085773713808

Cara Ikutan Mudik Gratis Kemenhub, Buruan Daftar!

Mudik (ilustrasi)
Mudik (ilustrasi)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menggelar program mudik gratis untuk musim Lebaran 2019. Pendaftaran untuk mudik menggunakan angkutan darat alias bus dimulai hari ini, Rabu (20/3) sampai kuota penumpang terpenuhi. Jadi tunggu apa lagi? Buruan daftar dengan mengikuti ketentuan yang sudah ditetapkan pemerintah berikut ini.

1. Daftar secara online

Kunjungi laman resmi program Mudik Gratis Kemenhub: https://mudikgratis.dephub.go.id. Disitu, kamu bisa memilih moda transportasi yang akan membawa mu bertemu si mbok di kampung halaman.

2. Persyaratan mudik gratis Kemenhub dengan bus

Kemenhub membuka pendaftaran mudik gratis Kemenhub dengan bus secara online mulai tanggal 20 Maret 2019 sampai seluruh kursi pada 1.200 unit bus yang disediakan terpenuhi.

Syaratnya, kamu hanya perlu mengunggah dokumen Kartu Keluarga, KTP, dan STNK (bagi yang membawa Sepeda Motor).

Loh kok bisa mudik dengan bus, tapi sepeda motor juga dibawa? Tentu bisa dong, program mudik gratis Kemenhub sangat diminati masyarakat karena bukan hanya mengangkut pemudik dengan bus namun juga kendaraan roda duanya dengan truk ke kota daerah tujuan.

“Satu pendaftar dan yang bisa titip motor punya kuota dua orang untuk diangkut bus mudik gratis Kemenhub,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi.

Ia menjelaskan, di tahun lalu, jumlah pemudik yang memanfaatkan program mudik gratis Kemenhub mencapai 44.041 orang yang diangkut dengan armada 1.073 bus. Tahun ini jumlahnya dipastikan akan meningkat, karena Kemenhub menyiapkan sebanyak 1.200 bus.

Selain itu, fasilitas untuk angkutan truk motor ditambah dari 70 truk pada 2018, menjadi 100 truk pengangkut tahun ini. Dengan jumlah itu, diperkirakan sebanyak 3.500 sepeda motor milik pemudik bisa diangkut.

3. Persyaratan mudik gratis Kemenhub dengan kereta api

Kuota mudik gratis Kemenhub dengan kereta api kemungkinan sudah terpenuhi, karena pendaftaran secara online sudah dimulai duluan sejak 12 Maret 2019. Tapi kalau kamu masih mau mencoba, silakan kunjungi tautan http://www.motiska.id/ yang disediakan Kemenhub untuk mengecek kuota yang masih tersedia.

4. Pilih kota tujuan

Mudik gratis Kemenhub tahun ini melayani lebih banyak kota tujuan dibandingkan tahun lalu. Dirjen Budi menuturkan jumlah kota tujuan untuk program mudik gratis Kemenhub tahun ini ada sebanyak 40 kota, sementara tahun lalu hanya 32 kota.

Berikut kota-kota tujuan arus mudik yang dapat dipilih bagi pemudik yang membawa motor: Tegal, Semarang, Solo, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Kebumen, Purwokerto.

Sementara pemudik tanpa motor, bisa pulang ke kampung halamannya di kota-kota ini: Cirebon, Banjarpatoman (via Tasikmalaya dan ciamis), Kuningan, Yogyakarta, Slawi via Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Kudus, Pati, Blora, Purwodadi, Salatiga, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Wonosari, Sragen, Yogyakarta, Temanggung, Wonosobo, Kebumen, Purwokerto, Banjarnegara, Cilacap, Madiun, Tuban, Mojokerto, Kediri, Malang, Pacitan, Sumatera, Lampung, Palembang, sampai Padang.

Sementara pemudik dengan kereta api, berikut stasiun-stasiun tujuan yang dilalui kereta mudik gratis Kemenhub:

  • Lintas Utara

Meliputi: Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cikarang/Lemahabang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Ngrombo, Stasiun Cepu, Stasiun Bojonegoro, Stasiun Babat, Stasiun Surabaya Pasarturi.

  • Lintas Selatan I

Meliputi: Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cikarang/Lemahabang, Stasiun Cimahi, Stasiun Kiaracondong, Stasiun Sidareja, Stasiun Kroya, Stasiun Gombong, Stasiun Kebumen, Stasiun Kutoarjo.

  • Lintas Selatan II

Meliputi: Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cikarang/Lemahabang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Purwosari, Stasiun Madiun, Stasiun Kertosono, Stasiun Jombang, Stasiun Mojokerto, Stasiun Surabaya Pasarturi.

5. Tanggal keberangkatan dan daftar ulang

Bagi kamu yang sudah mendapatkan tiket mudik gratis Kemenhub jangan lupa periode keberangkatan yang sudah ditetapkan adalah mulai dari 27 Mei – 2 Juni 2019.

Para pemudik dengan membawa sepeda motor, juga diingatkan untuk melakukan daftar ulang dan mencetak tiket di tempat-tempat yang sudah ditentukan sebagai berikut:

JAKARTA – Gedung Cipta Kemenhub dan GOR Bulungan Blok M

BOGOR – Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor

TANGERANG – Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang

BEKASI – Dinas Perhubungan Kabupaten dan Kota Bekasi.

6. Lokasi keberangkatan bus dan penyerahan sepeda motor

Sementara lokasi penyerahan sepeda motor ditetapkan di tempat-tempat berikut:

JAKARTA – Kantor Bulog Divre I Jakarta Utara (Kelapa Gading)

BOGOR – Stadion Pakansari

TANGERANG – Kantor Pemkab Tangerang

BEKASI – Lapangan Summarecon Bekasi.

Untuk memfasilitasi mudik gratis 2019 ini, Kemenhub menyediakan anggaran Rp34 miliar, naik dibandingkan tahun lalu sebesar Rp27,6 miliar.

Jadi tunggu apa lagi? Buruan mendaftar dan semoga berhasil!

Sumber : cekaja.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…

caldera-rafting

Rafting Seru Discount 10%  

Perumahan Citra Sentul Raya Rp.650 Juta, Selengkapnya...
Perumahan Citra Sentul Raya Rp.650 Juta, Selengkapnya...
Avanza
Promo New Avanza Termurah dari Auto2000, Dealer Resmi Toyota
Hasanah Card Platinum, Kartu Kredit BNI Syariah, Limit Kartu 500 Juta APPLY...
Hasanah Card Platinum, Kartu Kredit BNI Syariah, Limit Kartu 500 Juta APPLY...
Ema Suhra, Wisudawan Termuda UNM 2017/2018 (unm.com)
Asuransi Pendidikan 150 Ribu per Bulan... SELENGKAPNYA   
085773713808
Bali Resort Bogor, Hanya 300 Juta SELENGKAPNYA...  
Asuransi Pendidikan 150 Ribu per Bulan, Selengkapnya...
Hello. Add your message here.