Menurut Jeff Bezos, Tipe Orang Ini yang Selalu Sukses dalam Bisnis

Jeff Bezos
Jeff Bezos

Jeff Bezos mendirikan Amazon untuk pertama kalinya sebagai toko buku online di garasinya pada tahun 1994. Saat ini, bisnis besutannya memiliki kapitalisasi pasar lebih dari 900 miliar dollar AS.

Bahkan, Bezos dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia dengan total kekayaan mencapai 116 miliar dollar AS.

Sepanjang perjalanan bisnisnya, Bezos telah belajar banyak hal tentang bisnis dan apa yang diperlukan untuk menjadi seorang sukses dalam bisnis. Dikutip dari CNBC, Jumat (28/6/2019), beberapa saran utamanya adalah sebagai berikut.

adira-ads-web-kotak-4

1. Jadi Misionaris

Jika miliarder Mark Cuban tak percaya soal mengikuti hasrat dalam berbisnis, Bezos sebaliknya. Bezos percaya, mengikuti hasrat diri dalam berbisnis akan menciptakan pengusaha yang sukses. Bahkan, ia mengatakan seseorang yang mengikuti hasrat adalah orang yang peduli untuk menang.

“Kau harus pumya gairah terhadap apa yang ingin kau kembangkan. karena jika tidak, Anda akan bersaing dengan mereka yang memiliki hasrat untuk itu, dan mereka akan membangun produk dan layanan yang lebih baik,” kata Bezos.

Dia menambahkan, penting bagi wirausaha untuk menjadi seorang misionaris. Sebab, wirausaha tidak bisa hanya menjadi tentara bayaran. Maksudnya, Anda harus bermotivasi tentang misi, bukan bermotivasi tentang uang.

“Misionaris mampu membangun produk dan layanan yang lebih baik, mereka selalu menang. Sedangkan tentara bayaran hanya berusaha menghasilkan uang. Secara paradoks, para misionaris pada akhirnya selalu berhasil menghasilkan lebih banyak uang,” ucapnya.

2. Hadapi Risiko dan Kegagalan

Jika Anda ingin sukses dalam berbisnis, Anda juga harus mau mengambil risiko. Meski akhirnya risiko itu menciptakan kegagalan.

“Anda harus menerima ide bisnis yang mungkin tidak berhasil. Anggap itu sebuah eksperimen gagal. Tentu saja, kegagalan itu tak jadi masalah,” kata Bezos.

Memang, Bezos dikenal sebagai pebisnis yang berani mengambil langkah. Tahun 2005, Bezos meluncurkan Amazon Prime dengan biaya 79 dollar AS per tahun.

Orang-orang bersikap skeptis terhadapnya dan menganggap ia tak akan mendapat pelanggan dengan biaya sebesar itu. Rupanya, pada April 2018 layanan ini memiliki 100 juta pelanggan di seluruh dunia.

Meski Amazon Prime disambut baik oleh pelanggannya, Bezos seringkali mengalami kegagalan. Penutupan restoran Amazon pada 24 Juni dan kemerosotan kios pop-up Amazon baru-baru ini merupakan kegagalan yang pernah dialaminya.

Menurut Bezos, ukuran risiko dan kegagalan perlu tumbuh bersamaan dengan tumbuhnya perusahaan.

“Kita perlu kegagalan besar jika kita akan menggerakkan perusahaan, yakni kegagalan dalam skala miliaran dolar. Jika tidak, kita tak akan cukup kuat,” ungkap dia.

3. Ubah Pola Pikir Anda

Bezos telah belajar berinteraksi dengan orang yang paling berpengaruh di dunia. Dari situ, ia dapat menyimpulkan orang-orang yang biasanya memperbaiki keadaan adalah mereka yang paling banyak mendengarkan dan paling sering berubah pikiran.

“Mereka memiliki kumpulan data yang sama dengan yang dimiliki di awal, tetapi mereka terus menganalisanya sepanjang waktu hingga akhirnya sampai pada kesimpulan baru dan berubah pikiran,” kata Bezos.

Bahkan, kata Bezos, orang-orang yang sukses dalam bisnis adalah orang yang mengenali keyakinan atau visi yang mereka pegang dan mencari bukti yang membuat mereka tidak yakin.

“Orang-orang yang menang biasanya telah bekerja keras untuk mengenali keyakinan yang mereka pegang dan secara aktif mencoba mencari bukti yang membuat mereka tidak yakin”, kata Bezos.

Penulis: Fika Nurul Ulya (kompas.com)

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Perumahan Citra Sentul Raya Rp.650 Juta, Selengkapnya...
Perumahan Citra Sentul Raya Rp.650 Juta, Selengkapnya...
Selengkapnya Klik Gambar
Selengkapnya Klik Gambar
caldera-rafting
Rafting & Outbound Seru Discount 10% Selengkapnya...
Lowongan Kerja Online PT Adira Multi Finance, Raih Penghasilan Jutaan Rupiah!
Lowongan Kerja Online PT Adira Multi Finance, Raih Penghasilan Jutaan Rupiah!
All Right Reserved © www.ceramahmotivasi.com
Griya Kartika Bojong Gede 5 Menit ke Stasiun Kereta...
Hello. Add your message here.