Alasan Dan Cara Mengatur Keuangan Secara Efektif

bisnis

Masih suka dengan prinsip “mengalir” untuk kebutuhan finansial?

Sekarang saatnya Anda mengubah pola pikir ini. Karena begitu uang ada di tangan Anda, maka saat itulah Anda bertanggungjawab untuk mengaturnya.

adira-ads-web-kotak-4

Sebagai pengantar mengenai rangkaian Money Management dari AturDuit, berikut adalah beberapa poin yang harus diperhatikan. Terutama jika Anda berniat atau sudah mengajukan pinjaman.

Alasan kenapa Anda harus mengatur keuangan

Rasanya tanpa penjelasan pun Anda sudah memahami bahwa pengaturan keuangan penting untuk dilakukan. Berapapun penghasilan Anda, mau tidak mau, mengatur keuangan menjadi hal krusial yang bisa mempengaruhi kualitas hidup Anda, baik saat ini maupun masa depan.

Berikut adalah beberapa jawaban mengapa Anda harus mulai memikirkan bagaimana cara mengatur keuangan yang efektif.

  1. Agar Anda bisa bertahan dengan penghasilan yang ada
  2. Agar tidak terjebak utang berkepanjangan
  3. Agar bisa merencanakan masa depan yang mapan

Bukankah hidup Anda akan lebih tenang jika bisa mengendalikan aspek keuangan?

Kali ini, sebagai pengantar, akan kami jabarkan apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan secara sederhana di bawah ini.

Yang harus dilakukan

Dalam pengaturan keuangan ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Berikut adalah beberapa poin di antaranya.

  1. Buat catatan keuangan

Jika Anda mencari kata “budget” di mesin pencari Pusat Pengetahuan AturDuit, Anda akan menemukan berbagai informasi penting berkaitan dengan membuat catatan keuangan pribadi.

Hal ini karena kami menyadari bahwa membuat catatan adalah dasar dari pengaturan keuangan pribadi yang harus Anda lakukan.

  1. Buat prioritas

Pastinya Anda sadar akan poin ini. Membuat prioritas bisa membantu Anda dalam segala situasi keuangan. Memiliki prioritas keuangan memudahkan Anda dalam menentukan pengeluaran mana yang harus diutamakan dan mana yang bisa ditunda.

Misalnya, menjadikan pembayaran cicilan kredit sebagai prioritas pertama, lalu menentukan prioritas kedua dan selanjutnya.

  1. Tidak memaksakan diri

Yang kami maksudkan dengan tidak memaksakan diri adalah bersikap realistis. Tidak memaksakan diri untuk menjadi super irit, juga tidak memaksakan diri untuk membeli hal-hal yang tidak perlu.

Sesuaikan gaya hidup dengan penghasilan. Dengan demikian, Anda bisa menghindari utang yang tidak perlu.

Yang tidak boleh dilakukan

Selain hal-hal yang harus dilakukan, adapula beberapa hal yang tidak boleh dilakukan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Menunda pencatatan

Anda bisa melakukan pencatatan secara mingguan atau bulanan, dan harus dilakukan secara rutin. Menunda pencatatan bisa membuat Anda meremehkan detail pengeluaran yang justru penting.

  1. Tidak memiliki waktu untuk pengeluaran

Mencatat tidak hanya soal berapa rupiah yang masuk dan keluar. Lebih dari itu, Anda harus mencatat kapan tenggat waktu pengularan-pengeluaran penting. Seperti tagihan bulanan atau cicilan kredit.

Sederhana kan? Tapi memang butuh kesadaran untuk bisa disiplin menjalankannya. Selanjutnya, kami menyajikan rangakaian pengaturan keuangan lainnya untuk Anda yang baru memulai.

Sumber : aturduit.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…

 

All Right Reserved © www.ceramahmotivasi.com
Griya Kartika Bojong Gede 1,5 KM dari Stasiun Kereta...
Hello. Add your message here.