Elon Musk dan Ide-Ide Bisnis Gila tentang Masa Depan Dunia

mobil-listrik

Kita mengenal para technopreneur legendaris dunia seperti Bill Gates (pendiri Microsoft), Steve Jobs (Apple), Sergey Brin (Google), Mark Zuckerberg (Facebook) hingga nama seperti Jeff Bezon (Amazon) dan Jack Ma (Alibaba).

Diantara nama-nama besar itu, kita kemudian juga mengenal nama Elon Musk – sosok technopreneur yang mungkin paling gila ide pengembangan bisnisnya.

img_20191004_160252_923

Sebab saat yang lain hanya berpikir tentang dunia, Elon sudah punya rencana untuk membuat perumahan di Planet Mars.

Nama perumahannya mungkin Griya Mars Indah.

Elon Musk sejatinya lahir dan besar di Afrika Selatan. Ia kemudian migrasi ke California saat remaja.

Ia dikenal sebagai salah satu pendiri Paypal – sebuah layanan online payment system paling besar di dunia. Elon mendapatkan dana triliunan saat saham Paypal dijual ke eBay.

Melalui dana penjualan sahamnya di Paypa itulah, Elon Musk kemudian melakukan petualangan bisnisnya yang fenomenal. Ia utarakan gagasan bisnis yang gila dan dengan penuh ketekunan mencoba merealisasikannya.

Berikut 4 ide bisnis fenomenal Elon Musk yang sebagian baru tahap gagasan awal, dan sebagian sudah full direalisasikannya.

Elon Radical Business Idea 1 : Electric Car Tesla

Nama Elon Musk mencuat sejalan dengan kesuksesan mobil Tesla – sebuah teknologi mobil yang sepenuhnya menggunakan tenaga listrik (harapannya sumber listriknya berasal dari renewable energy).

Saat pertama kali mengutarakan niatnya untuk membuat mobil listrik, Elon Musk bilang : pada tahun 2050, semua mobil di dunia sudah tidak ada yang pakai BBM jadul. Semua pakai mobil listrik.

Saat itu, pabrikan mobil besar seperti BMW, Mercedes dan Toyota agak meremehkan ambisi Elon. Biasa – penyakit khas incumbent players memang suka menganggap enteng rival. Sebelum mendadak digilas mati.

Kini Tesla sukses membuat elecrtic car yang bagus dengan harga terjangkau. Mobilnya laris manis, dan perlahan pabrikan besar mulai bergerak untuk mengejarnya.

Elon juga sudah mulai membangun pabrik baterei terbesar di dunia – yang kelak akan menjadi komponen utama mobil electric.

Faktanya, banyak negara yang kini mengeluarkan kebijakan akan melarang mobil berbahan bakar BBM. Banyak negara di Eropa dan juga China akan mulai melarang mobil BBM mulai tahun 2030.

Pada akhirnya mungkin prediksi Elon Musk akan benar : pada tahun 2050, mobil tak akan lagi pakai BBM yang jadul, kotor dan mencemari udara.

Kelak pom bensin akan mati satu demi satu. Diganti dengan station charger listrik mobil.

Elon Radical Business Idea 2 : Hyperloop

Gambar hyperloop bisa Anda lihat di atas.

Hyperloop intinya adalah kereta berkecepatan tinggi yang bergerak dalam tabung hampa udara. Kecepatannya 1000 km per jam, lebih cepat dibanding pesawat dan juga bullet train seperti Shinkasen Jepang (yang hanya 500 km per jam).

Dengan Hyperloop, maka jarak Jakarta – Surabaya bisa ditempuh hanya dalam 1 jam kurang. Sedikit lebih cepat dibanding pakai pesawat yang agak ribet harus check in dan take off/landing.

Elon Musk mulai merancang teknologi Hyperloop di California sana. Ambisi dia adalah bisa membangun jaringan Hyperloop antar kota utama di Amerika – sehingga bisnis airline bisa mendapat pesaing berat.

Btw, ada investor dari Amerika yang mencoba menerapkan teknologi Hyperloop ini di Indonesia dan mereka tengah melakukan studi kelayakan.

Harapan saya kelak akan ada jaringan Hyperloop Bekasi – Jakarta PP agar lama tempuh ke Bekasi yang nun jauh disana itu bisa dipangkas hanya menjadi 1 menit saja. Baru duduk langsung nyampe 🙂

Elon Radical Business Idea 3 : Perumahan Griya Mars Indah

Gagasan Elon Musk untuk membangun koloni baru di planet Mars adalah ide bisnis yang mungkin paling mind-blowing.

Memang jumlah penduduk di bumi makin padat.

Ndak usah jauh-jauh. Di kota-kota besar Jawa saja sekarang tiap pagi selalu macet. Rasanya begitu padat manusia di jalanan dengan sepeda motor, mobil dan angkutan umum. Jalanan terasa makin crowded. Bandung, Jogja, Surabaya, dan Jakarta makin sesak dengan manusia.

Maka harga tanah di bumi makin mahal. Ini hukum alam. Makin banyak anak baru lahir, jumlah penduduk makin banyak, sementara luas tanah di bumi tidak bertambah, maka harga komoditi tanah pasti akan makin selangit.

Itulah kenapa ide memindahkan sebagian manusia ke planet Mars menjadi ide yang menarik.

Membangun perumahan Griya Mars Indah barangkali adalah ide bisnis yang profitable – sebab harga tanah di Mars mungkin ndak semahal harga tanah di Pondok Indah atau Menteng, Jakarta. Karena disana masih minim penduduk 🙂 🙂 🙂

Namun jarak Bumi ke Mars amat jauh. Kedua planet ini saling bergerak mengeliling matahari, maka jarak keduanya menjadi berubah-ubah sepanjang waktu.

Jarak rata-rata kedua planet ini adalah 200 juta KM. Beuh. Jauh bangett.

Sementara roket tercepat sekarang baru punya kecepatan 60 ribu KM per jam. Artinya butuh waktu 133 hari lamanya agar manusia bisa terbang ke Planet Mars.

Elon Musk tetap yakin, ide mendirikan properti di Planet Mars adalah sesuatu yang mungkin. Everything is possible. Sebab disana memang juga terdapat adanya potensi kehidupan.

Btw, sekedar info : bumi yang kita tempati ini memang hanya sebutir pasir dalam galaksi semesta alam yang maha luas.

Kalau Anda rajin melihat video tentang astronomi di Youtube, Anda akan tercengang betapa bumi ini benar-benar hanya seukuran satu butir pasir.

Ada jutaaan planet lain yang ukurannya 10 ribu kali lipat bumi, dan sedang bergerak di luar sana.

Sangat mungkin ada makhluk lain di planet sana, di semesta galaksi yang jauh, yang saat ini mungkin berpikir sama dengan kita : “Ada nggak ya makhluk lain selain kita di panet ini.”

Maka kolonisasi baru di Planet Mars adalah langkah awal untuk memasuki semesta peradaban lain di Galaksi Alam Raya ini.

Elon Radical Business Idea 4 : Roket Antar Benua
Ide bisnis yang gila ini baru dirilis Elon Musk dua minggu lalu. Idenya begini : menciptakan roket kecepatan tinggi, yang akan mengantar orang pergi pulang antar benua dengan cepat.

Roket ini didesain berkecepatan 7000 KM per jam – jauh lebih cepat daripada peasawat Boeing terbaru yang rata-rata hanya punya kecepatan 1000 KM per jam.

Cara roket itu terbang adalah ya seperti roket : melesat keatas menembus atmosfer bumi, terbang di luar angkasa (di luar lingkaran bumi), kemudian balik lagi menembus bumi, dan lalu mendarat di kota tujuan.

Dengan kecepatan 7000 KM, maka jarak Jakarta – Mekah yang 8000 KM hanya akan ditempuh dalam waktu 1 jam lebih sedikit (bukan selama 9 jam seperti perjalanan konvensional).

Dengan roket penumpang antar benua, maka hubungan cinta gaya LDR mungkin tak lagi masalah 🙂

Meski pasangan kita tinggal di London atau Paris, hanya dalam hitungan menit kita bisa bertatap muka dengannya. Mungkin lebih cepat daripada lama tempuh Bekasi ke Tangerang yang butuh waktu 3 jam gara-gara macet di jalanan 🙁 🙁

DEMIKIANLAH, 4 ide bisnis gila dari seorang Elon Musk. Ide-ide bisnis yang radikal barangkali telah membuat dirinya lebih fenomenal dibanding technopreneur lainnya.

Pada akhirnya, untuk membuat perubahan sejarah peradaban, acap dibutuhkan orang-orang gila seperti dirinya.

Crazy people with crazy ideas will change the world. (strategimanajemen)

Oleh : Yodhia Antariksa

SPECIAL PROMO Discount 10% paket arung jeram dan penginapan di Caldera Indonesia. Tersedia juga program outbound, corporate gathering, meeting, paint ball, flying fox, dll. Hubungi +6285773713808 Info klikwww.ceramahmotivasi.com/promo/caldera/

Baca juga :

About Auther:

Info Biografi