Menjaga Kerukunan

Hidup Rukun (ilustrasi)
Hidup Rukun (ilustrasi)

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal” (QS Al Hujuraat:31).

Kerukunan hidup antarsuku, golongan, maupun bangsa sangat dianjurkan oleh Allah SWT demi tegaknya persatuan dan kesatuan di masyarakat. Kerukunan itu akan mencegah terjadinya perselisihan dan perpecahan yang membawa dampak buruk bagi kelangsungan hidup umat manusia.

Kerukunan hidup adalah suasana di mana antara sesama manusia, secara individual atau kelompok terjalin saling pengertian dan kebersamaan tanpa terhalang oleh perbedaan yang bersifat materi, paham, atau golongan.

img_20191004_160252_923

Rasulullah SAW telah memberikan teladan yang baik. Bagaimana pada waktu itu kaum Anshar dan Muhajirin (para pendatang) dapat menjalin hubungan yang baik dan mesra padahal di antara keduanya tidak ada pertalian darah. Berkat ajaran Islam yang mulialah hal itu dapat juga diwujudkan.

Mereka bekerja sama bahu-membahu membangun berbagai kepentingan masyarakat Madinah dan berjuang bersama-sama demi tegaknya cahaya Islam dari berbagai serangan dan gangguan kaum kafir.

Kerukunan adalah modal utama demi kelangsungan pembangunan hajat hidup sebuah bangsa. Pembangunan tidak dapat berjalan sempurna apabila sumberdaya manusianya tidak memiliki sikap saling menghargai di antara sesamanya.

Adanya saling pengertian, hormat-menghormati, dan adanya kesamaan visi secara umum yang menghapus segala bentuk perbedaan akan dapat mewujudkan bentuk kerukunan yang dinamis. Sikap itu harus tumbuh, baik secara vertikal (pemerintah dengan rakyat) dan horizontal (antarsesama anggota masyarakat).

Dengan datangnya bulan suci Ramadhan, hendaknya kurun waktu sebulan itu menjadi momentum untuk kembali menumbuhkan kesadaran. Menciptakan kerukunan di lingkungan kita masing-masing. Alangkah baik dan indahnya bila hal itu kita awali dari diri kita sendiri.

Oleh : M Ihsan (Republika)

Ayo bagikan sebagai sedekah…

About Auther:

Info Biografi