toyota-ads

Terbaru dari Yamaha, R25 2019

yamaha-r25-color-723314

Yamaha R25 generasi terbaru memiliki impresi yang berbeda ketika dikendarai. Tim kami sudah mengujinya di Sentul dan sedang melakukan pengujian komprehensif di jalan raya. Sektor suspensi dan desain bodi nampaknya sukses menyajikan kesan berkendara berbeda dari motor sport fairing ini.

Mengusung pembenahan yang cukup signifikan, pesaing Honda CBR250RR dan Kawasaki Ninja 250 ini kian kompetitif. Harganya kini mulai Rp 58 jutaan, dengan beberapa pilihan warna, hitam dan merah (matte) dan biru (metalik). Varian ABS masih belum dirilis, begitu pun dengan kelir berbalut Movistar livery, belum nampak.

Balapan ARRC (Asia Road Racing Championship) akan segera bergulir. Yang menarik, Yamaha muncul dengan motor balap baru berbasis R25. Memang belum bisa dipastikan apakah ini benar-benar R25 baru, tapi versi balapan itu memiliki fairing yang berbeda dengan sebelumnya, lengkap dengan lubang besar di moncongnya. Yang juga menarik adalah media Vietnam merilis berita soal Yamaha yang tengah menguji mesin dua silinder baru dengan daya lebih dari 40 ps.

Sebelumnya, Yamaha R25 mengalami penyegaran di Jepang, dengan sejumlah pembeda dibanding dengan yang dijual di Indonesia, utamanya warna dan grafis. Kini, melalui kreativitas berbasis digital, ada yang membuat rendering bentuk baru Yamaha R25. Pembuatnya menjuuki dirinya sebagai motoblast. Meski tentunya hanya sebatas imajinasi sang kreator, tapi bentuknya cukup realistis. Yamaha R25 sudah cukup umur memang, untuk mendapatkan penyegaran yang lebih menyeluruh. Dan kemungkinan Yamaha sedang menggodok hal ini. Menariknya, di belahan dunia manapun Anda menemukan motor ini, harap diingat, pesaing Honda CBR250RR itu dibuat di Pulogadung, Jakarta.

Harga R25 2019

Ada 3 varian R25 2019 dengan harga yang berbeda, yaitu Varian STANDARD dengan harga Rp58,6 Juta, Varian MOVISTAR dengan harga Rp58,95 Juta dan Varian ABS dengan harga Rp64,6 Juta.

Warna Yamaha R25 2019

R25 2019 tersedia dalam 4 warna yang berbeda, yaitu Racing Blue, Matte Black, Matte Red dan Movistar Livery.

Interior & Fitur

Yamaha R25 terbaru mendapatkan peningkatan spesifikasi di sektor suspensi. Fork teleskopik di depan mengadopsi model upside down lansiran Kayaba. Shock jenis ini diyakini Yamaha memberi stabilitas yang lebih baik untuk bermanuver maupun kenyamanan.

Bukan cuma fungsional, warna emas yang kontras bodi meningkatkan visualnya. Kaki-kaki belakang konstruksinya tetap sama, namun kini padanan suspensinya ditingkatkan melalui penyesuaian setting. Diproyeksikan motor ini bisa menyajikan kombinasi kenyamanan maupun pengendalian yang sangat baik.

Setang baru berkonsep under yoke digunakan dengan tujuan sama, meningkatkan riding position berorientasi kenyamanan. Aplikasi handle dan handle crown yang terpisah, mengesankan aura motor supersport. Tentunya posisi berkendara yang lebih nyaman sudah disiapkan.

Hal baru yang bisa ditemukan pada R25 adalah panel speedometer. Yamaha memilih menyajikan semua informasi ini dalam sebuah layar LCD monokromatik berukuran besar. Prinsip ini sukses meningkatkan kecanggihan banyak motor baru Yamaha.

Semua informasi disajikan dalam format digital. Layar itu menggantikan jarum analog yang bergerak naik turun. Tampilannya berupa angka yang berubah-ubah atau garis-garis yang bertambah dan berkurang. Putaran mesin disajikan dalam bentuk bar yang mengisi angka 1-15. Posisi gigi, kecepatan rata-rata disajikan dalam format angka.

Atas nama modernisasi dan informatif, kini ada informasi konsumsi bahan bakar rata-rata dengan format kilometer per liter maupun liter per 100 km. Kondisi isi tangki bahan bakar, bisa diketahui isinya lewat parameter 5 bar.

Paling baru adalah gear shift timing light. Lampu putih ini akan menyala begitu putaran mesin mencapai kecepatan yang ditentukan. Pengguna bisa mensetting kecepatan yang dituju untuk perpindahan, pola berkedip cahayanya, hingga tingkat keterangannya.

Demi menguatkan aspek modernisasi, tombol start mesin kini menggunakan tuas geser naik turun untuk menggabungkan kontrol menyalakan motor dan mematikan mesin (engine cut off). Tuas jenis ini biasanya hanya ada di motor-motor besar di atas 500 cc.

Eksterior

Yamaha R25 dan R3 generasi terbaru tampil lebih sporty dengan desain anyar bertemakan “Super Sport Design”. Terinspirasi dari YZR-M1, desain body Yamaha R25 dan R3 generasi terbaru memiliki nilai aerodinamis tinggi yang dapat meningkatkan performa berkendara.

Pada bagian lampu depan dan belakang juga sudah mengadopsi full LED yang menjadikan sistem pencahayaan menjadi lebih terang, efisien serta tahan lama. Bagian cockpit turut di desain menyerupai Yamaha R1 mulai dari bentuk speedometer full digital hingga gaya stang under yoke dengan plat crown segitiga yang memiliki beberapa kisi lubang diatasnya.

Banyak yang berkomentar negatif tentang desain ini, satu karena dianggap terlalu mirip dengan R15, kedua karena tak lebih sporty dibanding rival. Hal itu tentu cukup subjektif, karena seperti disebut, orientasi rancang desain R25 adalah menuruni DNA R1, bukan menyajikan suatu hal yang mirip dengan Ninja maupun CBR. Namun bagi kami desain R25 tetaplah keren karena seperti dibilang, mirip super sport R1. Lihat saja bagian bawah fairing, ada kisi mengotak yang berfungsi mengalirkan udara ke mesin. Bukan Cuma keren, tapi tentu fungsional.

Mesin & Konsumsi BBM

Yamaha meyakini tak perlu membenahi sektor performa. Mesin 250 cc di tubuh Yamaha R25 dipercaya masih mampu menyajikan tenaga yang proporsional. Unit 2-siilnder dengan detail kubikasi 249,6 cc masih bisa memproduksi hingga 36 dk. Figur tenaga yang masih sangat kompetitif dengan Kawasaki Ninja 250 maupun Honda CBR250RR.

Torsinya pun bisa mengalir dengan baik dan memuncak di level 10 ribu RPM dengan figure 22,6 Nm. Putaran itu terbilang cukup rendah dan bisa diasumsikan grafik torsinya cukup andal melesat. Mengandalkan teknologi khas Yamaha, Blue Core, mesin ini sudah mampu menyajikan performa kecepatan yang baik.

Pengereman

Dari sisi keselamatan, Yamaha R25 juga telah dibekali dengan sistem pengereman anti-lock braking system (ABS) dan rem cakram di depa dan belakang. Fitur yang memungkinkan roda tidak terkunci, saat dilakukan pengereman mendadak. Hanya saja sistem ABS pada motor ini hadir pada varian tertinggi saja. Dengan harga yang juga lebih tinggi dari varian standar. Padahal fitur ABS menurut kami sangat vital keberadaannya, apalagi untuk motor berkarakter sport.

Sumber : oto.com

caldera-rafting

Rafting Seru Discount 10%  

Toyota C-HR
Promo Toyota Termurah Seluruh Indonesia dari Auto2000, Dealer Resmi Toyota
Kebahagiaan Bersama Cucu

Warisan 1 Milyar

Kartu Kredit Syariah DAFTAR SEKARANG
Hello. Add your message here.