Jangan Menuhankan Ikhtiar

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh yang menggenggam seluruh makhluk-Nya. Dialah Dzat Yang Maha Dekat, Maha Tahu lagi Maha Kuasa atas segalanya secara sempurna. Semoga sholawat dan salam senantiasa tercurah kepada Rosululloh Saw.

Saudaraku, sesungguhnya Alloh Maha Kuasa atas seluruh makhluk dan segala kejadian. Tiada satupun peristiwa sekecil dan sehalus apapun yang terjadi di alam semesta ini kecuali karena Alloh mengizinkannya terjadi. Bergabung seluruh jin dan manusia untuk melakukan sesuatu, jikalau Alloh tidak mengizinkan maka pasti tidak akan terjadi.

Alloh Swt. berfirman, “…Barangsiapa bertakwa kepada Alloh niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Alloh niscaya Alloh akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Alloh melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Alloh telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. Ath Tholaq [65]:2-3)

Kita memang harus menyempurnakan ikhtiar, sebagai bentuk ibadah kita kepada Alloh Swt. Akan tetapi jangan sampai kita menuhankan ikhtiar kita, seolah hanya dengan usaha kita sendirilah kita bisa berhasil, seolah hanya dengan kecerdasan kita sendirilah kita bisa meraih sukses. Tidak demikian, karena sesungguhnya Alloh yang memberi kekuatan dan kemampuan kepada kita, Alloh pula yang memberi ilmu pengetahuan kepada kita. Juga Alloh yang memberikan kesempatan kepada kita untuk berusaha.

Kewajiban kita adalah menjadikan segala karunia dari Alloh itu sebagai ladang amal sholeh, mengisinya dengan ikhtiar yang sempurna sesuai dengan apa yang Alloh ridhoi; menempuh jalan yang halal dan menjauhi yang haram dan yang syubhat.

Kita pergi ke dokter, meminum obat, adalah langkah kita menyempurnakan ikhtiar agar sembuh dari sakit. Sedangkan yang memberikan sehat kepada kita, yang mengangkat sakit kita hanyalah Alloh Swt. Kita pergi ke sekolah, berlajar dari para guru, adalah langkah kita menyempurnakan ikhtiar agar menjadi orang yang berilmu. Sedangkan yang memiliki dan memberikan ilmu kepada kita hakikatnya hanyalah Alloh Swt.

Saudaraku, marilah kita sempurnakan ikhtiar kita sebagai bentuk ibadah kepada Alloh Swt. Semoga Alloh ridho kepada kita dan melimpahi kita dengan pertolongan dan keselamatan. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin. 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar, Sumber: smstauhiid.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Ema Suhra, Wisudawan Termuda UNM 2017/2018 (unm.com)
Perencanaan Dana Kuliah Anak, 150 Ribu per Bulan... SELENGKAPNYA   
 
Snow
Mau Main Salju? Ayo ke Trans Snow World Juanda Bekasi 》 BELI TIKET
Branz
BRANZ Mega Kuningan Apartment Jakarta Selatan, Hanya 1.8 Milyar, Pesan Sekarang!
Yuk Gabung PropertyPRO! Dapatkan Komisi Jutaan Rupiah dari Penjualan Properti Terbaik di Indonesia
Yuk Gabung PropertyPRO! Dapatkan Komisi Jutaan Rupiah dari Penjualan Properti Terbaik di Indonesia 
caldera-rafting

Rafting Seru Discount 10%  

New Honda Civic 2019 Rp507 Juta, Pesan Sekarang! 085773713808
New Honda Civic 2019 Rp507 Juta, Pesan Sekarang! 085773713808
Emas Batangan
Warisan 1 Milyar > SELENGKAPNYA 
Bisnis Tanpa Modal! Jual Tiket DUFAN, Komisi 10 Ribu per Tiket... SELENGKAPNYA
Mau ke Dufan Ancol? Beli Tiket Online di Sini! 》BELI SEKARANG 
Mau Bikin PT (Perseroan Terbatas)? Hanya 10 Juta Saja, Hubungi Kami Sekarang!
Mau Bikin PT (Perseroan Terbatas)? Hanya 10 Juta Saja, Hubungi Kami Sekarang!
#UmrohYuk Hanya 20 Juta Saja
#UmrohYuk Hanya 20 Juta Saja 》 DAFTAR SEKARANG 
Toyota C-HR
Promo Toyota Termurah Seluruh Indonesia dari Auto2000, Dealer Resmi Toyota
KPR Syariah Tanpa Riba, Sampai 25 Milyar, Ajukan Sekarang!
KPR Syariah Tanpa Riba, Sampai 25 Milyar, Ajukan Sekarang!
20190210_081324
Booster Signal Handphone, Penguat Sinyal HP di Area Miskin Sinyal 》 BELI SEKARANG

4 thoughts on “Jangan Menuhankan Ikhtiar

  1. My brother recommended I might like this blog. He was once entirely right. This post actually made my day. You cann’t consider simply how so much time I had spent for this information! Thank you!

  2. Do you mind if I quote a couple of your posts as long as I provide credit and sources back to your weblog? My website is in the exact same niche as yours and my users would truly benefit from some of the information you present here. Please let me know if this alright with you. Appreciate it!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Kartu Kredit Syariah DAFTAR SEKARANG
Hello. Add your message here.