Al Ghofar, Alloh Yang Maha Menutupi

allah13

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. yang telah menciptakan alam semesta ini dengan segala isinya, mengurusnya dan mencukupi seluruh rezekinya. Tiada yang bisa menandingi kekuasaan-Nya. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Semoga Alloh Yang Maha Menutupi keburukan, menggolongkan kita menjadi orang yang sadar akan keburukan diri kita sendiri dan bisa memperbaikinya. Dan, semoga Alloh yang menampilkan keindahan, benar-benar memperindah lahir dan batin kita, sehingga kita bisa terbebas dari sifat munafik yang hanya sibuk ingin terlihat bagus pada pandangan manusia, tapi tidak peduli penilaian dalam pandangan Alloh Swt.

Salah satu asma Alloh adalah Al Ghofar, yang secara bahasa artinya ‘menutup’. Apa yang ditutup oleh Alloh? Setidaknya ada tiga hal. Pertama, Alloh menutupi yang buruk dan pada saat yang sama Alloh memperlihatkan yang indah. Contoh, sebenarnya apa yang nampak oleh mata kita atau di depan kamera itu adalah tutup. Sedangkan apa yang ada di balik wajah kita ini ada jaringan otot, tulang tengkorak dan syaraf yang apabila ditampakkan akan mengerikan.

Kedua, Alloh menutupi apa yang terlintas dalam pikiran kita. Orang lain tidak pernah tahu apa yang sedang kita pikirkan. Apa yang akan terjadi seandainya lintasan pikiran kita diketahui orang lain, tentu akan kacau hidup ini. Setiap kali kita berpikiran buruk tentang seseorang yang ada di depan kita, maka akan diketahui.

Maha Besar Alloh yang telah menutupinya. Meskipun orang lain tidak mengetahui lintasan pikiran kita, namun Alloh Maha Mengetahui. Alloh Swt. berfirman, “..dan Kami mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya..” (QS. Qof [50] : 16)

Ketiga, ini yang lebih luar biasa adalah Alloh tutupi aib dan keburukan kita sehingga tidak diketahui oleh orang lain. Jika saja setiap orang mengetahui aib dan keburukan sesamanya, maka tentu murid tak mau mendengarkan gurunya, umat tidak mau mendengar nasehat ulamanya, bahkan anak pun boleh jadi tidak mau mematuhi orangtuanya. Maka, Alloh menutupi semua itu sebagai kesempatan bagi setiap kita memperbaiki diri dan supaya kehidupan di dunia ini berjalan dengan tenang.

Pada saat yang sama, Alloh Swt. memperlihatkan ilmu kita yang sedikit menjadi seperti banyak sehingga menjadi pelajaran bagi orang lain. Alloh memperlihatkan sholat kita yang tidak khusyu menjadi seperti khusyu sehingga menjadi ibroh bagi orang lain. Banyak hal yang sebenarnya kecil, tidak ada apa-apanya, namun Alloh perlihatkan semua itu di dalam pandangan manusia menjadi nampak besar dan berarti sehingga di antara manusia terjadi sikap saling menghargai dan menghormati.

Maha Suci Alloh Yang Maha Menutupi. Semoga kita semakin mengenal dan dekat dengan Alloh Swt. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.

Oleh : KH. Abdullah Gymnastiar, Sumber : smstauhid.com

Baca juga :

Ema Suhra, Wisudawan Termuda UNM 2017/2018 (unm.com)
Perencanaan Dana Kuliah Anak, 150 Ribu per Bulan... SELENGKAPNYA   
 
Snow
Mau Main Salju? Ayo ke Trans Snow World Juanda Bekasi 》 BELI TIKET
Branz
BRANZ Mega Kuningan Apartment Jakarta Selatan, Hanya 1.8 Milyar, Pesan Sekarang!
Yuk Gabung PropertyPRO! Dapatkan Komisi Jutaan Rupiah dari Penjualan Properti Terbaik di Indonesia
Yuk Gabung PropertyPRO! Dapatkan Komisi Jutaan Rupiah dari Penjualan Properti Terbaik di Indonesia 
caldera-rafting

Rafting Seru Discount 10%  

New Honda Civic 2019 Rp507 Juta, Pesan Sekarang! 085773713808
New Honda Civic 2019 Rp507 Juta, Pesan Sekarang! 085773713808
Emas Batangan
Warisan 1 Milyar > SELENGKAPNYA 
Bisnis Tanpa Modal! Jual Tiket DUFAN, Komisi 10 Ribu per Tiket... SELENGKAPNYA
Mau ke Dufan Ancol? Beli Tiket Online di Sini! 》BELI SEKARANG 
Mau Bikin PT (Perseroan Terbatas)? Hanya 10 Juta Saja, Hubungi Kami Sekarang!
Mau Bikin PT (Perseroan Terbatas)? Hanya 10 Juta Saja, Hubungi Kami Sekarang!
#UmrohYuk Hanya 20 Juta Saja
#UmrohYuk Hanya 20 Juta Saja 》 DAFTAR SEKARANG 
Toyota C-HR
Promo Toyota Termurah Seluruh Indonesia dari Auto2000, Dealer Resmi Toyota
KPR Syariah Tanpa Riba, Sampai 25 Milyar, Ajukan Sekarang!
KPR Syariah Tanpa Riba, Sampai 25 Milyar, Ajukan Sekarang!
20190210_081324
Booster Signal Handphone, Penguat Sinyal HP di Area Miskin Sinyal 》 BELI SEKARANG

3 thoughts on “Al Ghofar, Alloh Yang Maha Menutupi

  1. Great blog! Do you have any tips for aspiring writers? I’m planning to start my own blog soon but I’m a little lost on everything. Would you advise starting with a free platform like WordPress or go for a paid option? There are so many options out there that I’m completely overwhelmed .. Any suggestions? Kudos!

  2. I got what you intend, regards for putting up.Woh I am glad to find this website through google. “Since the Exodus, freedom has always spoken with a Hebrew accent.” by Heinrich Heine.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Kartu Kredit Syariah DAFTAR SEKARANG
Hello. Add your message here.