Kunci Syukur [3]

kunci-syukur-3

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Mengetahui kebutuhan kita dan Maha Mencukupi seluruh kebutuhan makhluk-Nya, menggolongkan kita sebagai ahli syukur. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Kunci menjadi ahli syukur yang ketiga adalah gemar berterimakasih kepada manusia yang telah menjadi jalan kebaikan bagi kita. Dalam hidup kita pasti banyak keterlibatan orang lain untuk memenuhi berbagai urusan kita. Kita lahir ke dunia, tumbuh dan berkembang adalah karena keterlibatan tangan orangtua kita. Kita bisa berpakaian adalah karena banyak keterlibatan tangan orang lain mulai dari petani kapas, tukang tenun, penjahit, pedagang. Kita pun bisa makan setiap hari karena keterlibatan tangan orang lain, mulai dari petani, nelayan, pedagang hingga yang masak.

SPECIAL PROMO Discount 10% paket arung jeram dan penginapan di Caldera Indonesia. Tersedia juga program outbound, corporate gathering, meeting, paint ball, flying fox, dll. Hubungi +6285773713808 Info klik www.ceramahmotivasi.com/promo/caldera/

Maasyaa Alloh! Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita terampil berterima kasih kepada orang lain yang telah turut andil dalam membantu memenuhi kebutuhan kita. Alloh Swt. senang kepada hamba-hamba-Nya yang pandai berterimakasih. Alloh Swt. berfirman, “Bersyukurlah kepada-Ku dan (berterima kasihlah) kepada dua orang ibu bapakmu.” (Luqman [31] : 14)

Demikian juga Rosululloh Saw. mengajarkan bahwa berterimakasih kepada manusia adalah bentuk rasa syukur kepada Alloh Swt. Rosululloh Saw. bersabda, “Barangsiapa yang tidak berterima kasih kepada manusia maka dia tidak bersyukur kepada Allah.” (HR. Ahmad)

Dalam hadits lain Rosululloh Saw. bersabda, “Orang yang paling bersyukur kepada Allah adalah mereka yang paling bersyukur kepada manusia.” (HR. Baihaqi). Ungkapan rasa terima kasih kepada sesama manusia itu banyak caranya. Bisa dengan mengungkapan dengan ucapan lisan. Bisa juga dengan mendoakan atau dengan cara membalas kebaikannya.

Biasakanlah untuk selalu berusaha membalas kebaikan orang lain meskipun tentu orang yang membantu kita itu tidak berharap pamrih atau balas jasa. Akan tetapi, membalas kebaikan adalah bentuk rasa syukur kita kepada Alloh dan agar kita tidak berhutang budi. Jangan sampai ada dalam hati kita rasa nyaman terus-menerus dibantu orang lain sedangkan kita tidak melakukan hal yang sama terhadapnya. Syukurilah bantuan yang datang kepada kita dengan cara membantu meringankan keperluan orang lain pula.

Rosululloh Saw. bersabda, “Dan barangsiapa yang berbuat kebaikan kepadamu maka balaslah dia.” (HR. Abu Daud, Nasai, Ahmad)

Saudaraku, bersyukur adalah ikhtiar kita mengikat nikmat Alloh yang sudah kita terima dan mengundang datangnya nikmat lain yang belum kita terima. Alloh mencintai hamba-Nya yang bersyukur. Semoga kita termasuk orang-orang yang mencintai Alloh dan dicintai oleh-Nya. Aamiin ya Robbal’aalamiin. 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar, Sumber: smstauhiid.com

 

Ema Suhra, Wisudawan Termuda UNM 2017/2018 (unm.com)
Perencanaan Dana Kuliah Anak, 150 Ribu per Bulan... SELENGKAPNYA   
 
Snow
Mau Main Salju? Ayo ke Trans Snow World Juanda Bekasi 》 BELI TIKET
Branz
BRANZ Mega Kuningan Apartment Jakarta Selatan, Hanya 1.8 Milyar, Pesan Sekarang!
Yuk Gabung PropertyPRO! Dapatkan Komisi Jutaan Rupiah dari Penjualan Properti Terbaik di Indonesia
Yuk Gabung PropertyPRO! Dapatkan Komisi Jutaan Rupiah dari Penjualan Properti Terbaik di Indonesia 
caldera-rafting

Rafting Seru Discount 10%  

New Honda Civic 2019 Rp507 Juta, Pesan Sekarang! 085773713808
New Honda Civic 2019 Rp507 Juta, Pesan Sekarang! 085773713808
Emas Batangan
Warisan 1 Milyar > SELENGKAPNYA 
Bisnis Tanpa Modal! Jual Tiket DUFAN, Komisi 10 Ribu per Tiket... SELENGKAPNYA
Mau ke Dufan Ancol? Beli Tiket Online di Sini! 》BELI SEKARANG 
Mau Bikin PT (Perseroan Terbatas)? Hanya 10 Juta Saja, Hubungi Kami Sekarang!
Mau Bikin PT (Perseroan Terbatas)? Hanya 10 Juta Saja, Hubungi Kami Sekarang!
#UmrohYuk Hanya 20 Juta Saja
#UmrohYuk Hanya 20 Juta Saja 》 DAFTAR SEKARANG 
Toyota C-HR
Promo Toyota Termurah Seluruh Indonesia dari Auto2000, Dealer Resmi Toyota
KPR Syariah Tanpa Riba, Sampai 25 Milyar, Ajukan Sekarang!
KPR Syariah Tanpa Riba, Sampai 25 Milyar, Ajukan Sekarang!
20190210_081324
Booster Signal Handphone, Penguat Sinyal HP di Area Miskin Sinyal 》 BELI SEKARANG
Kartu Kredit Syariah DAFTAR SEKARANG
Hello. Add your message here.