Al Ba’its, Alloh Yang Maha Membangkitkan

allah13

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt., Dzat Yang Maha Membangkitkan. Tiada yang patut disembah selain Alloh, tiada yang bisa dijadikan sandaran selain hanya Alloh. Hanya kepada Alloh kita memohon dan hanya kepada-Nya kita akan kembali. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Salah satu asma Alloh adalah Al Ba’its yang maknanya berkisar pada kebangkitan; mengutus seseorang; atau membangkitkannya; atau menuju suatu tempat; atau mendorong untuk melaju; atau menghidupkan kembali makhluk yang mati dan membangkitkannya dari alam kubur. Setiap kata yang menggunakan rangkaian huruf ba, ‘ain dan tsa memiliki makna di antara makna-makna tersebut tadi.

Imam Al Qurthubi menyimpulan bahwa kata yang tersusun dari ketiga huruf ini menggerakkan yang diam dan menampakkan yang tersembunyi. Alloh Swt. disebut Al Ba’its, Yang Maha Membangkitkan karena akan ada saatnya manusia tidak berdaya. Baik tidak berdaya karena kurang ilmu, tidak berdaya karena kurang iman, tidak berdaya karena kurang finansial, atau tidak berdaya karena kurang sehat. Akan ada saatnya kita tidak berdaya. Dan yang terberat adalah tidak berdaya karena ajal tiba.

Alloh yang menggenggam segala makhluk, Maka Kuasa Membangkitkan segalanya. Karena kita semua ada dalam kekuasaan Alloh. Di dalam Al Quran Alloh Swt. berfirman, Dan Dialah yang menidurkan kamu di malam hari dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan di siang hari, kemudian Dia membangunkan kamu pada siang hari untuk disempurnakan umur(mu) yang telah ditentukan, kemudian kepada Alloh-lah kamu kembali, lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yang dahulu kamu kerjakan.” (QS. Al An’am [6] : 60)

Tidak ada yang bisa menidurkan makhluk, kecuali Alloh Swt. Tidak ada obat tidur yang bisa membuat manusia tertidur, kecuali Alloh menghendakinya untuk tertidur. Tidak ada yang bisa menjamin tidur malam kita akan berlanjut dengan bangun kembali di pagi hari. Tidak ada yang bisa menjaminnya karena hanya Alloh yang kuasa membangkitkan kita kembali.

Oleh karena itulah dalam doa sebelum tidur kita mengucap, “Bismika Allohumma ahya wa bismika amuut, dengan nama-Mu ya Alloh hamba hidup dan dengan nama-Mu hamba mati.”

Rosululloh Saw. mengajarkan kepada kita untuk berwudhu sebelum tidur, membaca Al Fatihah dan berdoa. Mengapa? Karena kita tidak tahu apakah nanti kita akan bangun kembali atau tidak.

Demikian juga Alloh Swt. Maha Membangkitkan makhluk yang mati. Tidak ada yang sulit bagi Alloh. Sebagaimana firman-Nya, “..Padahal kamu tadinya mati, lalu Alloh menghidupkan kamu, kemudian kamu dimatikan dan dihidupkan-Nya kembali, kemudian kepada-Nya-lah kamu dikembalikan?” (QS. Al Baqoroh [2] : 28)

Alloh yang menghidupkan tanah yang tadinya gersang dan mati. Alloh yang menumbuhkan di atasnya berbagai pepohonan. Semoga kita semakin meyakini keagungan dan kebesaran Alloh dan semakin dekat dengan-Nya. Dan semoga Alloh kelak membangkitkan kita kembali dalam keadaan yang selamat. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin. 

Oleh : KH. Abdullah Gymnastiar, Sumber : smstauhid.com

Baca juga :

Ema Suhra, Wisudawan Termuda UNM 2017/2018 (unm.com)
Perencanaan Dana Kuliah Anak, 150 Ribu per Bulan... SELENGKAPNYA   
 
Snow
Mau Main Salju? Ayo ke Trans Snow World Juanda Bekasi 》 BELI TIKET
Branz
BRANZ Mega Kuningan Apartment Jakarta Selatan, Hanya 1.8 Milyar, Pesan Sekarang!
Yuk Gabung PropertyPRO! Dapatkan Komisi Jutaan Rupiah dari Penjualan Properti Terbaik di Indonesia
Yuk Gabung PropertyPRO! Dapatkan Komisi Jutaan Rupiah dari Penjualan Properti Terbaik di Indonesia 
caldera-rafting

Rafting Seru Discount 10%  

New Honda Civic 2019 Rp507 Juta, Pesan Sekarang! 085773713808
New Honda Civic 2019 Rp507 Juta, Pesan Sekarang! 085773713808
Emas Batangan
Warisan 1 Milyar > SELENGKAPNYA 
Bisnis Tanpa Modal! Jual Tiket DUFAN, Komisi 10 Ribu per Tiket... SELENGKAPNYA
Mau ke Dufan Ancol? Beli Tiket Online di Sini! 》BELI SEKARANG 
Mau Bikin PT (Perseroan Terbatas)? Hanya 10 Juta Saja, Hubungi Kami Sekarang!
Mau Bikin PT (Perseroan Terbatas)? Hanya 10 Juta Saja, Hubungi Kami Sekarang!
#UmrohYuk Hanya 20 Juta Saja
#UmrohYuk Hanya 20 Juta Saja 》 DAFTAR SEKARANG 
Toyota C-HR
Promo Toyota Termurah Seluruh Indonesia dari Auto2000, Dealer Resmi Toyota
KPR Syariah Tanpa Riba, Sampai 25 Milyar, Ajukan Sekarang!
KPR Syariah Tanpa Riba, Sampai 25 Milyar, Ajukan Sekarang!
20190210_081324
Booster Signal Handphone, Penguat Sinyal HP di Area Miskin Sinyal 》 BELI SEKARANG

3 thoughts on “Al Ba’its, Alloh Yang Maha Membangkitkan

  1. Undeniably imagine that that you stated. Your favourite reason appeared to be at the net the easiest factor to consider of. I say to you, I definitely get annoyed even as folks consider concerns that they just don’t recognize about. You controlled to hit the nail upon the highest and outlined out the whole thing without having side-effects , folks can take a signal. Will probably be back to get more. Thank you

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Kartu Kredit Syariah DAFTAR SEKARANG
Hello. Add your message here.