Jadi Tuan Rumah MotoGP, Ini 5 Spot Wisata Pantai Gratis di Lombok

Sirkuit MotoGP di Lombok
Sirkuit MotoGP di Lombok

Lombok merupakan salah satu pulau yang menjadi andalan Indonesia. Keindahan alam dan kekayaan budayanya gak kalah menarik dibandingkan dengan Bali. Oleh karenanya, banyak sekali spot wisata di Lombok yang wajib dikunjungi oleh kamu yang doyan plesiran.

Potensi pariwisata di Lombok juga terus berkembang. Menjadi daya tarik masyarakat Indonesia juga mancanegara. Sayangnya, tahun kemarin Lombok berduka, akibat gempa besar yang mengguncang.

Gempa tersebut setidaknya merusak beberapa fasilitas di pulau itu. Salah satu yang paling parah ada di Gili Trawangan. Di sana banyak cafe, penginapan, dan rumah warga yang mengalami kerusakan.

adira-ads-web-kotak-4

Tapi kabar sedih itu kini sedikit terhapuskan dengan kabar gembira. Lombok, direncanakan akan menjadi salah satu tuan rumah balapan kelas internasional MotoGPmulai tahun 2021. Hal ini tentu bisa memberikan banyak manfaat bagi warga Lombok khususnya. Mulai dari meningkatkan jumlah wisatawan, memberikan dampak ekonomi, hingga pembangunan infrastruktur.

Nah buat kamu yang berencana buat nonton MotoGP 2021, ada baiknya gak cuma nonton balapannya saja, tapi cobalah buat mengunjungi spot-spot wisata di Lombok. Inilah beberapa rekomendasi wisata di Lombok yang wajib kamu kunjungi.

1. Pantai Kuta

Pantai Kuta di Lombok ini salah satu tujuan wisata gratis lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak cuma Bali, Lombok juga ada Pantai Kuta. Bahkan bisa dibilang Kuta di Lombok saat ini lebih baik dari pada di Bali. Kuta Lombok memliki air yang lebih jernih dengan pasir putihnya, sementara di Bali pasirnya gak putih-putih amat bahkan gak jarang ada sampahnya.

Terletak di Kabupaten Lombok Tengah, Pantai Kuta memiliki garis pantai sepanjang 7,2 kilometer dengan pemandangan Bukit Mandalika di sebelah baratnya. Menjadi salah satu spot selancar dan snorkling andalan.

Untuk menuju ke sini, anda perlu menempuh jarak sejauh 72 kilometer dari Kota Mataram. Bisa ditempuh menggunakan angkutan umum, atau menyewa kendaraan pribadi.

Lebih bahagianya lagi, kamu gak bakalan dikenakan biaya masuk alias gratis! Paling kamu tinggal bayar parkir saja kalau membawa kendaraan pribadi.

2. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan salah satu wisata gratis yang ada di Lombok, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pantai yang memiliki panjang sekitar 2 kilometer ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Pantai Tanjung Aan salah satu pantai terindah yang ada di Lombok bagian selatan.

Kedalaman yang terbilang cukup dangkal membuat ombak di pantai ini cukup tenang, cocok sekali buat dimanfaatkan sebagai sarana olahraga air seperti snorkling. Di pinggir-pinggir pantai juga dikelilingi oleh beberapa bukit yang bisa dijadikan spot berfoto dengan latar belakang Samudra Hindia.

Dikutip dari LombokIndonesia.org, Tanjung Aan ramai bila dikunjungi pada bulan Feruari. Karena biasanya akan diadakan ritual adat tahunan Ritual Bau Nyale. Ritual ini berhubungan dengan kisah legenda di masyarakat Lombok tentang keberadaan Putri Mandalika.

Mandalika merupakan seorang anak dari raja sekitar yang berencana dijodohkan. Tapi sang Putri menolak dan dirinya memilih buat melompat dari bukit demi menghindari kejaran seorang pangeran yang bakal dijodohkan dengannya. Mitosnya Mandalika kemudian bereinkarnasi menjadi ‘Nyale’ atau cacing laut yang sering ada di pantai Tanjung Aan.

Sama seperti Pantai Kuta, untuk bisa menikmati Tanjung Aan pengunjung gak dipungut biaya masuk. Cuma di sini disediakan berbagai macam peralatan buat snorkling yang dapat disewa.

3. Gili Trawangan

Gili Trawangan salah satu wisata gratis yang ada di Lombok, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mungkin inilah tempat wisata yang paling terkenal di Lombok. Pesona Gili Trawangan paling terkenal ketimbang spot-spot lainnya di mata turis Mancanegara. Air di sini sangatlah jernih dengan pasir putih yang lembut, bikin siapa saja pengen cepat-cepat berenang atau snorkling.

Gili Trawangan juga terkenal dengan dunia malamnya layaknya Kuta Bali. Di sini ada banyak kafe-kafe dan bar yang selalu ramai didatangi turis buat sekedar mengobrol sambil menikmati pertunjukan musik.

Kalau kamu memilih menginap tenang saja, banyak kok penginapan-penginapan dengan beragam kelas. Mulai dari hostel, homestay, hotel bintang tiga hingga bintang lima bisa kamu pilih.

Untuk ke sini kamu perlu mengeluarkan uang sebagai jasa penyeberangan dari pulau Lombok sekitar Rp 20 ribuan.

4. Gili Meno

Gili Meno salah satu wisata gratis yang ada di Lombok, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kalau kamu bosan dengan hiruk pikuk Gili Trawangan kamu perlu coba menuju ke Gili Meno. Gili Meno menawarkan suasana yang tentram dan tenang. Hanya ada beberapa cottege dan gak banyak kafe-kafe kaya di Gili Trawangan. Jadi cocok menjadi tujuan utama bulan madu pasangan baru.

Sama seperti pantai-pantai di Lombok, Gili Trawangan juga memiliki air yang bening dan biru, sehingga pas buat dijadikan spot wisata bawah laut seperti snorkling.

Buat ke sini, kalian mesti menyebrang dari Pelabuhan Bangsar, dengan harga tiket sekali nyebrangnya sekitar Rp 20 ribu.

5. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi salah satu tujuan wisata gratis yang ada di Lombok, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ketenaran Pantai Senggigi ini sudah dikenal oleh wisatawan domestik walaupun mancanegara. Beragam olahraga air bisa kamu lakukan mulai dari snorkling, berselancar, atau mengeksplor pantai dengan cano.

Ketika malam hari menjelang, kalian juga bisa menikmati santapan hidangan seafood yang disediakan oleh rumah makan di pinggir pantai. Kalau dibayangin romantis banget ya, makan seafood, pakai cahaya lilin, dengan backsound deburan air laut.

Masuk ke kawasan ini gak bayar kok alias gratis. Kecuali kalau kamu menyewa beragam peralatan olahraga air ya.

Letaknya gak terlalu jauh dari Kota Mataram, sekitar 30 menit dan bisa ditempuh dengan angkutan umum.

Itu tadi lima spot tempat wisata di Lombok yang bisa di kamu kunjungi sambil nonton MotoGP nantinya. Lumayan kan menambah referensi kamu biar gak bingung kalau sudah sampai sana. 

Sumber : moneysmart.id

Ayo bagikan sebagai sedekah…

 

Perumahan Citra Sentul Raya Rp.650 Juta, Selengkapnya...
Perumahan Citra Sentul Raya Rp.650 Juta, Selengkapnya...
Selengkapnya Klik Gambar
Selengkapnya Klik Gambar
caldera-rafting
Rafting & Outbound Seru Discount 10% Selengkapnya...
Lowongan Kerja Online PT Adira Multi Finance, Raih Penghasilan Jutaan Rupiah!
Lowongan Kerja Online PT Adira Multi Finance, Raih Penghasilan Jutaan Rupiah!
All Right Reserved © www.ceramahmotivasi.com
Griya Kartika Bojong Gede 5 Menit ke Stasiun Kereta...
Hello. Add your message here.