085773713808

Menjadi Teladan

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt., Dzat Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Hanya kepada Alloh kita memohon pertolongan dan hanya kepada-Nya kita akan kembali. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Alloh Swt. berfirman, “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rosululloh itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rohmat) Alloh dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Alloh.” (QS. Al Ahzab [33] : 21)

Alloh Swt. telah menjadikan Rosululloh Saw. sebagai rujukan akhlak mulia bagi kita. Wajib bagi kita untuk mengikutinya, karena dengan mengikuti beliau, itulah jalan keselamatan dalam hidup kita. Dan, ketika Rosululloh Saw. memberikan keteladanan kepada kita, maka hal inipun harus kita ikuti, yaitu dengan mujahadah, ikhtiar sekuat tenaga agar diri kita pun menjadi teladan bagi orang lain.

Kita misalnya bisa berusaha menjadi teladan bagi orang-orang terdekat kita, bagi keluarga atau bagi anak-anak kita. Ketika kita ingin anak kita jadi anak yang sholeh, maka itu diawali dari diri kita sendiri. Tidak bisa kita membuat anak kita sholeh dengan memaksanya menjadi sholeh sedangkan diri kita masih akrab dengan kemaksiatan dan dosa, karena yang pertama kali akan dijadikan teladan oleh seorang anak adalah orangtuanya. Anak cenderung akan mengikuti apa saja kebiasaan dari orangtuanya.

Begitu juga ketika kita menjadi seorang pendakwah misalnya. Ajakan kita kepada orang lain untuk berbuat baik itu tidak akan efektif jika diri kita sendiri tidak berbuat baik. Apalagi jika apa yang kita sampaikan malah bertolakbelakang dengan perbuatan kita sendiri. Selain akan membuat dakwah menjadi tidak efektif, hal ini juga akan mengundang datangnya ketidakridhoan dari Alloh kepada kita. Karena Alloh Swt. berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman, kenapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Alloh bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.” (QS. As Shoff [61]: 2-3)

Saudaraku, apapun profesi kita, dimanapun aktifitas kita, milikilah tekad untuk bisa menjadi teladan lillaahita’ala. Karena sesungguhnya setiap diri kita memiliki tugas untuk dakwah, mengajak kepada kebaikan dan menyeru untuk menjauhi keburukan. Semoga niat kita untuk bisa menjadi teladan bagi orang lain, menjadi motivasi bagi kita agar semakin memperbaiki diri demi mendapatkan kecintaan Alloh Swt. Aamiin yaa Robbal’aalamiin. 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar, Sumber: smstauhiid.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…

caldera-rafting

Rafting Seru Discount 10%  

Perumahan Citra Sentul Raya Rp.650 Juta, Selengkapnya...
Perumahan Citra Sentul Raya Rp.650 Juta, Selengkapnya...
Avanza
Promo New Avanza Termurah dari Auto2000, Dealer Resmi Toyota
Hasanah Card Platinum, Kartu Kredit BNI Syariah, Limit Kartu 500 Juta APPLY...
Hasanah Card Platinum, Kartu Kredit BNI Syariah, Limit Kartu 500 Juta APPLY...
Ema Suhra, Wisudawan Termuda UNM 2017/2018 (unm.com)
Asuransi Pendidikan 150 Ribu per Bulan... SELENGKAPNYA   
085773713808
Bali Resort Bogor, Hanya 300 Juta SELENGKAPNYA...  

7 thoughts on “Menjadi Teladan

  1. I actually wanted to make a quick remark so as to express gratitude to you for the splendid pointers you are placing on this website. My prolonged internet investigation has at the end of the day been paid with incredibly good ideas to talk about with my guests. I would state that that we site visitors are rather lucky to be in a really good website with many awesome people with beneficial tips. I feel quite happy to have discovered the weblog and look forward to many more awesome moments reading here. Thanks again for a lot of things.

  2. I do accept as true with all the ideas you have presented for your post. They are really convincing and will certainly work. Still, the posts are very short for beginners. May just you please lengthen them a bit from next time? Thanks for the post.

  3. Hello! This is kind of off topic but I need some advice from an established blog. Is it very difficult to set up your own blog? I’m not very techincal but I can figure things out pretty fast. I’m thinking about setting up my own but I’m not sure where to begin. Do you have any points or suggestions? Thank you

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Kartu Kredit Syariah DAFTAR
Hello. Add your message here.