Jika Hati Ingat Pada Alloh

Segala puji hanya milik Alloh Swt. Sesungguhnya Alloh selalu melihat perbuatan kita. Alloh selalu mendengar setiap bisikan kita. Alloh mengetahui apapun rahasia kita. Tak ada yang tersembunyi dari-Nya sekecil apapun. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Sahabatku, dimanapun kita berada, kapanpun kita berada, sesungguhnya Alloh pasti memperhatikan kita. Dimanapun kita berada, kapanpun kita berada, sesungguhnya ada malaikat yang mencatat setiap ucapan dan amal perbuatan kita.

Alloh dan malaikat-Nya memang ghoib, kita tidak bisa melihatnya. Akan tetapi, jikalau seseorang memiliki iman yang kuat, walaupun Alloh dan malaikat tidak nampak pada pandangan matanya, namun ia yakin bahwa ia selalu ada dalam pengawasan-Nya. Ia meyakini itu seolah ia sedang melihat Alloh secara langsung. Rosululloh Saw. menerangkan hal ini sebagai konsep ihsan.

Ketika malaikat Jibril a.s bertanya kepada Rosululloh Saw. mengenai ihsan, maka beliau Saw. bersabda, Hendaklah engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihatNya. Kalaupun engkau tidak melihatNya, sesungguhnya Dia melihatmu.(HR. Muslim)

Semakin kuat iman seseorang, maka semakin mudah ia untuk selalu ingat kepada Alloh Swt. Sebaliknya, semakin lemah imannya, maka akan semakin jauh dia dari mengingat Alloh Swt. Kita perlu mengukur kadar keimanan kita. Mengukurnya bukan dengan pengakuan lisan, tapi dengan kejujuran hati.

Ada orang yang ingat kepada Alloh hanya ketika ditanya saja. Jika tidak ditanya, maka dia lupa. Semakin seseorang ingat terus kepada Alloh, dalam setiap keadaan, maka itu tanda iman yang bagus. Semakin imannya bagus, yakin kepada Alloh, maka dunia ini baginya semakin tidak menarik. Mengapa? Karena yang menarik baginya hanyalah Alloh Swt. Semakin imannya bagus, maka semakin tidak tertarik ia untuk bergantung kepada makhluk. Mengapa? Karena satu-satunya tempat bergantung baginya hanyalah Alloh Swt.

Semakin kuat iman seseorang, maka pangkat dan jabatan baginya tak berarti lagi. Karena ia akan fokus pada tanggungjawab menjalankannya. Ia ingat bahwa itu adalah amanah dan akan diperhitungkan di hadapan Alloh Swt. di yaumil hisab. Ia tidak akan membangga-banggakan pangkat, jabatan itu, karena yang terbayang olehnya adalah pertanggungjawaban atas amanah itu. Ia tidak akan membangga-banggakan harta kekayaan, karena yang terbayang olehnya adalah hisabnya, setiap satu sen yang ia gunakan akan dipertanggungjawabkan. Maa syaa Alloh.

Maka dari itu saudaraku, penting bagi kita mengupayakan agar iman kita selalu meningkat. Iman kita memang akan naik turun, namun penting bagi kita berikhtiar agar setelah turun, selalu naik lagi lebih tinggi dan lebih tinggi lagi. Kuncinya adalah dengan mengingat Alloh Swt. di setiap waktu kita, selalu menghadirkan Alloh di dalam hati dan pikiran kita.

Karena Alloh Swt. berfirman, (Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar Ra’du [13] : 28)

Semoga kita tergolong orang-orang yang senantiasa mengingat Alloh Swt. dalam keadaan apapun. Sehingga kita memiliki iman yang kuat dan meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin. 

Ditulis oleh: KH. Abdullah Gymnastiar, Sumber: smstauhiid.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Branz
BRANZ Mega Kuningan Apartment Jakarta Selatan, Hanya 1.8 Milyar, Pesan Sekarang!
Yuk Gabung PropertyPRO! Dapatkan Komisi Jutaan Rupiah dari Penjualan Properti Terbaik di Indonesia
Yuk Gabung PropertyPRO! Dapatkan Komisi Jutaan Rupiah dari Penjualan Properti Terbaik di Indonesia 
caldera-rafting

Rafting Seru Discount 10%  

New Honda Civic 2019 Rp507 Juta, Pesan Sekarang! 085773713808
New Honda Civic 2019 Rp507 Juta, Pesan Sekarang! 085773713808
Emas Batangan
Warisan 1 Milyar > SELENGKAPNYA 
Bisnis Tanpa Modal! Jual Tiket DUFAN, Komisi 10 Ribu per Tiket... SELENGKAPNYA
Mau ke Dufan Ancol? Beli Tiket Online di Sini! 》BELI SEKARANG 
Mau Bikin PT (Perseroan Terbatas)? Hanya 10 Juta Saja, Hubungi Kami Sekarang!
Mau Bikin PT (Perseroan Terbatas)? Hanya 10 Juta Saja, Hubungi Kami Sekarang!
#UmrohYuk Hanya 20 Juta Saja
#UmrohYuk Hanya 20 Juta Saja 》 DAFTAR SEKARANG 
Toyota C-HR
Promo Toyota Termurah Seluruh Indonesia dari Auto2000, Dealer Resmi Toyota
KPR Syariah Tanpa Riba, Sampai 25 Milyar, Ajukan Sekarang!
KPR Syariah Tanpa Riba, Sampai 25 Milyar, Ajukan Sekarang!
20190210_081324
Booster Signal Handphone, Penguat Sinyal HP di Area Miskin Sinyal 》 BELI SEKARANG

8 thoughts on “Jika Hati Ingat Pada Alloh

  1. Nice post. I learn something new and challenging on websites
    I stumbleupon everyday. It’s always exciting to read through content from other authors and
    practice a little something from other sites.

  2. Howdy I am so thrilled I found your blog, I really found you by error, while I was looking on Google for something else, Nonetheless I am here now and would just like to say thanks for a fantastic post and a all round interesting blog (I also love the theme/design), I don’t have time to look over it all at the moment but I have book-marked it and also added your RSS feeds, so when I have time I will be back to read a great deal more, Please do keep up the excellent work.

  3. A lot of thanks for every one of your hard work on this web site. Kate loves participating in research and it is simple to grasp why. I notice all relating to the compelling mode you render very helpful strategies by means of this website and boost contribution from the others about this issue plus our favorite daughter is without a doubt studying a great deal. Take advantage of the rest of the year. You are performing a tremendous job.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Kartu Kredit Syariah DAFTAR SEKARANG
Hello. Add your message here.