5 Gaji Tertinggi dan Terendah Profesi Fresh Graduate

Yuk bagikan infonya...

pertamina_confident

Seusai mengemban pendidikan dalam perguruan tinggi, Anda tertantang untuk mempraktikkan ilmu yang dipelajari pada dunia nyata. Anda telah siap mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidang ilmu yang digeluti selama hampir empat tahun. Berbagai jenis pekerjaan siap menyambut. Namun, tak selamanya pekerjaan yang Anda inginkan sesuai dengan penghasilan yang diharapkan. Terutama untuk lulusan fresh graduate.

Lulusan fresh graduate biasanya menerima penghasilan yang tergolong rendah karena belum memiliki pengalaman bekerja. Ada beberapa faktor yang berpengaruh pada besar kecilnya gaji, salah satunya adalah jenis profesi yang diambil. Berikut daftar profesi yang memiliki gaji tertinggi dan juga terendah untuk para fresh graduate.

Gaji Fresh Graduate Tertinggi

Berikut 5 gaji tertinggi untuk fresh graduate berdasarkan data dari berbagai sumber :

1. Petroleum Engineer

petroleum-engineer

Profesi yang mumpuni memberikan gaji tinggi bagi fresh graduates adalah teknik minyak atau lebih dikenal dengan petroleum engineer. Ini sudah jadi rahasia umum. Menuntut ilmu dalam jurusan teknik perminyakan pun butuh biaya yang besar. Tak ayal ketika lulus penghasilan yang diterima juga tinggi. Gaji awal bisa berkisar Rp 8 juta. Bahkan di perusahaan minyak internasional seperti Chevron, gaji seorang fresh graduates mencapai Rp 23,8 juta.

2. Ahli Geologi

ahli-geologi

Penghasilan awal yang diperoleh seorang lulusan geologi senada dengan teknik perminyakan. Mereka bisa mengantongi minimal Rp 8 juta-Rp 10 juta ketika diterima kerja di perusahaan tambang. Apalagi di perusahaan tambang internasional, bisa mengantongi gaji dengan kisaran Rp 11 juta – Rp 31 juta. Wajar bila gajinya cukup menjanjikan karena pekerjaan di lapangan seorang geologi penuh risiko. Sayangnya, lulusan dari jurusan ini masih sangat terbatas. Apabila Anda sedang bingung mau mengambil jurusan apa dalam perguruan tinggi, tak ada salahnya memilih bidang geologi. Baik penghasilan maupun kenaikan tingkat pekerjaannya cukup menjanjikan.

3. Teknologi Informasi

teknologi-informasi

Menjamurnya perusahaan startup di Indonesia berbasis teknologi memeberikan peluang  besar bagi fresh graduates di jurusan ilmu komputer/IT. Profesi ini memiliki peranan penting bagi startup dalam mengembangkan website, software, hingga aplikasi pada sebuah perusahaan. Maka, tak jarang ada perusahaan startup yang berani membayar tinggi bagi lulusan IT. Untuk pemula saja minimal bisa mengantongi gaji Rp 5-Rp 7 juta sesuai tingkat kemampuan dan keahlian yang dimiliki. Dan industri IT juga termasuk dalam salah satu industri dengan gaji tertinggi di Indonesia.

4. Internal Auditor

internal-auditor

Setiap perusahaan rata-rata membutuhkan peranan auditor. Untuk itu, lowongan sebagai auditor sangat banyak tersebar di Indonesia. Bekerja sebagai seorang auditor cukup menguras tenaga dan pikiran. Kerja keras seorang fresh graduate dari lulusan ekonomi akuntansi yang mengambil jurusan auditor dihargai Rp 7 juta sampai Rp 10 juta per bulannya. Apabila bekerja di perusahaan asing, gaji yang dibawa pulang bisa di atas Rp 10 juta. Hal ini tidak mengherankan mengingat internal auditor adalah polisinya perusahaan, di mana mereka bertugas memeriksa laporan keuangan agar valid.

5. Insinyur

insinyur

Lulusan insinyur juga masuk dalam kategori fresh graduate yang memperoleh gaji tertinggi. Minimal mereka bisa mengantongi Rp 5juta – Rp 8 juta setiap bulan sebagai pemula yang belum ada pengalaman. Profesi ini dapat ditemukan di perusahaan telekomunikasi, listrik, hingga layanan penerbangan. Bagi Anda yang merupakan lulusan insinyur segera berburu pekerjaan di perusahaan yang butuh jasa Anda sebab ini menjadi peluang terbaik untuk pengembangan karir.

Kemudian profesi yang gagal menempati posisi 5 gaji tertinggi untuk fresh graduate dari daftar sebelumnya tidak lain adalah berikut ini.

Management Trainee Bank

management-trainee-bank

Beberapa Bank gencar menawarkan program management trainee untuk fresh graduate. Faktanya, bekerja di bank baik swasta maupun bank pemerintah memang sejahtera. Rata-rata fresh graduate bisa mengantongi gaji Rp 4-5 juta per bulan dimana sedikit dibawah dari pendapatan 5 pekerjaan diatas. Namun jika penempatannya bukan di bank yang besar, tidak jarang trainee mengantongi gaji Rp 3 jutaan.

Gaji Fresh Graduate Terendah

Berikut 5 gaji terendah untuk fresh graduate berdasarkan data dari berbagai sumber :

1. Jurnalis

teenage students: media experience

Jangan kira menjadi seorang jurnalis atau wartawan gajinya tinggi. Meskipun tuntutan pekerjaan dan tingkat bahaya seorang jurnalis cukup tinggi namun penghasilan yang diterima tidak sebanding. Seorang jurnalis harus mampu melakukan laporan di lapangan secara faktual dan aktual. Rata-rata seorang fresh graduate dari jurusan komunikasi jurnalistik menerima Rp 3,5 juta setiap bulannya. Minimnya gaji, jam kerja yang tidak menentu dan stres pun sudah menjadi makanan sehari-hari. Padahal, seharusnya menurut survei AJI (Aliansi Jurnalis Indonesia) gaji ideal seorang jurnalis pemula di tahun 2016 adalah Rp 7,54 juta bagi mereka yang sudah diangkat tetap. Sayangnya, masih banyak perusahaan media belum menggaji wartawan dengan layak.

2. Guru

teacher asking question with children in classroom

Mengabdikan diri pada dunia pendidikan adalah hal yang mulia. Walau begitu, kerja keras seorang guru pemula dihargai dengan upah Rp 2,1 – 3,3 juta per bulan. Melihat fakta ini sungguh mencengangkan memang karena ternyata gaji guru di Indonesia di bawah Rp 3,5 juta. Padahal seorang guru memiliki kewajiban tugas untuk memberikan ilmu pengetahuan bagi murid-muridnya sehingga mereka menjadi sukses di kemudian hari. Sungguh ironis, padahal kesuksesan seorang murid pun ada di tangan guru.

3. Teller

bank_teller

Fresh graduate yang melamar pekerjaan di bank akan memperoleh gaji di bank sesuai posisi . Sebagai seorang teller, gaji yang diperoleh fresh graduates minimal Rp 2,9 juta sampai kisaran Rp 3 juta. Bekerja sebagai seorang teller juga penuh risiko. Apalagi jika antara debit dan kredit tidak seimbang. Banyak juga teller yang harus mengganti kekurangannya. Meski begitu, untuk melamar sebagai seorang teller tak perlu berasal dari jurusan ekonomi atau belajar mengenai perbankan.

4. Customer Service

customer-service

Bekerja di bagian layanan pelanggan merupakan pekerjaan berat. Seorang customer service harus menyiapkan kesabaran dan kelembutan untuk menangani keluhan serta berbagai masalah yang dihadapi oleh para pengguna jasa perusahaannya. Rata-rata gaji para customer service officer ini berkisar Rp 2,5 juta sampai Rp 3,5 juta per bulan sehingga mereka kadang mengandalkan bonus untuk dapat meningkatkan taraf hidup mereka. Jumlahnya naik 500 ribu dari tahun lalu sesuai dengan data gaji di bank sesuai posisi.

5. Sales

sales

Profesi sales marketing ini sebenarnya cukup penting karena dari merekalah produk sebuah perusahaan bisa dipasarkan, namun hingga kini profesi ini termasuk salah satu profesi bergaji kecil di Indonesia. Rata-rata seorang fresh graduate yang bekerja di bidang ini mengantongi Rp 3,1 juta (sesuai UMR) setiap bulannya. Meski demikian, seorang sales marketing akan memperoleh komisi dari perusahaan senilai satu kali gaji atau setengahnya bila mencapai target penjualan.

Sumber : aturduit.com


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

BUKU TES TNI POLRI AKMIL AKPOL 2024
Hello. Add your message here.