Mutiara Hadits : Ciri-ciri Sosok Dajjal Al-Masih

Set of 3 religious symbols: islamic crescent, jewish David's star, christian cross

Dari Anas RA, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Dajjal itu matanya terhapus, tertulis di antara kedua matanya kafir, kemudian beliau mengejanya, kafir yang bisa dibaca oleh setiap orang muslim dan di antara kedua matanya terdapat tulisan “kafir” yang setiap muslim dapat membacanya”

(Shahih Muslim No.103 (2933), lafaz darinya dan Shahih Bukhari, no. 7408)

img_20191004_160252_923

Beberapa faedah hadits ini adalah :

  • Wajib beriman dengan munculnya Dajjal Al-Masih sebelum hari Kiamat datang. Nabi Isa AS akan membunuhnya di Negeri Syam dekat dengan kota Damaskus pada pintu ludd timur yaitu dekat dari kota Tel Aviv.
  • Dari ciri-ciri Dajjal ialah kedua matanya cacat, yang sebelah kanan juling dan sebelah kiri juga juling. Salah satu matanya terhapus atau rata tanpa wujud, kulitnya yang tebal merabunkan mata dan tertulis di antara kedua matanya “Kafir”, dilihat dari wajahnya buruk rupa dan jelek sekali. Dajjal memiliki satu mata, yang itu juga cacat, yaitu keluar dari lubang matanya. Jadi Dajjal memiliki satu mata yang buruk rupa dengan itu dia melihat. (Lihat dalam Shahih Bukhari, no. 5902 dan Shahih Muslim, no. 273-169. 104 (2934), 105 –(2934). Allahu A’lam.
  • Tulisan di kening Dajjal merupakan tulisan yang sebenarnya. Yang mana Allah SWT menjadikannya sebagai tanda dari tanda-tanda yang telah nyata kalau ia kafir dan penipu alias pembohong. Allah juga menunjukkan kepada orang muslim yang dapat melihatnya dan yang tidak dapat melihatnya.

Perawi hadits

Abu Hamzah Anas bin Malik Al-Anshari, pembantu Rasulullah SAW , lahir di Madinah sepuluh tahun sebelum tahun hijrah, masuk Islam ketika masih kecil, kemudian menemani Nabi SAW dan melayaninya selama beberapa tahun sampai Rasulullah SAW wafat. Kemudian pergi ke Damaskus, lalu ke Bashrah. Banyak meriwayatkan hadits, musnadnya mencapai 2286 hadits. Ia meninggal di Bashrah pada tahun 93 H. pada usia 100 tahun lebih.

Oleh : Muhammad Murtaza bin Aish

Baca juga : 

About Auther:

Info Biografi