Al Mutakabbir, Alloh Yang Maha Memiliki Segala Keagungan

allah13

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Mengetahui segala isi hati, menggolongkan kita sebagai ahli syukur. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Alloh Swt. berfirman, “Dialah Alloh yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, yang Maha Suci, yang Maha Sejahtera, yang Mengaruniakan Keamanan, yang Maha Memelihara, yang Maha Perkasa, yang Maha Kuasa, yang memiliki segala Keagungan, Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.” (QS. Al Hasyr [59] : 23)

Salah satu asma Alloh adalah “Al Mutakabbir”, Alloh Yang Maha Memiliki Kebesaran. Nama ini di dalam Al Quran disebutkan hanya satu kali. Akar kata dari nama ini bisa diartikan “angkuh” , “keengganan” atau “ketidaktundukan”. Hanya Alloh Swt. yang berhak sombong, karena Alloh Yang Maha Memiliki Segala Keagungan.  Segala sesuatu ada dalam kekuasaan-Nya.

Maka dari itu, makhluk yang paling hina adalah makhluk yang sombong, sudah tidak berdaya, lemah, tidak punya apa-apa, tapi dia sombong. Penyakit yang membuat syaitan membangkang kepada perintah Alloh adalah penyakit sombong, sehingga Alloh mengutuknya untuk selama-lamanya. Na’udzubillaahi mindzalik!

Dalam hadits qudsi Alloh Swt. berfirman, Sombong itu adalah selendang-Ku dan kebesaran itu adalah pakaian-Ku, maka barangsiapa mencabut salah satunya dari-Ku, Aku akan melemparkan orang itu ke neraka”. (HR. Ibnu Majah)

Menurut Imam Al Ghazali, Al Mutakabbir adalah memandang yang selain dirinya adalah rendah, lemah, hina, seperti pandangan seorang raja yang sangat besar kekuasaannya kepada hamba sahayanya. Nah, sifat seperti itu tidak mungkin dimiliki oleh selain Alloh Swt. karena hanya Alloh yang berhak menyandang sifat ini. Alloh Yang Menciptakan segala makhluk, mengurus seluruhnya, memenuhi segala kebutuhannya, dan seluruh makhluk yang ada di alam semesta ini tunduk dan takluk di hadapan-Nya.

Dengan segala keagungan-Nya, Alloh menciptakan kita dan seluruh ala mini. Kemudian, melimpahkan kasih sayang-Nya kepada kita dan seluruh makhluk dengan memenuhi segala kebutuhan kita. Makhluk selalu membutuhkan Alloh, sedangkan Alloh tidak membutuhkan apapun dari makhluk. Bahkan ibadah yang kita lakukan kepada Alloh, kebaikannya adalah untuk kita sendiri. Maasyaa Alloh.

Semoga dengan semakin mengenal asma dan sifat Alloh, semakin kuat keimanan kita kepada-Nya. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.

Oleh : KH. Abdullah Gymnastiar, Sumber : smstauhid.com

Baca juga :

Branz
BRANZ Mega Kuningan Apartment Jakarta Selatan, Hanya 1.8 Milyar, Pesan Sekarang!
Yuk Gabung PropertyPRO! Dapatkan Komisi Jutaan Rupiah dari Penjualan Properti Terbaik di Indonesia
Yuk Gabung PropertyPRO! Dapatkan Komisi Jutaan Rupiah dari Penjualan Properti Terbaik di Indonesia 
caldera-rafting

Rafting Seru Discount 10%  

New Honda Civic 2019 Rp507 Juta, Pesan Sekarang! 085773713808
New Honda Civic 2019 Rp507 Juta, Pesan Sekarang! 085773713808
Emas Batangan
Warisan 1 Milyar > SELENGKAPNYA 
Bisnis Tanpa Modal! Jual Tiket DUFAN, Komisi 10 Ribu per Tiket... SELENGKAPNYA
Mau ke Dufan Ancol? Beli Tiket Online di Sini! 》BELI SEKARANG 
Mau Bikin PT (Perseroan Terbatas)? Hanya 10 Juta Saja, Hubungi Kami Sekarang!
Mau Bikin PT (Perseroan Terbatas)? Hanya 10 Juta Saja, Hubungi Kami Sekarang!
#UmrohYuk Hanya 20 Juta Saja
#UmrohYuk Hanya 20 Juta Saja 》 DAFTAR SEKARANG 
Toyota C-HR
Promo Toyota Termurah Seluruh Indonesia dari Auto2000, Dealer Resmi Toyota
KPR Syariah Tanpa Riba, Sampai 25 Milyar, Ajukan Sekarang!
KPR Syariah Tanpa Riba, Sampai 25 Milyar, Ajukan Sekarang!
20190210_081324
Booster Signal Handphone, Penguat Sinyal HP di Area Miskin Sinyal 》 BELI SEKARANG

2 thoughts on “Al Mutakabbir, Alloh Yang Maha Memiliki Segala Keagungan

  1. Pretty nice post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I have truly enjoyed surfing around your blog posts. After all I’ll be subscribing to your rss feed and I hope you write again soon!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Kartu Kredit Syariah DAFTAR SEKARANG
Hello. Add your message here.