toyota-ads

Antara Yakin dan Ragu

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Mengetahui segala kejadian, menggolongkan kita sebagai orang-orang yang istiqomah dalam keimanan kepada-Nya. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, mudah-mudahan semakin hari kita menjadi semakin yakin kepada Alloh Swt. dengan keyakinan yang semakin kokoh. Karena keyakinan itu menentramkan, sedangkan keraguan itu menggelisahkan.

Sebagai contoh adalah orang yang mencari alamat. Kalau dia sudah mengetahui dengan yakin alamat yang ditujunya, maka ia akan berjalan dengan pasti dan mantap, hatinya pun tenang dan perjalanan bisa ia nikmati. Sedangkan orang yang ragu-ragu dengan alamat yang ia tuju, maka ia akan berjalan dengan gelisah, tidak tenang, tidak nyaman, bahkan bisa tidak aman.

Oleh karena itu, mari selalu periksa diri kita manakala kita sedang dilanda kegelisahan. Karena itu tanda keyakinan kita kepada Alloh Swt. sedang melemah. Tiba-tiba kita gelisah karena urusan jodoh, maka kita sedang kurang yakin Alloh Maha Menentukan. Tiba-tiba kita gelisah karena urusan rezeki, maka kita sedang kurang yakin Alloh Maha Memberi Rezeki. Gelisah karena urusan apa saja, penyebab utamanya adalah kita sedang kurang yakin kepada Alloh Swt. Sedangkan jika hati senantiasa ingat, yakin, terpaut kepada Alloh, maka hidup akan tenang, mantap dan jelas.

Alloh Swt. berfirman, “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Alloh-lah hati menjadi tentram.” (QS. Ar Ra’du [13] : 28)

Kita tentu mendambakan hidup yang tenang, mengarungi perjalanan di dunia dengan penuh kemantapan. Maka, kuncinya adalah yakin kepada Alloh Swt. Semoga kita termasuk orang-orang yang semakin yakin kepada Alloh sehingga tidak tersesat dalam hidup ini. Aamiin yaa robbal’aalamiin.

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar, Sumber: smstauhiid.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…

caldera-rafting

Rafting Seru Discount 10%  

Toyota C-HR
Promo Toyota Termurah Seluruh Indonesia dari Auto2000, Dealer Resmi Toyota
Kebahagiaan Bersama Cucu

Warisan 1 Milyar

3 thoughts on “Antara Yakin dan Ragu

  1. Today, I went to the beach with my kids. I found a sea shell and gave it to my 4 year old daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She put the shell to her ear and screamed. There was a hermit crab inside and it pinched her ear. She never wants to go back! LoL I know this is completely off topic but I had to tell someone!

  2. Having read this I thought it was very informative. I appreciate you taking the time and effort to put this article together. I once again find myself spending way to much time both reading and commenting. But so what, it was still worth it!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Kartu Kredit Syariah DAFTAR SEKARANG
Hello. Add your message here.