Bijak Terhadap Informasi

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Mengetahui segala isi hati, menggolongkan kita sebagai orang-orang yang ikhlas dalam beramal. Karena hanya orang-orang yang ikhlaslah yang akan memperoleh keridhoan Alloh Swt. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Ada orang yang menyebutkan bahwa zaman sekarang adalah zaman postmodern yang ditandai dengan melimpahnya informasi. Kalau dahulu informasi diperoleh dari orangtua atau dari guru, maka sekarang informasi bisa dengan mudah didapatkan, bahkan informasi bisa datang begitu saja ke tangan kita melalui ponsel kita. Informasi apa saja bisa kita dapatkan hanya dengan menggerakkan sedikit saja jari kita. Kemajuan teknologi informasi pasti karunia dari Alloh Swt.

Zaman sekarang, seorang anak bisa jauh lebih pintar daripada orangtua atau gurunya. Mengapa? Karena anak-anak zaman sekarang lebih cepat akrab dengan perangkat komunikasi dan teknologi informasi. Demikian juga dengan orang dewasa, akan sangat mudah mendapatkan informasi bahkan belajar suatu ilmu pun bisa dengan sangat mudah.

Akantetapi, kemajuan ini tetap memiliki potensi buruk jikalau kita tidak bijak menyikapinya. Apalagi kemudahan informasi mengakibatkan sulitnya kita membedakan mana informasi yang benar dan mana yang tidak benar, mana yang jujur dan mana yang dusta. Belum ditambah dengan kegemaran orang-orang zaman sekarang yang saling menyebarkan berita meski belum bisa dipastikan kebenarannya.

Nah saudaraku, penting sekali bagi kita untuk bisa beradaptasi dengan kemajuan yang pesat ini. Kita perlu untuk punya kemampuan mengoprasikan perangkat komunikasi dan informasi seperti ponsel pintar. Dan, pada saat yang bersamaan kita pun perlu melatih diri kita untuk mengaktifkan filter dalam akal kita supaya tidak mudah percaya begitu saja pada informasi yang datang. Latihlah diri kita untuk senantiasa mencari kebenaran dari sebuah informasi, apalagi jika kita berniat menyebarkannya kembali.

Alloh Swt. berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.” (QS. Al Hujurot [49] : 6)

Dari ayat mulia ini kita bisa memetik hikmah tentang pentingnya budaya tabayyun atau mengklarifikasi, memastikan kebenaran suatu berita sesuai dengan kapasitas kemampuan kita. Informasi yang benar akan memberikan manfaat bagi kita dan lebih banyak orang. Sebaliknya, informasi yang keliru tidak akan memberikan manfaat malah bisa mendatangkan madhorot yang lebih besar. Semoga kita termasuk orang-orang yang bijak dalam menyikapi suatu informasi. Aamiin yaa Robbal’aalamiin. 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar, Sumber: smstauhiid.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Branz
BRANZ Mega Kuningan Apartment Jakarta Selatan, Hanya 1.8 Milyar, Pesan Sekarang!
Yuk Gabung PropertyPRO! Dapatkan Komisi Jutaan Rupiah dari Penjualan Properti Terbaik di Indonesia
Yuk Gabung PropertyPRO! Dapatkan Komisi Jutaan Rupiah dari Penjualan Properti Terbaik di Indonesia 
caldera-rafting

Rafting Seru Discount 10%  

New Honda Civic 2019 Rp507 Juta, Pesan Sekarang! 085773713808
New Honda Civic 2019 Rp507 Juta, Pesan Sekarang! 085773713808
Emas Batangan
Warisan 1 Milyar > SELENGKAPNYA 
Bisnis Tanpa Modal! Jual Tiket DUFAN, Komisi 10 Ribu per Tiket... SELENGKAPNYA
Mau ke Dufan Ancol? Beli Tiket Online di Sini! 》BELI SEKARANG 
Mau Bikin PT (Perseroan Terbatas)? Hanya 10 Juta Saja, Hubungi Kami Sekarang!
Mau Bikin PT (Perseroan Terbatas)? Hanya 10 Juta Saja, Hubungi Kami Sekarang!
#UmrohYuk Hanya 20 Juta Saja
#UmrohYuk Hanya 20 Juta Saja 》 DAFTAR SEKARANG 
Toyota C-HR
Promo Toyota Termurah Seluruh Indonesia dari Auto2000, Dealer Resmi Toyota
KPR Syariah Tanpa Riba, Sampai 25 Milyar, Ajukan Sekarang!
KPR Syariah Tanpa Riba, Sampai 25 Milyar, Ajukan Sekarang!
20190210_081324
Booster Signal Handphone, Penguat Sinyal HP di Area Miskin Sinyal 》 BELI SEKARANG

7 thoughts on “Bijak Terhadap Informasi

  1. I simply wished to say thanks again. I do not know the things that I might have gone through without these tactics contributed by you concerning that theme. It became an absolute scary setting in my position, however , being able to see your professional avenue you processed that forced me to weep for gladness. Now i’m grateful for this help and have high hopes you really know what an amazing job you were putting in instructing many others with the aid of your web blog. I’m certain you’ve never met all of us.

  2. Hiya very cool website!! Guy .. Excellent .. Superb .. I’ll bookmark your site and take the feeds additionally…I’m happy to seek out so many useful information here in the post, we need develop more strategies on this regard, thank you for sharing. . . . . .

  3. Youre so cool! I dont suppose Ive learn something like this before. So good to find somebody with some authentic thoughts on this subject. realy thanks for starting this up. this web site is something that’s needed on the web, somebody with somewhat originality. helpful job for bringing something new to the internet!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Kartu Kredit Syariah DAFTAR SEKARANG
Hello. Add your message here.