Hemat dan Sederhana, Yuk Tiru Gaya Hidup Modern Ala Orang Jepang

(bp-guide.id)
(bp-guide.id)

Banyak orang yang beranggapan gaya hidup orang modern itu udah pasti konsumtif. Padahal gak gitu juga. Dan Jepang adalah contoh terbaiknya.

Bertolak belakang dengan perilaku orang-orang zaman sekarang yang cenderung hedon, masyarakat Jepang malah membatasi diri buat beli ini itu. Menurut mereka, less is more. Terdengar aneh sih emang. Tapi fenomena ini yang sekarang lagi happening di sana.

Gaya hidup modern orang Jepang yang minimalis seperti itu gak lepas dari pengaruh filosofi Zen. Zen adalah ajaran Buddha yang menekankan pentingnya kesederhanaan biar pikiran jadi lebih tenang. Ajaran ini emang kuat berakar di tradisi masyarakat sana.

Biar lebih paham kayak gimana efeknya ajaran Zen ini, nih lima gaya hidup modern orang-orang Jepang yang kalau kamu terapin dijamin bakal bikin gaji awet dan tahan lama.

1. Tanpa springbed, masih bisa tidur

Gaya Hidup Modern
Futon, kasur khas Jepang (theguardian)

Tidur paling enak itu ya kalau berbaring di atas springbed. Empuknya itu bikin mata langsung merem. Siapa pun pasti bakalan sulit nolak tidur di atas kasur pegas ini.

Nyatanya, empuknya springbed gagal bikin orang-orang Jepang terpikat. Mereka malah memilih tidur di atas kasur yang disebut futon.

Futon adalah kasur tradisionalnya orang Jepang yang diwariskan turun-temurun. Dibandingkan dengan springbed, futon ini masih kalah empuk.

Namun, orang Jepang tetap enjoy aja pakai ini. Selain karena melestarikan warisan leluhur, futon juga dinilai murah dan efisien. Kasur yang satu ini juga baik buat kesehatan.

Lumayan kan? Hitung-hitung memangkas pengeluaran ke dokter dan beli obat karena jarang banget sakit.

2. Gak pakai banyak alat makan dan minum

gaya hidup modern
Cuma pakai peralatan yang diperlukan (bbc)

Pernah mikir kalau alat makan yang kita gunakan sehari-hari itu kebanyakan jumlahnya? Piring selusin, sendok selusin, garpu selusin, gelas selusin, dan ditambah tisu makan. Padahal, alat-alat makan yang dipakai jumlahnya gak lebih dari lima.

Di sini kamu bakal berkata dalam hati, ”lah, iya juga ya.”

Tentu aja banyaknya alat-alat makan yang gak kepake itu adalah kesia-siaan alias buang-buang duit.

Di Jepang, kebiasaan menyimpan banyak alat makan bakal sulit kamu temukan. Mereka yang menjalani hidup minimalis cuma perlu satu piring, satu mangkuk, satu gelas, satu sendok, dan satu garpu. Itu buat satu orang lho ya.

Lagian juga dengan dikitnya alat makan yang digunakan, yang namanya cuci piring itu jadi hal yang gak bikin males lagi. Soalnya piring, sendok, dan garpu yang dipakai ya itu-itu aja.

Pastinya banyak uang yang dihemat, misalnya hemat uang sabun cuci.

3. Ruang keluarga cukup diisi meja dan kursi

gaya hidup modern
Ada meja dan kursi udah cukup buat mereka (gmanetwork)

Ruang yang lega jadi tujuan yang pengin dicapai orang Jepang dari gaya hidup modern yang mereka terapkan. Karena itu, jangan heran kalau masuk ke dalam rumah orang-orang Jepang, kamu cuma melihat meja dan kursi.

Menurut mereka, dengan minimnya barang-barang yang dimiliki, hal tersebut bisa menghemat waktu mereka buat bersih-bersih.

Jelas waktu yang mereka punya menjadi lebih banyak. Mereka bisa kumpul sama teman-teman atau mengisi waktu dengan kerja sampingan. Lumayan kan buat nambah penghasilan.

4. Punya pakaian cukup buat kerja dan sehari-hari

gaya hidup modern
Di lemari adanya cuma beberapa pakaian yang cukup buat kerja dan sehari-hari (thequint)

Di sini sih kalau punya pakaian yang itu itu aja pasti udah jadi bahan omongan. Pandangan di sini jelas beda banget sama pandangan orang Jepang.

Mereka cukup punya pakaian yang dipakai buat kerja dan aktivitas sehari-hari. Kamu tahu apa? Pakaiannya yang dipakai ya itu-itu aja.

Tapi jangan dipikir gak ganti-ganti lho ya. Mereka beli pakaian yang sama, tapi dengan jumlah yang secukupnya. Hmmm… Punya gaya hidup modern yang satu ini sih bisa bikin kita menghemat banyak uang.

5. Peralatan mandi sekadarnya

gaya hidup modern
Gak perlu gantungan, disandarkan ke tembok juga jadi (independent)

Buat urusan kebersihan diri, orang-orang Jepang memilih pakai peralatan mandi sekadarnya. Mereka merasa gak butuh tempat sikat gigi selama masih bisa ditaruh di pinggiran tembok atau wastafel.

Intinya, apakah barang ini perlu atau apakah butuh barang itu? Pertanyaan-pertanyaan kayak gitu yang bikin orang-orang Jepang punya sedikit barang.

Dipikir-pikir, apa yang mereka pertimbangkan ada benarnya juga sih. Coba aja mereka cuek dan main beli aja karena alasannya lagi pengin. Kayaknya sih baru tengah bulan udah ngeluh karena bokek berat.

Gimana, setelah tahu gaya hidup modern orang-orang Jepang, kamu tertarik gak menerapkannya?

Terlepas dari adanya pengaruh ajaran Zen, alasan lain kenapa gaya hidup orang-orang Jepang itu adalah kehidupan masa kini yang kian kompleks.

Pesatnya perkembangan teknologi bikin kita dibanjiri banyaknya informasi dan iklan. Tanpa disadari, banyak yang terjebak dengan gaya hidup konsumerisme. Dampaknya udah jelas. Kita mudah membelanjakan uang tanpa pikir panjang.

Ujung-ujungnya sih kaya gak, kere iya. Emangnya kamu pengin?

Karena itu, belajar deh dari orang-orang Jepang yang punya gaya hidup modern tapi juga hemat. Walaupun gak total banget melakukannya, seenggaknya kamu udah di jalan yang benar.

Sumber : moneysmart.id

 
Snow
Mau Main Salju? Ayo ke Trans Snow World Juanda Bekasi 》 BELI TIKET
Branz
BRANZ Mega Kuningan Apartment Jakarta Selatan, Hanya 1.8 Milyar, Pesan Sekarang!
Yuk Gabung PropertyPRO! Dapatkan Komisi Jutaan Rupiah dari Penjualan Properti Terbaik di Indonesia
Yuk Gabung PropertyPRO! Dapatkan Komisi Jutaan Rupiah dari Penjualan Properti Terbaik di Indonesia 
caldera-rafting

Rafting Seru Discount 10%  

New Honda Civic 2019 Rp507 Juta, Pesan Sekarang! 085773713808
New Honda Civic 2019 Rp507 Juta, Pesan Sekarang! 085773713808
Emas Batangan
Warisan 1 Milyar > SELENGKAPNYA 
Bisnis Tanpa Modal! Jual Tiket DUFAN, Komisi 10 Ribu per Tiket... SELENGKAPNYA
Mau ke Dufan Ancol? Beli Tiket Online di Sini! 》BELI SEKARANG 
Mau Bikin PT (Perseroan Terbatas)? Hanya 10 Juta Saja, Hubungi Kami Sekarang!
Mau Bikin PT (Perseroan Terbatas)? Hanya 10 Juta Saja, Hubungi Kami Sekarang!
#UmrohYuk Hanya 20 Juta Saja
#UmrohYuk Hanya 20 Juta Saja 》 DAFTAR SEKARANG 
Toyota C-HR
Promo Toyota Termurah Seluruh Indonesia dari Auto2000, Dealer Resmi Toyota
KPR Syariah Tanpa Riba, Sampai 25 Milyar, Ajukan Sekarang!
KPR Syariah Tanpa Riba, Sampai 25 Milyar, Ajukan Sekarang!
20190210_081324
Booster Signal Handphone, Penguat Sinyal HP di Area Miskin Sinyal 》 BELI SEKARANG
Kartu Kredit Syariah DAFTAR SEKARANG
Hello. Add your message here.