan.

Cover letter yang wow berisikan ringkasan yang jelas, spesifik dan mengesankan tentang kualifikasi dan pencapaia kinerjamu selama ini.

Jelaskan pada surat lamaran kerja alasan kamu merupakan kandidat ideal bagi pekerjaan tersebut, disertai dengan bukti kinerja di masa lalu yang relevan.

Sebuah cover letter yang bagus akan membuat rekruiter dengan seketika merasa kagum dengan isinya, dan segera ingin menghubungi kamu untuk segera melakukan tes wawasancara.

3. Apply Banyak Posisi ke Satu Perusahaan

Kesalahan lain dalam melamar kerja adalah mendaftar beberapa posisi di satu perusahaan. Terkadang karena belum merasa yakin dengan kemampuan diri dan posisi yang ingin dilamar, pelamar mendaftar beberapa posisi ke satu perusahaan.

Tentunya, hal ini akan menimbulkan keraguan bagi perusahaan tersebut. Sehingga berdampak pada ditolaknya lamaran kerja kamu.

Jadi, untuk menghindari hal ini sebaiknya kamu gali lagi job description dari posisi yang menarik minatmu, kemudian sesuaikan dengan kemampuan diri serta pengalamanmu, dan pastikan kamu melamar kerja pada satu posisi yang memang sesuai.

4. Tidak Membaca Deskripsi Pekerjaan dengan Teliti

Selain mendaftar banyak posisi di satu perusahaan, kesalahan umum yang terjadi saat lamar kerja adalah tidak membaca deskripsi pekerjaan dengan teliti. Jika kamu hanya asal apply saja tanpa mempertimbangkan deskripsi pekerjaan tersebut, maka kamu hanya akan membuang waktu.

Jadi, pastikan sebelum melamar pekerjaan, kamu sudah membaca deskripsi pekerjaan yang akan dilamar dengan hati-hati. Selain itu, pastikan kamu sesuai dengan kriteria tersebut.

5. Bersikap Kurang Profesional di Social Media

Seringkali tim rekrutmen akan mencari tahu para pelamar kerja melalui mesin pencari Google. Jika ada nama kamu di mesin pencarian, maka ada informasi yang muncul mengenai dirimu.

Karena itulah, sebelum melamar pekerjaan sebaiknya pastikan informasi mengenai dirimu menunjukkan hal yang positif. Selain kesan pertama yang dilihat oleh tim rekrutmen dari profil di media sosial, pastikan juga fotomu nampak profesional di social media.

Pasalnya, meski calon bosmu tidak dapat melihat isi social media milikmu, ia tetap dapat melihat gambar profilmu.

Jika salah satu dari foto ini menggambarkan negatif tentang dirimu, maka hal ini dapat meningkatkan risiko kamu dicoret dari panggilan wawancara kerja. Jadi, pastikan kamu bersikap hati-hati dan profesional di social media.

Selamatkan Kariermu dengan Cara yang Tepat 

Sekarang kamu sudah tahu apa saja kesalahan yang mungkin kamu lakukan saat melamar kerja, bukan?

Nah, untuk menyelamatkan kariermu dan kamu terhindar dari kesalahan di atas, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan selain memperbaiki kesalahan tersebut.

Adapun cara mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendaftarkan dirimu di situs talent marketplace seperti EKRUT.  

Kamu tidak perlu susah payah membuat CV, dan mengirimkannya satu per satu ke setiap perusahaan, atau bahkan melakukan kesalahan dengan melamar banyak posisi di satu perusahaan.

Cukup dengan mendaftarkan dirimu menggunakan akun LinkedIn, dan mengisi beberapa data diri, pekerjaan yang cocok akan langsung menghampirimu.

Langkah ini akan membantumu membuka peluang bagi ratusan perusahaan, serta startup yang ingin mencari kandidat seperti kamu.

KLIK DISINI untuk bergabung dengan para top talents lainnya demi mendapatkan pekerjaan impianmu sekarang.   

Penulis : Tsalis Annisa (strategimanajemen.net)

Ayo bagikan sebagai sedekah… 

A D I R A
All Right Reserved © www.ceramahmotivasi.com