Dosa Pertama Bernama Dengki

Alhamdulillah. Segala puji hanyalah milik Alloh Swt. Dialah Alloh, Dzat yang menghidupkan yang mati dan mematikan yang hidup. Dialah Alloh, Dzat yang mencukupi seluruh makhluk di alam semesta ini secara tepat. Hanya kepada Alloh kita berserah diri dan hanya kepada-Nya kita memohon perlindungan. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada kekasih Alloh, baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, tentu kita sudah seringkali mendengar kisah kedurhakaan iblis kepada Alloh Swt. Iblis membangkan terhadap perintah Alloh yang memerintahkannya untuk sujud kepada nabi Adam a.s sebagai wujud penghormatan kepadanya dan ketaatan kepada Alloh Swt. Akan tetapi iblis menolaknya karena kedengkian kepada nabi Adam. Iblis merasa dirinya lebih baik dibandingkan nabi Adam, karena ia tercipta dari api sedangkan nabi Adam tercipta dari saripati tanah.

Maka, akibat dari pembangkangannya itu, Alloh pun murka kepada iblis. Padahal iblis lebih dahulu mengenal Alloh dibandingkan nabi Adam. Iblis pun lebih dahulu taat kepada Alloh dibandingkan nabi Adam. Akan tetapi, kebaikan-kebaikannya hangus sirna akibat rasa dengki terhadap nabi Adam a.s. Inilah peristiwa kedengkian yang terjadi pertama kali. Kemudian kita bisa melihat akibatnya seperti apa. Iblis menjadi makhluk terkutuk.

Saudaraku, jadi jangan merasa aman dengan ilmu yang sudah kita miliki atau dengan amal kebaikan yang sudah kita lakukan. Peliharalah diri kita dari perbuatan-perbuatan yang tidak disukai oleh Alloh, karena boleh jadi perbuatan-perbuatan tersebutlah yang justru akan menghanguskan amal kebaikan diri kita sendiri.

Kisah lain yang juga mengingatkan kita akan bahaya dengki adalah peristiwa Habil dan Qobil. Dimana Qobil membunuh Habil. Peristiwa ini juga terjadi karena kedengkian, yaitu karena Qobil tidak terima Habil mendapatkan pasangan yang lebih cantik parasnya. Kedengkian telah merusak hatinya dan membutakannya sehingga terjadilah peristiwa pembunuhan itu.

Al Qurtubhi menerangkan, “Dengki adalah dosa yang pertama kali dilakukan di langit dan di bumi. Di langit adalah dengkinya iblis kepada nabi Adam a.s, dan di bumi adalah dengkinya Qobil kepada Habil.”

Dengki adalah sifat yang tidak disukai Alloh dan bertentangan dengan petunjuk Rosululloh Saw. yang berpesan, “Tidak sempurna iman salah seorang di antara kalian sampai ia mencintai untuk saudaranya apa yang ia cintai bagi dirinya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Semoga kita tergolong orang-orang yang selamat, yaitu yang senantiasa membersihkan hati dari bibit-bibit penyakit dengki. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar, Sumber: smstauhiid.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Ema Suhra, Wisudawan Termuda UNM 2017/2018 (unm.com)
Perencanaan Dana Kuliah Anak, 150 Ribu per Bulan... SELENGKAPNYA   
 
Snow
Mau Main Salju? Ayo ke Trans Snow World Juanda Bekasi 》 BELI TIKET
Branz
BRANZ Mega Kuningan Apartment Jakarta Selatan, Hanya 1.8 Milyar, Pesan Sekarang!
Yuk Gabung PropertyPRO! Dapatkan Komisi Jutaan Rupiah dari Penjualan Properti Terbaik di Indonesia
Yuk Gabung PropertyPRO! Dapatkan Komisi Jutaan Rupiah dari Penjualan Properti Terbaik di Indonesia 
caldera-rafting

Rafting Seru Discount 10%  

New Honda Civic 2019 Rp507 Juta, Pesan Sekarang! 085773713808
New Honda Civic 2019 Rp507 Juta, Pesan Sekarang! 085773713808
Emas Batangan
Warisan 1 Milyar > SELENGKAPNYA 
Bisnis Tanpa Modal! Jual Tiket DUFAN, Komisi 10 Ribu per Tiket... SELENGKAPNYA
Mau ke Dufan Ancol? Beli Tiket Online di Sini! 》BELI SEKARANG 
Mau Bikin PT (Perseroan Terbatas)? Hanya 10 Juta Saja, Hubungi Kami Sekarang!
Mau Bikin PT (Perseroan Terbatas)? Hanya 10 Juta Saja, Hubungi Kami Sekarang!
#UmrohYuk Hanya 20 Juta Saja
#UmrohYuk Hanya 20 Juta Saja 》 DAFTAR SEKARANG 
Toyota C-HR
Promo Toyota Termurah Seluruh Indonesia dari Auto2000, Dealer Resmi Toyota
KPR Syariah Tanpa Riba, Sampai 25 Milyar, Ajukan Sekarang!
KPR Syariah Tanpa Riba, Sampai 25 Milyar, Ajukan Sekarang!
20190210_081324
Booster Signal Handphone, Penguat Sinyal HP di Area Miskin Sinyal 》 BELI SEKARANG
Kartu Kredit Syariah DAFTAR SEKARANG
Hello. Add your message here.