Mencari Pekerjaan Impian Melalui Talent Marketplace

Karyawan Perusahaan (ilustrasi)
Karyawan Perusahaan (ilustrasi)

Cari kerja memang bukan perkara yang mudah, terkadang meski lowongan kerja ada di mana-mana, tetap saja rasanya sulit mendapatkan yang tepat. Agar tidak terus terjebak dengan kondisi ini, kamu perlu tahu apa saja cara baru cari kerja yang paling efektif.

Dulu, mungkin kamu perlu kesana-kemari untuk melamar pekerjaan. Mulai dari walk-in interview, sampai dengan menyebarkan surat lamaran ke beberapa perusahaan. Lalu, seperti apa cara yang baru?

Begini cara mencari kerja saat ini 

Cara yang sering digunakan akhir-akhir ini di antaranya adalah, melalui situs job portal, dan situs talent marketplace. Berikut ini adalah penjelasan mengenai keduanya.

Job Portal

Job portal atau career portal merupakan salah satu cara konvensional atau yang umum bagi karyawan untuk mencari kerja, dan perusahaan untuk mendapatkan karyawan.

Di situs ini terdapat beberapa informasi, seperti lowongan pekerjaan, keterangan deskripsi pekerjaan, informasi mengenai perusahaan, hingga kontak email dan nomor telepon perusahaan tersebut.

Kamu bisa langsung melamar pekerjaan melalui job portal tersebut, atau langsung mengirimkan surat lamaran dan CV melalui email yang tertera di kontak perusahaan. Meski kamu bebas ingin melamar ke perusahaan yang mana, sayangnya beberapa kandidat justru terjebak ke dalam lowongan kerja palsu.

Cara ini pun tidak menjamin para pencari kerja akan mudah dan cepat dalam mendapatkan pekerjaan baru. Terlebih lagi, saingan yang banyak, dan proses mencari kerja yang menyusahkan karena kamu mungkin harus apply ke banyak perusahaan untuk mendapatkan satu perusahaan yang cocok.

Setelah kamu melamar ke beberapa perusahaan di job portal, umumnya tidak ada notifikasi atau pemberitahuan mengenai sejauh mana proses aplikasimu. Sehingga mungkin hal ini dapat cukup membingungkan untukmu.

Selain itu, meski beberapa job portal tidak berbayar, jika kamu ingin mendapatkan pekerjaan terbaik dan pelayanan terbaik, kamu tetap perlu berpindah ke premium yang tentunya berbayar.

Talent marketplace

Berbeda dengan job portal, talent marketplace sendiri adalah wadah bagi perusahaan untuk mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dengan kecanggihan data science yang dimiliki oleh talent marketplace, dapat memudahkan perusahaan untuk menemukan kandidat yang cocok. Begitu juga sebagai pencari kerja, kamu juga akan dengan mudah ditemukan oleh perusahaan yang cocok dengan kamu.

Melalui situs talent marketplace, kamu tidak perlu susah payah melamar kesana-kemari, atau bahkan takut terjebak oleh lowongan kerja palsu.

Pasalnya, di situs talent marketplace, baik perusahaan maupun talent akan melalui proses verifikasi terlebih dahulu. Sehingga kamu tidak perlu khawatir ketika mendapatkan panggilan interview melalui situs talent marketplace ini.

Selain tak perlu melamar kesana-kemari, talent marketplace umumnya tidak memungut sepeser pun biaya kepada talentnya. Jadi, kamu juga tidak perlu lagi berpindah ke premium untuk mendapatkan pekerjaan terbaik, dan dilirik oleh perusahaan.

Tertarik bekerja di startup unicorn? Mendaftarkan diri di situs talent marketplace bisa menjadi salah satu langkah awal yang efektif.Kenapa? Karena umumnya, perusahaan-perusahaan unicorn ini telah mempercayai jasa talent marketplace untuk mendapatkan kandidat terbaik.

Cara baru cari kerja dengan EKRUT

Sekarang kamu sudah tahu beberapa pilihan cara yang bisa kamu ambil untuk mendapatkan pekerjaan, bukan? Jika kamu tertarik dengan mendapatkan kerja melalui situs talent marketplace, maka EKRUT bisa menjadi pilihanmu.

Cara kerja EKRUT dapat dikatakan mudah, dan sangat membantu dalam mendapatkan pekerjaan. Kamu hanya perlu melalui beberapa langkah mudah, di antara lain seperti mendaftarkan dirimu dengan menggunakan akun LinkedIn, kemudian mengisi data diri kamu.

Setelah itu? Kamu akan melewati proses verifikasi berbasis data science dan talent consultant dari tim EKRUT. Setelah itu, jika kamu lolos verifikasi, kamu bisa langsung dilirik oleh ribuan perusahaan yang telah terdaftar. Kamu pun akan mendapatkan notifikasi baik melalui email otomatis maupun telepon.

Tujuannya adalah untuk memberitahukan bahwa kamu mendapatkan tawaran interview dari perusahaan tertentu, dan memastikan kamu sudah membaca email tersebut. Jadi, tidak perlu khawatir kehilangan kesempatan interview hanya karena tidak membaca email panggilan. Tentu hal ini akan sangat membantu, bukan?

Kamu juga tidak perlu khawatir mendapatkan panggilan kerja palsu. Karena proses kerja EKRUT telah memastikan bahwa perusahaan yang terdaftar adalah perusahaan yang valid dengan melakukan verifikasi perusahaan terlebih dahulu.

Selain itu, perlu kamu ketahui jika setiap talent marketplace memiliki fokus bidangnya masing-masing. Sedangkan untuk EKRUT sendiri, EKRUT memiliki fokus bidang di beberapa pekerjaan yang termasuk paling banyak dicari saat ini. Misalnya saja seperti, komunikasi, informasi, dan teknologi.

Di EKRUT sendiri terdapat setidaknya lima kategori utama, yaitu Software Engineering, Data Scientist atau Analyst, Marketing Communications, Operations, dan Product Management.

Adapun pekerjaan yang paling banyak dicari di EKRUT antara lain seperti, Software Engineer, Product Manager, dan UI/UX designer.

Meski begitu, tentu tidak menutup kemungkinan dan tidak terbatas pada pekerjaan itu saja. Banyak perusahaan yang mencari kandidat untuk beragam posisi. Misalnya saja seperti HRD, Graphic Design, Social Media Marketing, Content Marketing, atau bahkan juga Brand Marketing.

Itulah beberapa cara baru untuk mencari kerja.

Tertarik untuk mendapatkan kerja tanpa kerja keras? Tentu akan lebih mudah dan efektif jika kamu mendaftarkan dirimu di situs talent marketplace.

Cukup melakukan langkah sederhana, pekerjaan terbaik akan menghampirimu.

Sumber : strategimanajemen.net

Ayo bagikan sebagai sedekah… 

 
Snow
Mau Main Salju? Ayo ke Trans Snow World Juanda Bekasi 》 BELI TIKET
Branz
BRANZ Mega Kuningan Apartment Jakarta Selatan, Hanya 1.8 Milyar, Pesan Sekarang!
Yuk Gabung PropertyPRO! Dapatkan Komisi Jutaan Rupiah dari Penjualan Properti Terbaik di Indonesia
Yuk Gabung PropertyPRO! Dapatkan Komisi Jutaan Rupiah dari Penjualan Properti Terbaik di Indonesia 
caldera-rafting

Rafting Seru Discount 10%  

New Honda Civic 2019 Rp507 Juta, Pesan Sekarang! 085773713808
New Honda Civic 2019 Rp507 Juta, Pesan Sekarang! 085773713808
Emas Batangan
Warisan 1 Milyar > SELENGKAPNYA 
Bisnis Tanpa Modal! Jual Tiket DUFAN, Komisi 10 Ribu per Tiket... SELENGKAPNYA
Mau ke Dufan Ancol? Beli Tiket Online di Sini! 》BELI SEKARANG 
Mau Bikin PT (Perseroan Terbatas)? Hanya 10 Juta Saja, Hubungi Kami Sekarang!
Mau Bikin PT (Perseroan Terbatas)? Hanya 10 Juta Saja, Hubungi Kami Sekarang!
#UmrohYuk Hanya 20 Juta Saja
#UmrohYuk Hanya 20 Juta Saja 》 DAFTAR SEKARANG 
Toyota C-HR
Promo Toyota Termurah Seluruh Indonesia dari Auto2000, Dealer Resmi Toyota
KPR Syariah Tanpa Riba, Sampai 25 Milyar, Ajukan Sekarang!
KPR Syariah Tanpa Riba, Sampai 25 Milyar, Ajukan Sekarang!
20190210_081324
Booster Signal Handphone, Penguat Sinyal HP di Area Miskin Sinyal 》 BELI SEKARANG
Kartu Kredit Syariah DAFTAR SEKARANG
Hello. Add your message here.